CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Giuseppe Paterno, Si Peraih Gelar Sarjana di Usia yang Nyaris 100 Tahun!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2919d3365c4f36a209bcd3/giuseppe-paterno-si-peraih-gelar-sarjana-di-usia-yang-nyaris-100-tahun

Giuseppe Paterno, Si Peraih Gelar Sarjana di Usia yang Nyaris 100 Tahun!



Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Dan, kalimat tersebut memang benar adanya GanSist. Jika kita mempunyai tekad yang kuat dalam menggapai impian, tentunya penghalang apapun akan dengan mudah dikalahkan, termasuk kondisi ekonomi atau usia yang sudah tua.

Kalau urusan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan meskipun terdapat banyak sekali penghalang, nampaknya kita harus belajar dari seorang pria berumur 96 tahun bernama Giuseppe Paterno.

Paterno adalah seorang veteran Perang Dunia 2 yang kala itu berlangsung selama kurun waktu 6 tahun. Saat itu ia tergabung dalam pasukan angkatan laut dalam menjalankan tugasnya selama perang. Sesaat setelah perang usai, Paterno kemudian bekerja di perusahaan kereta api di Italia.



Sekilas mengenai latar belakang dari Paterno, dia adalah seorang pria yang dibesarkan dalam kondisi keluarganya yang kurang mampu. Sewaktu masa mudanya, ia tinggal di sebuah wilayah bernama Sisilia. Dan, disanalah Paterno kerapkali menghabiskan waktunya untuk belajar dan membaca. Memang, sedari kecil dia punya minat dan hobi membaca. Tapi sayangnya karena kondisi keluarganya yang kurang berkecukupan, membuat dirinya hanya mampu bersekolah hingga pendidikan dasar saja.

Bahkan, karena kondisi ekonominya yang memprihatinkan, Paterno pun baru bisa merasakan dan lulus dari jenjang pendidikan di Sekolah Menengah Atas pada usianya yang sudah menginjak 31 tahun.

Mungkin karena semangat seorang veteran perang memang gak gampang menyerah atas keadaan, Paterno pun terus berusaha dan bertekad untuk mengembangkan kapasitas keilmuannya. Akhirnya, dirinya pun mendaftar menjadi mahasiswa di University of Palermo dalam program sarjana pada tahun 2017 lalu GanSist.



Karena Paterno adalah seorang pria dari generasi zaman perang, tentunya ada hal yang berbeda dari dirinya dengan generasi saat ini yang seangkatan dengan dirinya di perkuliahan. Misalnya seperti perbedaan dalam mencari referensi, kalau mahasiswa lain lebih menyukai mencari informasi lewat internet, nah kalau Paterno lebih suka mencari dan menggunakan informasi dari buku teks.

Perbedaan selanjutnya antara Paterno dengan mahasiswa lain yang bikin ane agak terenyuh adalah saat dia mengaku lebih suka mengetik esainya menggunakan mesin tik yang merupakan hadiah dari ibunya. Dia gak menggunakan laptop atau gadget lain yang kekinian GanSist. Ane sih ngebayangin mungkin sulit dan agak sedikit ribet kali ya menggunakan mesin tik. Toh, ane nulis thread ini lewat laptop aja kadang masih suka ada salahnya. Jadi salut banget ane dengan si Paterno.



Oh iya, kalau kalian sadar dari tahun pelajaran dirinya masuk ke universitas di 2017 lalu, bisa dibilang Paterno adalah mahasiswa Angkatan Corona loh GanSist. Bahkan di usianya yang sudah menginjak 96 tahun ini saja, dia terpaksa harus merasakan belajar via online karena situasi pandemi Covid-19. Dan, dengan metode pembelajaran jarak jauh itulah Paterno merasa agak gelisah karena tidak terbiasa.

Tapi semua penghalang itu gak menyurutkan tekadnya untuk menjadi sarjana GanSist. Paterno menyebut kalau pandemi sekalipun gak akan bisa menghentikan tujuannya, setelah semua hal yang telah dilaluinya dengan perang dunia. Mental prajurit memang beda!



Atas semua usaha dan perjuangan yang sudah dilaluinya, akhirnya Giuseppe Paterno mampu menyelesaikan kuliahnya dan meraih gelar sarjananya di bidang Sejarah dan Filsafat dari University of Palermo.

Proud of you, Paterno!
emoticon-Ultah



Semoga kisah dari beliau dapat menjadi inspirasi buat kita semua ya GanSist.
emoticon-2 Jempol


Sekian thread dari ane ya GanSist. Pantengin terus ya thread terbaru yang informatif dan unik di akun @Artikel.Terunik.

Spoiler for Inspirasi Konten:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 42 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Artikel.Terunik
nice thread ganπŸ˜€πŸ‘ salut banget sama simbah paterno ini,, diusianya yg udah 96 tahun, masih semangat menuntut ilmuu..
aku yang umurnya jauh lebih muda, harus lebih terpacu laagii nih
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di