CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f27f69f82d49546c6551409/alasan-bangsa-mesir-membangun-piramida

Alasan Bangsa Mesir Membangun Piramida



Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di negara Mesir memang terdapat bangunan piramida yang menarik perhatian. Selain karena keindahannya, piramida tersebut juga selalu memberikan kesan misteri terkait proses pembangunannya. Banyak pro kontra yang tejadi terhadap bangunan tersebut. Ada yang beranggapan bahwa piramida yang agung itu dibangun oleh alien. Namun banyak juga yang menyangkal argumen tersebut dan percaya bahwa bangunan piramida hanya dibangun oleh manusia biasa.

Tapi disini ane gak akan ngebahas tentang konspirasi tersebut ya GanSist. Kali ini ane ingin membeberkan alasan masyarakat bangsa Mesir kala itu membangun piramida. Pasti kalian penasaran dong. Gak usah bertele-tele deh, langsung aja baca thread ini sampai habis ya!
emoticon-Jempol



Perlu diketahui kalau arsitek piramida pertama di Sakkara adalah seorang Menteri dari Raja Mesir Zoser yang bernama Imhotep. Nah, tujuan dari rancangan piramida yang dibangunnya tersebut adalah untuk melindungi mayat para raja dan juga Fir’aun yang sudah diawetkan menjadi mumi. Hal itu dilakukan agar jasadnya dapat terpelihara selamanya. Selain itu banyak juga harta yang disimpan dalam piramida agar tidak dicuri oleh pencuri makam. Makanya dalam piramida itu banyak sekali ruang-ruang penguburan yang dalam dan tersembunyi.

Apa alasan orang Mesir Kuno memelihara jasad Fir’aun di piramida? Jawabannya adalah karena mereka meyakini bahwa Fir’aun adalah Horus, anak laki-laki Ra, Dewa Matahari. Jadi, ketika Fir’aun meninggal, dia akan diseberangkan ke daratan mati, tempat dia akan dipertemukan kembali dengan ayahnya.

Karena dewa-raja mereka hidup selamanya, makanya orang-orang Mesir Kuno saat itu percaya bahwa selama mereka memelihara jasadnya, maka mereka akan diberkahi dan dilindungi, sehingga mereka akan memperoleh panen yang melimpah dan kemenangan dalam peperangan.



Anyway, setelah piramida pertama dibangun, beberapa piramida kemudian dibangun kembali. Dan, yang terbesar adalah piramida yang dibangun untuk Khufu. Panjang dari piramida itu di setiap sisinya adalah 230,4 meter dan tingginya 143 meter. Keempat sisinya pun menghadap tepat ke utara, selatan, timur, dan barat.

Dalam proses pembangunan piramida untuk Khufu ini, dibutuhkan banyak sekali material balok batu loh GanSist. Kira-kira ada sekitar 2,3 juta batu yang berat dari setiap batunya lebih dari 2000 kilogram alias 2 ton. Dan, yang paling mengagumkannya lagi adalah ada diantara batu tersebut yang beratnya mencapai 16 ton loh.

Selain itu jumlah pekerja yang membangun piramida ini pun ada banyak sekali. Berdasarkan catatan sejarah, ada ratusan ribu pekerja yang membangun piramida tersebut dalam rentang waktu kurang lebih 20 tahun. Lama sekali ya.



Nah, piramida yang paling populer adalah Piramida Agung di Giza. Piramida ini didirikan oleh Fir’aun Cheops sekitar lebih dari 4000 tahun yang lalu. Bangunan ini pun merupakan bangunan batu terbesar di dunia dan dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia kuno yang masih dapat dilihat hingga saat ini.

Dulunya, Piramida Agung di Giza memiliki sisi-sisi yang halus. Namun sekarang ini lapisan batu terluarnya telah terkikis membentuk titian seperti yang kita lihat di zaman sekarang.
emoticon-Matabelo


Sekian thread dari ane ya GanSist. Pantengin terus ya thread terbaru yang informatif dan unik di akun @Artikel.Terunik.


