CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lebih Dulu Nabi Adam atau Manusia Purba? Begini Penjelasan Quraish Shihab
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f297d4a09b5ca44fe7d9090/lebih-dulu-nabi-adam-atau-manusia-purba-begini-penjelasan-quraish-shihab

Lebih Dulu Nabi Adam atau Manusia Purba? Begini Penjelasan Quraish Shihab




Suara.com - Tokoh intelektual Islam sekaligus pendiri Pusat Studi Alquran atau PSQ, Quraish Shihab , baru-baru ini mengungkapkan tafsirannya untuk menjawab pertanyaan, lebih dulu mana Nabi Adam atau manusia purba ?

Pasalnya bagi kaum beragama yang menyenangi sains, pasti mengetahui dua versi antara agama dan sains.

Charles Darwin melalui bukunya berjudul the Origin of Species,bicara mengenai proses evolusi manusia yang menyebut monyet adalah manusia pertama di bumi.

"Begini, Al-Quran itu menceritakan tentang kejadian umat manusia. Tapi Al-Quran juga menceritakan, sebelum Adam turun ke bumi, ada makhluk-makhluk lain (yang lebih dulu ada). Tapi tak dijelaskan siapa makhluk lain itu. Bisa jadi yang dimaksud adalah manusia purba,” ujarnya dikutip dari saluran Youtube Narasi, Selasa (4/8/2020).

Quraish menjelaskan, Tuhan tak pernah menerangkan siapa atau seperti apa makhluk lain yang sebenarnya dimaksud.

Ia menambahkan, bisa jadi Adam merupakan manusia moderen pertama di bumi. Namun siapa tahu, sebelum Adam, ada makhluk lain—dengan wujud tak sama seperti kita—yang lebih dulu ada di bumi.

"Ketika bicara mengenai manusia pertama, Al-Quran hanya mengatakan bahwa Adam diciptakan dari tanah, kemudian ada proses, dan akhirnya dihembuskan roh dan jadilah dia manusia. Mungkin itu (Adam) adalah manusia modern," terang Quraish.

Ia membuat perandaian dengan menggunakan huruf atau alphabet. Kata dia, hampir semua orang mengetahui huruf apa saja yang ada di rentan ‘A’ hingga ‘Z’, namun tak ada yang mengetahui, sebelum ‘A’ sebenarnya ada apa?

Menurutnya, ada proses yang panjang selama pembentukan A sampai Z , mulai dari manusia diciptakan dari tanah, hingga manusia dihembuskan roh.

"Jadi, jika ada yang bertanya ‘apa benar itu teori Darwin?’, kita katakan: Islam tak membahas itu, karena itu bidang ilmu. Kalau ilmu memang bisa membuktikannya, maka tak bertentangan dengan Alquran. Karena Alquran hanya berkata dari tanah dan ditiupkan roh menjadi manusia,” tambahnya.

Dalam dunia pemikiran Islam, banyak tokoh yang percaya teori evolusi Darwin dan membenarkan. Ibnu Khaldun adalah salah seorang yang menyebut hal tersebut.


SUMBER : https://www.suara.com/news/2020/08/0...hihab?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Danuemce dan 6 lainnya memberi reputasi
Lebih gampangnya gini aja ketimbang debat.yang ngerasa anak turun kera angkat tangan.yang ngerasa anak turun adam angkat tangan.

Bangga emang jadi hasil evolusi manusia purba yang model meganthropus?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
satop
kaskus addict
mantul sodaraku..
profile picture
bghifari
kaskus holic
@satop ya bos jadi ga perlu panjang lebar pake dalil ini itu ato teori ilmiah ini itu.kita pake akal sehat aja.kita anak manusia ato anak kera
profile picture
terakhirx
kaskus maniac
Nggak ada urusannya fakta sama perasaan.
profile picture
areszzjay
kaskus geek
Bangga lah wong ane homo sapiens jg
profile picture
contoh kegoblogkan hqq..., jadi evolusi itu cuma sesimple manusia = turunan kera?
emoticon-Wakaka goblog emoticon-Leh Uga
profile picture
aloha.duarr
kaskus addict
Sains bukan soal bangga atau malu
Ga kayak Islam yg malu lihat ISIS langsung denial ISIS bukan Islam emoticon-Leh Uga
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di