CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Susi Pudjiastuti Viral! Jepang Disebut Butuh Sosok Sepertinya untuk Hadapi China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2c7562365c4f6f6e741fe0/susi-pudjiastuti-viral-jepang-disebut-butuh-sosok-sepertinya-untuk-hadapi-china

Susi Pudjiastuti Viral! Jepang Disebut Butuh Sosok Sepertinya untuk Hadapi China

Tenggelamkan! 

Jika mendengar kata itu, siapa sosok menteri yang ada di benak agan - agan sekalian?


Susi Pudjiastuti (Sumber: sindonews.com)


Benar! Susi Pudjiastuti. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Presiden Jokowi Jilid I tersebut memang identik dengan kata - kata itu. Menteri eksentrik tersebut memang terkenal dengan kebijakan - kebijakan radikal yang kadang kontroversial, tetapi terbukti efektif dan secara umum disukai publik.


Tweet Tentang Susi yang Viral (Sumber: akurat.co)


Salah satu kebijakan yang fenomenal adalah penenggelaman kapal asing yang tertangkap saat mencuri ikan di perairan nusantara. Tak tanggung-tanggung, dilansir Kompas.com, 6 Januari 2020, selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sang Pemilik Susi Air ini telah menenggelamkan 556 kapal sejak Oktober 2014 sampai dengan Oktober 2019. Sumber lain ada yang mengatakan 558 kapal.


Beberapa Prestasi Susi (Sumber: kumparan.com)


Kapal yang ditenggelamkan oleh Susi Pudjiastuti berasal dari berbagai negara. Kapal - kapal tersebut diantaranya adalah berbendera Vietnam sebanyak 312 kapal, Filipina 91 kapal, Malaysia 87 kapal, Thailand 24 kapal, Indonesia 26 kapal, Papua Nugini 2 kapal, Nigeria 1 kapal, dan Belize satu kapal. Yang juga harus diakui keberaniannya, diantara kapal - kapal yang ditenggelamkan itu ada yang dari China, yakni 3 kapal.

Nah kegarangan Susi Pudjiastuti tersebut ternyata tidak hanya diakui oleh publik tanah air. Ternyata ada juga pihak luar negeri yang mengakui sosoknya. Hal itu terjadi baru - baru ini di Jepang.

Dilansir Akurat.co, 5 Agustus 2020, Susi Pujiastuti viral diperbincangkan oleh netizen Jepang dan Indonesia setelah disorot oleh salah satu media Jepang. Menurut salah satu netizen, media tersebut menyatakan bahwa Jepang membutuhkan sosok seperti Susi Pujiastuti untuk menghadapi China. Pemerintah Jepang terlalu lemah menghadapi China.

Masalah yang acap kali dihadapi Jepang dengan China berkaitan dengan kelautan adalah sengketa tentang kepulauan. Juga ada kapal - kapal China yang masuk ke perairan Jepang.

Viralnya Susi Pujiastuti salah satunya terlihat dari unggahan di twitter oleh akun @k4BHBrQ4uDVnzPx Selasa 4 Agustus 2020 (tertulis diunggahannya 3 Agustus 2: 41 PM). Saat ini unggahan tersebut telah disukai oleh sekitar 23.000 lebih pengguna. Juga dibagikan ulang lebih dari 7.500 kali.

Kebijakan Susi Pujiastuti menenggelamkan kapal diklaim oleh Plt Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Agus Suherman, telah mengamankan aset negara sebanyak ratusan triliun rupiah. 

Selain mengamankan aset triliunan, kedaulatan Indonesia di perairan nusantara menjadi semakin kuat dengan kebijakan penenggelaman itu. Kapal - kapal asing akan ketakutan masuk wilayah perairan nusantara. 

Akan tetapi apa daya menteri yang dikenal dengan media darling ini tak dipakai presiden Jokowi lagi. Kebijakan menenggelamkan kapal juga sudah tidak dilakukan lagi. 

Susi Pudjiastuti, Srikandi penjaga kedaulatan laut nusantara yang diakui luar negeri. Sungguh sayang jika kehebatannya yang masih meyala kita sia-siakan...I]



Referensi:

1. https://money.kompas.com/read/2020/0...-susi?page=all

2. https://pontianak.kompas.com/read/20...autan?page=all

3. https://akurat.co/news/id-1189512-re...et-aset-negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 49 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh widoko
Ini saja:

"Mf ibu skdr bertnya. Knp ibu tdk lagi masuk dlm kabinet? Tidak ditawari atw ditawari ibu tolak? Asumsi sy (mf klw slh), ibu tdk ditawari krn ibu keras trhdp pelnggrn oleh kpal asing,asing mmbrikn tekanan trhdp pemerintah kehilangan duit investor, menghambat KKN di bea cukai," tulis @DinoSantana8.
Rupanya, pertanyaan itu direspons dan dibenarkan Susi dengan pernyataan singkat. "Anda betul," ujar Susi dalam cuitannya, Kamis (23/4/2020).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ditanya Netizen Alasan Tak Dipilih Lagi Jadi Menteri, Ini Jawaban Susi Pudjiastuti", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2020/0...-jawaban-susi.
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Erlangga Djumena
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adh106 dan 11 lainnya memberi reputasi
profile picture
Jerry Maguire
kaskus holic
Jadi kalau yg direct / langsung sejahtera adalah nelayan2 kecil, pemerintah pusat nga rela gitu ya?
Maunya pemerintah pusat terima gelondongan dari Aseng, lalu ampasnya baru dikasi nelayan2 kecil.
Udah gitu kunjungan diliput wartawan bagi2 buku ke rakyat kecil untuk menunjukkan kalau peduli sama rakyat.
Semoga asumsi saya salah, dan yg suka bagi2 buku sama sepeda ke rakyat itu memang peduli.
profile picture
asda10
kaskuser
[MENTION]Jerry Maguire[/MENTION] liat dulu mentri perikanan sekarang dari partai apa? Siapa sebenarnya bosnya? Bukan brarti presiden gak salah, tapi jangan cuma presiden yang disalahin. Ketua partainya yang dulu teriak2 anti aseng asing kok gak ikut disalahin?
profile picture
Jerry Maguire
kaskus holic
@asda10 waktu Pak Jokowi take over Freeport Saya termasuk yg kagum sama beliau, nga peduli yg mengarahkan beliau siapa.
Jadi saat pak Jokowi punya prestasi ya dipuji, tapi saat pilih menteri yg salah, ya masak terus mesti memaklumi tindakan beliau dgn alasan ada deal2 politik.
Mesti adil, salah pilih menteri ya dikritik, kerjanya bagus ya dipuji.
profile picture
asda10
kaskuser
[MENTION]Jerry Maguire[/MENTION] iya gan, maksud saya itu bukan bilang jokowi gak salah, tetep salahlah. Cuma disini komen2nya kok cuma nyalahin presidennya, malah nyalahih luhut juga, kan mentri sekarang bukan nurut sama luhut, kan nurutnya sama bosnya (ketua partainya). Luhut bisa apa kalau bosnya gak setuju, ya kan? Meski sebenarnya mentri perikanan ini bukannya buruk seburuk2nya dibanding bu susi kok. Petambak dan nelayan kecil lebih suka sama yang sekarang karena ijin dll lebih mudah bagi mereka. Ada plus minusnya lah kalau ane bilang, bu susi pengen idealis bagus buat lingkungan tapi berat bagi petambak/nelayan kecil.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di