See you!
emoticon-Rate 5 Star


Spoiler for Inspirasi Konten:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
falconforce dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Artikel.Terunik
Makasih atas threadnya.

To be honest, saya termasuk yang ga percaya kalo piramida di bangun manusia misalnya bangsa Mesir, kenapa? Karena berdasarkan
beberapa sumber , dengan teknologi sekarang saja ga bisa tuh manusia bikin piramid lagi.

Kemudian ternyata hampir diseluruh dunia terdapat pyramida : Bosnia, China, Amerika, Asia , Indonesia (Garut) dll

Karena umur piramida ga bisa ditentukan, makanya ga ada yg tau umur piramida2 itu berapa.

Aku lebih percaya kepada mitos dimana sebelum manusia piramida itu sudah ada.

Makanya terdapat 2 kutub antara yang percaya piramida kreasi manusia mesir , ada yg ga percaya itu made in mesir.

PS.
Ini ada salah satu literatur menarik, bukan untuk di Imani yaaa..wkkw untuk di baca aja sebagai salah satu referensi kali aja ngerti

Ref
1. https://mariobuildreps.com/how-old-are-pyramids/

How Old Are Pyramids?

New research proves that most pyramids, temples, and other important ancient structures around the world were built before catastrophic earth crust shifts. The orientation of many pyramids reveals former geographic poles. Their foundations appear to be very ancient. The proof that the correlations are not at all coincidental has been mathematically provided by us. Most pyramids are much older than was always assumed, way beyond our imagination.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jazed
Memuat data ...
profile picture
@KyraAltair iya om ane paham cuma keknya ts butuh sesuatu yg udah terjadi di timeline kita, makanya ane ambil sample batu merapi itu 😁

btw keknya ane kelewat info, katrol jaman mesir kebukti ya ? gw pikir pake teknik yg agan sebutkan itu kayu kek rollan di bandara tp pake pasir lembut, tarik

* oh nah ini yang metode ramp
profile picture
Betjanda
kaskus geek
@KyraAltair
Mantab gan... Jadi ingat ane pernah nonton diyoutub tentang sistem drainase & bentuk sumur era majapahit... Asli cantik banget karyanya & desain nya.. Masih awet pula sampe sekarang.. airnya jg bening pula emoticon-Matabelo
profile picture
@Betjanda wewekwke lama nga lewat ... gmn nasib tuh batu ya... emoticon-Big Grin
profile picture
galenix
kaskus addict
@KyraAltair @cuangcoetz agak sedih nenek moyang indo di bilang tertinggal, tapi mungkin memang bener sih.. yg bikin ane penasaran kenapa bisa sampai tertinggal? padahal alam indonesia sangat ramah dibanding barat sana, yg seharusnya bisa jadi modal sebuah peradaban terbentuk

ane sih ada kepikiran soal banyak nya gunung berapi raksasa di indonesia.. peradaban indonesia sering ter "reset" ketika ada bencana alam dan mulai lagi dari nol.. bahkan sebagian peradaban mungkin musnah sama sekali.. + geografis indonesia yg jauh dari benua besar, jadi pertukaran informasi nya lebih lambat dibanding negara kepulauan lain seperti jepang..
profile picture
kily89
kaskus geek
@galenix @KyraAltair @cuangcoetz ada teori juga yang menyatakan bahwa.... Daerah khatulistiwa tertinggal karena terlalu nyaman. Jadi orangnya santai wae... Sedangkan negara" 4 musim harus bertarung dengan alam sehingga mau ga mau harus berinovasi untuk bertahan hidup yang akhirnya berdampak pada kemajuan.
profile picture
Jazed
kaskus addict
@kily89 @KyraAltair

Maaf saya memang malas membaca dan bukan ahlinya seperti agan Kyra...hihi .

