CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Terjadi Lagi, Kali ini 896.000 Data Pengguna KreditPlus yang Bocor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f292a80337f933d3a695f27/terjadi-lagi-kali-ini-896000-data-pengguna-kreditplus-yang-bocor

Terjadi Lagi, Kali ini 896.000 Data Pengguna KreditPlus yang Bocor


Setelah beberapa waktu lalu heboh dengan data pengguna Tokopedia yang bocor dan diperjualbelikan di dark web, kini kejadian serupa kembali terulang. Kali ini menimpa platform keuangan dan pinjaman online KreditPlus. Serupa dengan kasus Tokopedia, data pengguna KreditPlus juga bocor dan dijual di dark web. Ada sekitar 896 data yang bocor.


Berita kebocoran ini disampaikan oleh peneliti sekaligus konsultan keamanan siber Teguh Aprianto lewat akun Twitter @secgron. Melalui akun tersebut ia menampilkan kalau ada penawaran data pengguna KreditPlus oleh akun Megadimarus di salah satu forum hacker, RaidForums.

Dari postingan tersebut Teguh juga menyampaikan kalau data pengguna yang bocor meliputi nomor KTP, nama lengkap, tanggal lahir, alamat email, nama kantor, nama anggota keluarga, jenis kelamin, gaji per bulan, status pernikahan, nama ibu, nomor handphone, nama pasangan, dan agama. Sementara untuk keamanan akun KreditPlus, Teguh mengungkapkan tidak ada kebocoran. Adapun data password yang bocor masih dalam bentuh bcrypt atau hash. Ini membuat hacker harus menembus sistem keamanan lagi untuk bisa membaca password pengguna.

Kebocoran data itu sendiri terjadi tepatnya pada tanggal 23 Juni 2020. Namun akun penjual data KreditPlus itu baru diunggah pada tanggal 27 Juni 2020 oleh Megadimarus. Di RaidForums, Megadimarus ini diketahui sudah memiliki reputasi yang cukup baik. Hal itu ditunjukkan dengan titelnya sebagai GOD. Data KreditPlus sebenarnya sudah lama dibagikan pada pertengahan bulan lalu. Tepatnya di tanggal 16 Juli anggota raid forums dengan nama ShinyHunters.

Kenapa data – data pengguna platform digital Indonesia gampang banget bocor ya?



profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahirbro dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
general.maximus memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di