CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f300451eaab253f507b0d69/massa-bubarkan-midodareni-dikira-adat-syiah-setara-institute-hukum-harus-tegak

Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak




TEMPO.CO , Jakarta - Setara Institute, lembaga yang peduli Hak Asasi Manusia menyesalkan penyerangan terhadap rumah penganut Syiah di Solo. Ratusan massa intoleran datang membubarkan sebuah acara doa di Mertodranan, Pasarkliwon, Solo, hingga menyebabkan tiga orang terluka Sabtu malam 8 Agustus 2020.

"Kami menuntut aparat kepolisian setempat untuk melakuan penegakan hukum secara adil atas tindak pidana serius yang tadi malam dilakukan oleh laskar-laskar intoleran. Selain itu, kepolisian harus memobilisi sumber daya yang memadai untuk mencegah terulangnya peristiwa-peristiwa serupa," kata Halili Hasan, Direktur Riset SETARA Institute dalam keterangan tertulisnya, Minggu 9 Agustus 2020.

Berdasarkan informasi, acara yang digelar malam itu adalah kegiatan midodareni atau doa sebelum pernikahan yang diikuti oleh sekitar 20 orang. Penyerangan ini terjadi di rumah keluarga Umar Assegaf, di Mertodranan, Pasar Kliwon, Surakarta. Sekitar 100 orang menyerah rumah itu karena menduga bahwa acara doa itu adalah ada kegiatan yang berbau syiah.

Setara meminta pemerintah dan kepolisian mengambil tindakan tepat. "Pemerintah dan pemerintah daerah mesti mengambil tindakan presisi untuk mencegah penjalaran intoleransi di tengah pandemi," katanya. Tak hanya itu, lanjut dia, kepolisian harus memobilisi sumber daya yang memadai untuk mencegah terulangnya peristiwa-peristiwa serupa.

Kepala Polresta Surakarta Komisaris Besar Andy Rifai sempat berusaha mengamankan korban penyerangan.
Bahkan, Andy juga sempat kena pukul saat berusaha melindungi tiga warga itu. "Kena pukul beberapa kali, tapi tidak luka," katanya. Massa yang mengeruduk tempat itu lantas pergi setelah ada korban yang terluka.

Menurut Andy, saat ini polisi tengah berada di lapangan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku. "Kami akan menindak tegas," katanya. Dia mengaku mendapat dukungan dari sejumlah pihak untuk mengusut kasus intoleran itu hingga tuntas.

Salah satu tokoh masyarakat Pasarkliwon, Habib Novel Alaydrus menyebut kasus intoleran itu sangat mencoreng nama Kota Solo. "Malam itu saya langsung ke lokasi untuk memberikan dukungan kepada polisi agar bekerja secara profesional," katanya.

Menurut tokoh di Solo ini, warga sekitar justru tidak pernah mempermasalahkan kegiatan yang sering digelar di rumah korban meski berbeda aliran. Dia menganggap semua warga berhak menggelar acara apapun di dalam rumah sepanjang tidak melanggar hukum.
"Yang jelas perbuatan anarkistis (itu) yang salah," katanya mengecam penyerangan tersebut.


https://nasional.tempo.co/read/13741...um-harus-tegak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bossgabah dan 16 lainnya memberi reputasi
Salah jokowi dan partai2 nasionalis....emoticon-Cool

Terlalu lembek dengan ormas 212 akhirnya menyebar kemana2.
Mereka berani dgn hukum karna hukum sendiri lembek ke mereka atas nama umat.
Indonesia sedang menuju perpecahan.
Semakin di biarkan akan semakin menjalar hingga kemana2.

Ingat api kecil kalau dibiarkan akan besar dan membakar semuanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 33 lainnya memberi reputasi
profile picture
maya.asar
kaskus maniac
Sip lah, di tunggu pecah nya kalo begitu
profile picture
extreme78
kaskus maniac
@maya.asar akan terjadi...
Tau yg paling rugi siapa...

Masyarakat umum...
Termasuk yg katanya umat-umat...
emoticon-Cool
profile picture
maya.asar
kaskus maniac
@extreme78 Dak apa lah, biar semacam restart ulang. Kalo bisa pecah sekalian jadi beberapa negara
profile picture
extreme78
kaskus maniac
@maya.asar jadi bentuk negara federal...emoticon-Ngakak
profile picture
maya.asar
kaskus maniac
@extreme78 Terserah mau federal mau wimcycle ato brompton. Yg penting mencar aja jadi klaitan mana yg bisa maju nanti kalo dah pada pecah
profile picture
extreme78
kaskus maniac
@maya.asar hmmmmm...kalimantan jelas aman emoticon-Leh Uga
profile picture
pilemon889
kaskus maniac
Kasus spt ini akan segera tenggelam dlm bbrp hari ke dpn
Kl ada yg tertangkap pun itu cm pion yg emg tugas nya di jadikan korban spy case closed

Negara ini sdh saatnya pecah
Intoleran sdh menuju next level dan masif
Bahkan sdh brani ultimatum ke polisi
Sungguh luar biasa

Sorry to say but... Hanya di pemerintahan ini intoleran beragama benar2 meroket
Dan polisi tak berkutik dgn ormas2 intoleran sejak di pimpin oleh pentolan2 densus

Sdh ekonomi minus tambah lg negara tdk stabil keamanan dan kepastian hukum nya
Sptnya udh bs ditebak ujung kisahnya akan kemana

emoticon-Traveller
profile picture
maya.asar
kaskus maniac
@pilemon889 maka dari pada itu bre, mungkin ada baeknya kalo di pecah aja. Mungkin nanti ada presiden sulawesi, presiden kalimantan yg bakal lebih tegas dari presiden jawa 😁
profile picture
gapatar
kaskuser
Nah agan ini komennya bener
profile picture
WillSurvive
aktivis kaskus
@pilemon889 @maya.asar stuju lah pecah aja.

Kira2 kapan bre kalau dibiarkan terus ini ?
profile picture
jokovvi
kaskus addict
@maya.asar @extreme78 utang jd punya sispa?
profile picture
pilemon889
kaskus maniac
@maya.asar @WillSurvive

Kapannya kaga tau bre
Tp mgkn ga nyampe 2030 kl liat sikon begini

profile picture
maya.asar
kaskus maniac
@extreme78 @jokovvi Utang yah di bagi proporsional. Jawa paling banyak, karena hampir semua di pake disono duit nya
profile picture
elefana
kaskus geek
gw rasa emang sengaja d biarin dl sih, buat jd sasaran tembak kambing item, cuman masalahnya malah ngebalik makin nerkam di mulai dr suksesnya aboed di ibukota, blon lagi bsh nya banteng makin lama makin banyak.. wkwkwkkwkw
profile picture
extreme78
kaskus maniac
Semua akan bermuara kepada pemerintah dan partai2 kesalahannya.
Pemerintah tidak tegas...
Partai bermain licik tanpa perduli keutuhan bangsa demi menarik simpatik pemilihnya.
Orang2 radikal bermain di tengah2 itu.
Jadi tidak salah kelak kerusakan bangsa ini dilakukan oleh orang2nya sendiri.emoticon-Cool
profile picture
redp00l
kaskus maniac
@extreme78 dilawan pasti mereka akan melawan balik kok
kayak nggak tau sifat asli agama ini aja
cepat atau lambat pasti akan pecah kok, tinggal tunggu kesabaran kafir habis aja terus menentukan sikap mau gimana
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 17 dari 17 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di