CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Awan Tsunami Muncul di Aceh, Penampakannya Ngeri Banget!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f313ba310d29555f638442d/awan-tsunami-muncul-di-aceh-penampakannya-ngeri-banget

Awan Tsunami Muncul di Aceh, Penampakannya Ngeri Banget!



Berbicara mengenai Aceh, mungkin kita akan langsung teringat tentang bencana kelam yang pernah terjadi pada tahun 2004 lalu. Saat itu Aceh mengalami gempa berkekuatan dahsyat yang juga menyebabkan tsunami. Tragedi yang terjadi 16 tahun yang lalu itu menimbulkan korban jiwa hingga 280 ribu orang. Korban jiwa tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia saja, negara tetangga seperti India, Sri Lanka, dan Thailand pun juga mengalami dampak dari tragedi tersebut.

Meski peristiwa tsunami di Aceh telah terjadi belasan tahun lalu, namun belakangan ini terdapat fenomena yang membuat ngeri warga Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Barat. Baru-baru ini masyarakat disana melihat sebuah fenomena awan hitam besar yang bentuknya menyerupai gelombang tsunami. Sontak saja fenomena tersebut membuat warga sekitar menduga-duga pertanda kehadiran bentuk awan mengerikan seperti itu. Ada beberapa yang sempat mengira kalau fenomena awan yang menyerupai gelombang tsunami tersebut adalah tanda malapetaka seperti bencana tsunami tahun 2004 lalu.



Untungnya BMKG cepat merespon fenomena tersebut agar tidak menimbulkan isu yang simpang siur bagi warga. Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun 1 SIM Blang Bintang, Zakaria, menyebut kalau fenomena awan yang bentuknya seperti gelombang tsunami tersebut adalah Awan Arcus. Dan, awan Arcus memang biasanya disebut juga sebagai awan Tsunami.

Apa yang ditimbulkan dari awan Arcus ini? Diantaranya adalah akan menyebabkan angin kencang, angin puting beliung, hujan lebat, petir, hingga hujan es.



Melihat reaksi masyarakat yang takut akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, BMKG pun mengingatkan kepada masyarakat disana agar tidak panik terhadap fenomena awan Arcus ini. Meskipun begitu, pihak BMKG juga meminta agar masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk tidak melaut dahulu hingga awan Arcus tersebut hilang. Selain itu masyarakat juga diminta untuk tetap hati-hati dan selalu waspada.



Tapi emang betul-betul ngeri banget sih bentuk gelombang dari awan Arcus ini. Wajarlah kalau masyarakat Aceh langsung panik dan takut terjadi hal yang mengerikan, apalagi di daerah tersebut pernah terdapat memori menyedihkan yang pastinya kita berharap gak akan terulang lagi.

Semoga awan Arcus ini tidak menyebabkan bencana dan kerusakan apapun di daerah Kabupaten Aceh Barat dan sekitarnya. Dan, semua masyarakat disana dalam kondisi yang baik-baik saja.



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 44 lainnya memberi reputasi

Berita Anime, Manga, dan Gaming

profile-picture
profile-picture
syahali dan powerhat memberi reputasi
Diubah oleh user0802
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di