CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pertama Kali Nyetir di Jalan Tol? Awas Jangan Anggap Remeh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2b86a98d94d050162b9b06/pertama-kali-nyetir-di-jalan-tol-awas-jangan-anggap-remeh

Pertama Kali Nyetir di Jalan Tol? Awas Jangan Anggap Remeh!



Buat yang baru bisa nyetir mobil sebaiknya simak dan baca tulisan ini baik-baik. Anggap saja ini adalah sambungan dari thread gua yang kemarin soal keringat dingin sampe ke pantat......

Kali ini gua mau fokus pada supir pemula yang pertama kali atau belum terbiasa masuk jalan tol.

Pesan gua simpel aja, JANGAN PERNAH ANGGAP REMEH JALAN TOL! Kenapa?

Pertama, karena jalan tol tidak semudah seperti yang supir pemula bayangkan. Kedua, jalan tol bukan berarti di sana kita bisa bawa mobil seenaknya karena menganggap jalannya yang lebar, sejalur, atau relatif tidak sepadat jalur arteri biasa.....

Mau tau seberapa bahayanya jalan tol bagi supir anyar atau amatiran? Terlebih bagi mereka yang baru pertama kali masuk jalan tol. Berikut ulasannya........



1. Spion, lajur, dan kendaraan di belakang



Bagi supir pemula saat pertama kali masuk jalan tol adalah hal yang menyenangkan. Jalan yang lebar dan searah sepertinya enak dipake ngebut. Eits tunggu dulu.......

Justru karena searah, supir pemula biasanya terlena. Lupa kalo banyak kendaraan di belakang anda yang siap menyalip dengan cepat. Baik dari sisi kanan ataupun sisi kiri....

Seenak jidat pindah lajur, gak nyadar kalo di belakang ada mobil lain yg mau nyalip. Bruuuuk mobil anda ditabrak dari belakang....

Biar aman lebih baik pilih lajur tengah jika ada tiga lajur. Jangan di lajur cepat paling kanan atau paling kiri dekat bahu jalan.

Sering-seringlah melihat spion kanan dan kiri untuk memastikan posisi kendaraan di belakang. Santai aja gak perlu tegang saat pindah lajur. Gunakan sein dan jangan ragu-ragu!


2. Pas bayar tol



Supir pemula yang tidak terbiasa 'tap' kartu biasanya agak bingung untuk tap kartu. Posisi kartu kadang terbalik bahkan yang jatuh pun banyak. Terpaksa harus turun untuk ambil kartu tol yang jatuh....

Posisi mobil juga terkadang kurang dekat ke mesin kartu. Akhirnya tangan gak nyampe ujung-ujungnya harus buka pintu atau ngeluarin badan...... Ketauan banget amatirannya..... emoticon-Big Grin


3. Bingung pilih gardu tol



Sopir pemula biasanya bingung memilih gardu tol mana yg harus dipilih. Padahal sama aja....

Liat mobil di depan ke kanan ikut ke kanan, mobil depan ke kiri, eh, ikut juga ke kiri. Padahal mah ikutin aja lajur sendiri jangan ngikutin mobil orang yang di depan.......emoticon-Big Grin


4. Saat nyalip



Ini yang paling penting bagi supir pemula ketika berada di jalan tol. Apalagi jalan tol yang terkenal jalur tengkorak seperti Jakarta - Cipali atau jakarta - Ciawi.

Menyalip di jalan tol tidak semudah seperti menyalip di jalan biasa. Jalan tol itu mobilnya kenceng-kenceng. Oleh karena itu jangan ragu-ragu saat menyalip.

Jika sedang di lajur kiri, perhatikan spion kanan dan liat jarak mobil lain di belakang. Jangan menyalip maksa jika terlalu dekat khawatir diseruduk. Lakukan dengan cepat dan jangan tanggung!

Jika posisi mobil lu ada di jalur cepat, tetiba ada mobil presiden atau ambulance di belakang lu mau lewat. Maka mau gak mau lu harus minggir dong ke lajur tengah. Bagi supir pemula ini bikin deg-degan.....

Santai saja, beri sein kiri lalu masuklah ke tengah secara perlahan dengan memutar sedikit stir (bukan mendadak ke kiri).

Kalo perlu jangan ragu untuk membunyikan klakson beberapa kali saat mau menyalip. Terutama untuk mobil besar seperti truk atau tronton.....




Sementara itu aja yang bisa gua paparin, mohon maaf kalo ada kekurangan..... TETAP HATI-HATI dan semoga jadi pebalap!

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga




Oleh : davinof 2020 @kaskus


Sources of Pictures : Google Images


profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 50 lainnya memberi reputasi
Ane jengkel klo ada yang di lajur kanan tapi jalan gak kenceng, udah di klakson di lampu dim juga tetep keukeuh gak mau pindah ke jalur kiri. emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
the32sec dan 5 lainnya memberi reputasi
profile picture
lajur gan bukan jalur emoticon-Ngakak
profile picture
widianto91
kaskus addict
Yaudah gak usah maksa nyalip sebelah kanan,, ambil aja kiri sambil lihat depan
profile picture
swatoke
kaskus addict
Di jalan tol gak semuanya tertib. Ada yg pelan di kanan, ada yg mendahului pkai bahu jalan. 🤦🏻‍♂️
profile picture
Tergantung mobilnya gan.. kalo mobil sejenis alya udah poll gas trus di belakangnya mercy tetep aja dianggap pelan..
profile picture
TS davinof
kaskus geek
Sama gua juga kadang suka gedek........
profile picture
wellbee
kaskus geek
hahaha bener banget gan
profile picture
widianto91
kaskus addict
@iniidjualangue ya kalau kelihatan mobil dibelakang main dim lampu, ya alya harus ngalah ke kiri sambil nyalain sein lampu kiri emoticon-Smilie
profile picture
@iniidjualangue aku banget huhuhu, padahal gas dah edan, eh si mersi dengan cruise control nya effortless banget wkwkwk
profile picture
Tuaga
kaskus addict
standar ngebutnya elu blom tentu sama ama ngebutnya mereka
ada yg nganggep 100km/jam itu udah ngebut ideal....tapi buat yg kebanyakan nonton fast n furious lu dianggap nenek2 emoticon-Ngakak (S)
tapi kalo buat pengecut ada yg mikir 100km/jam itu udah dianggap ugal2an emoticon-Ngakak (S)
profile picture
kohgreen
kaskus maniac
Wah inimah ane juga kesel banget gan
profile picture
kohgreen
kaskus maniac
@dn.apriadi hahahahah oiya gan ane salah fokus daah hrsnya lajur malah jalur
profile picture
kohgreen
kaskus maniac
@widianto91 ambil kiri tapi ngebut yak gan wkwkwkwk
profile picture
kohgreen
kaskus maniac
@iniidjualangue HAHAHAHAHH sad but true yak gan
profile picture
kohgreen
kaskus maniac
@davinof duainnn gan wkwkwkw
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 14 dari 14 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di