CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal bedanya "STNK" kendaraan di Malaysia (Unik Gan)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f13f2a5f4d6956a1d11593f/mengenal-bedanya-quotstnkquot-kendaraan-di-malaysia-unik-gan

Mengenal bedanya "STNK" kendaraan di Malaysia (Unik Gan)





Hargai TS dengan memberikan


emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Terima kasih & Enjoy my  Special Thread 



Hallo agan-agan, Kali ini ane akan membahas tentang beda nya STNK 

  di negara jiran kita yaitu Malaysia berdasarkan pengalaman TS hidup disana. Kebetulan ane kerja sebagai ekspatriat di salah satu perusahaan disini dari tahun 2019 cuma gara-gara corona ane kena lay off dan harus balik lagi ke Indonesia emoticon-Berduka (S). Di Malaysia ane udah tinggal kurang lebih 1,5 tahun tepatnya di daerah Cyberjaya, Selangor. bagi yang gatau Cyberjaya itu sebelahan sama Putrajaya (pusat pemerintahan malaysia) sedangkan dari Kuala Lumpur kurang lebih 30 menit kalo naik mobil.


emoticon-NgacirJom pergi emoticon-Ngacir


Quote:





Penampakan Road Tax di kaca depan mobil. FYI  ini mobil punya senior ane yang dipinjemin ke ane dan temen - temen. (Photo by : Dokumentasi Pribadi)


Pas pertama ane dateng ke malaysia ane salah fokus sama sticker di kaca depan mobil yang ane tumpangin. Ane mikir orang kok iseng banget masang sticker di kaca depan mobil, tapi setelah ane perhatiin mobil yang lain kok juga punya sticker yang sama ya. Karena Penasaran akhirnya ane nanya ke driver ane, " Bang ini apa ya?" " Ohh itu Road Tax bang"    " Hah? Road Tax itu apa bang?"




Detail yang ada di Road Tax sangat simple. Semenanjung maksudnya adalah kendaraan ini hanya berlaku di Malaysia bagian semenanjung (Kuala lumpur,Johor baru dll) jika membawa mobil ini ke Malaysia bagian Kalimantan (sabah,serawak) maka harus membuat Road Tax baru. (Photo by : Dokumen Pribadi)


Setelah mendapatkan penjelasan panjang lebar dari doi, ane menyimpulkan kalo ternyata Road tax  atau Lesen Kendaraan Motordi Malaysia itu punya prinsip sama seperti STNK di Indonesia yaitu sebagai tanda bukti pembayaran pajak, pengesahan dan kepemilikan dari kendaraan bermotor baik itu roda dua atau roda empat. FYI selain Road Tax disini juga ada namanya VOC/Sijil Pemilikan kendaraan (Vehicle Ownership Certificate) yang sama fungsinya dengan BPKB di Indonesia.




Plat nomer di Malaysia tidak mempunyai tahun berlaku. Huruf di plat nomor ini juga melambangkan daerah asal kendaraan sama seperti di Indonesia. ( Photo by : Dokumen Pribadi)


Kalo agan ingin memperpanjang Road Tax  disini mudah banget ga harus ke kantor samsat atau sejenisnya. Agan cukup dateng ke kantor asuransi langganan agan, bayar Road Tax+ Asuransi kendaraan truss voilaaa... besok Road Tax nya udah ada di rumah agan dan tinggal tempel deh di kaca mobil. Yaaa as simple as that bahkan sekarang bisa via online ngurusnya jadi ga ribet. Untuk masa berlaku Road Tax di Malaysia sendiri adalah 1 tahun.

Oiyaa disini tuh asuransi kendaraan wajib hukumnya gan, tanpa asuransi road tax agan ga akan keluar jadi yaa udah satu paket gitu. Dan juga kalo agan asuransinya habis agan bisa kena saman (tilang) sama polisi. Asuransinya disini pilihan nya banyak ada Allianz, RHB dll. Untuk biaya Road Tax  nya sendiri macem-macem gan tergantung tahun, tipe kendaraan, CC mesin dan daerahnya, Biasanya sih bayar sekitar RM 100-300 dan untuk asuransi nya sendiri setahun sekitar RM 1000-3000an (kurs saat ini RM 1 = Rp3400).

Hal yang ane suka dari sistem STNK/Road Tax di malaysia adalah bentuk nya yang berupa sticker jadi mencegah kejadian lupa bawa STNK yang berujung kena tilang polisi (pengalaman ane pas di indo emoticon-Shutup) selain itu juga kita tidak di repotkan untuk mengganti plat nomer setiap memperpanjang STNK.




JPJatau Jabatan Pengangkutan Jalan Malaysia merupakan bagian dari Kementerian Pengangkutan Malaysia, Jika di Indonesia JPJ setara dengan Dirjen Perhubungan Darat (Photo by :bharian.com.my)


Jika di Indonesia yang bertanggung jawab atas STNK  adalah Samsat dan POLRI sedangkan di Malaysia instansi yang bertanggung jawab adalah JPJ. Hampir semua yang berurusan dengan Perizinan dan Regulasi kendaraan seperti SIM, Road Tax/STNK, Plat nomor dan bukti kepemilikan di urus oleh JPJbukan oleh Polisi. Selain itu di JPJ kita juga bisa melakukan tender buat plat nomer sesuai keinginan kita.

JPJ juga punya kewenangan untung melakukan Road Block ( Razia/pemeriksaan) dan saman (tilang/denda) jika kendaraan tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Menurut orang-orang Malaysia mereka mengakui kalo lebih takut JPJ dibandingkan Polisi. karena sanksi dari JPJ lebih berat dan mereka juga punya kewenangan buat mencabut izin mengemudi kita. Ehh tapi bukan berarti polisi disini gabisa ngasih tilang yaa gan, mereka tetep bisa nge cek dan memberikan tilang juga bahkan agan bisa kena dobel saman dari JPJ + Polisi emoticon-Hammer (S).


Di Malaysia juga ada sistem poin demerit jadi setiap kali agan kena saman selain agan bayar dendanya agan juga kena demerit point, semakin sering kena saman otomatis point demerit nya besar, kalo sudah begitu ijin mengemudi agan otomatis bisa dicabut oleh JPJ.


emoticon-NgacirJom balik emoticon-Ngacir


Sekian Thread sederhana dari ane semoga bisa memberikan wawasan baru bagi agan-agan tentang rasanya hidup di Negeri Orang emoticon-Big Grin. Kalo ada yang mau nambahin atau request dan diskusi silahkan komen yaa gan emoticon-Shakehand2


profile-picture
profile-picture
profile-picture
mhs2016 dan 46 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh SpongeGar
nyimak ane gan, belum pernah ke luar negeri emoticon-Traveller
profile-picture
SpongeGar memberi reputasi
profile picture
ulungrinjani
kaskus maniac
Sama gan, semoga suatu saat ente dan ane bisa ke luar ya gan
profile picture
TS SpongeGar
kaskus maniac
aamiin gan, pasti bisa kok emoticon-Big Grin
profile picture
ulungrinjani
kaskus maniac
@SpongeGar ok tengkyu ganemoticon-Big Grin ntar dah 1-3 taon lagi kalo udah ilang kopit sepulubelasnya
profile picture
mhs2016
kaskuser
@SpongeGar @ulungrinjani iya gan makasih, padahal ane tinggal di perbatasan indonesia - singapore, tapi kurang minat ke luar. kecuali naik haji atau umroh gan, ane baru rencana
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di