Barusan sekilas ada literatur di web, kali aja bisa dibaca pemirsa...inget dibaca! jangan kek saya yg malas yaaaa !

Dating methods in Archaeology. Are they accurate?

"....All of the current dating methods are going through refinement. Archaeologists are seeking an accurate dating technique, but this method is yet to be found."

Here we come to the question of how accurate the dates are that we currently have regarding the history of the human race and our planet. Even though more than one method of verification is used in most cases, "the lack of an accurate method to date non-organic materials" lends a certain degree of uncertainty to the accepted history of our planet.

Ternyata ga ada yang pasti exact untuk penentuan umur ...baru tau saya hihi...

Ref :
https://www.ancient-origins.net/human-origins-science/dating-methods-archaeology-are-they-accurate-00223

Ref :
How do geologists use carbon dating to find the age of rocks?

https://wtamu.edu/~cbaird/sq/2013/07/10/how-do-geologists-use-carbon-dating-to-find-the-age-of-rocks/

profile picture
@KyraAltair
Ada satu pesawat sederhana yang lupa dibahas.
Yakni bidang miring.
Orang zaman dulu bisa bikin bidang miring dari pasir, untuk mempermudah membawa batu ke atas. Entar setelah selesai, pasirnya tinggal digali lagi.
profile picture
galenix
kaskus addict
@KyraAltair @cuangcoetz @kily89 bisa jadi sih.. 4 musim mungkin kerasa keras di awal dan nuntut usaha extra secara konstan.. tapi melatih mereka buat jadi unggul.. kalender mereka lebih canggih karena memang harus bisa prediksi pergantian musim secara tepat, karena ada 1 musim yg bener2 fatal kalau ga punya persiapan yg bagus.. ilmu matematika mereka di awal juga lebih baik karena segala nya harus diperhitungkan dg baik seperti berapa banyak bahan makanan yg harus ditimbun sebelum musim dingin karena di musim dingin hampir mustahil nyari bahan makanan.. teknologi jg mengikuti..

alam barat keras tapi predictable, kalau bisa ikut aturannya bisa survive selama bisa mempersiapkan diri dg baik

alam indo nyaman tapi unpredictable, ga ada mekanisme yg bikin kita mawas sama bencana alam dadakan
profile picture
cuangcoetz
kaskus holic
@galenix @KyraAltair @kily89 ga santai juga sih, sama halnya dgn yg dirasakan peradaban suku aztec dan maya hidup di daerah tropis jugs tapi bisa buat tata kota yg indah seperti kota kuno aztec tenochititlan yg dibangun diatas pulau danau texcoco atau yg sekarang kita kenal dengan Mexico city belum lagi ada piramida, kuil megah, teknologi pertanian dan astronomi namun mereka sayangnya tidak bisa mengembangkan science lebih lanjut seperti halnya peradaban bangsa romawi dan mesir kuno misalnya, lantaran peradaban aztec dan maya terlalu masih percaya hubungan mitos leluhur dan sebab/akibat dari dewa atau istilah lainnya kolot
profile picture
Yang bangun toph beifong, jadi tugas akhir aang sbelum perang lawan raja api
profile picture
Adit.m.n
kaskus holic
@KyraAltair @Maeltorefas ini baru suka ane bacanyaa, mantab gan
profile picture
tyrodinthor
kaskus addict
@kily89 @KyraAltair @Jazed om Jazed.

pertama, dari link yang ente kasih itu, sebenarnya menjelaskan umur asli bebatuan piramida tsb. umurnya jelas aja bisa berbeda-beda karena batunya kan dari bahan-bahan alam yang bisa saja berasal dari sebelum manusia ada.

kedua, Adam sendiri tidak pernah ada dalam sejarah. kenapa ente bisa yakin itu dari sebelum Adam? Homo sapiens pertama dapat dilacak paling tua berasal dari 350.000 tahun yang lalu. jika Adam itu ada, maka dia dari tahun berapa? kalo kita liat Kronologi Ussher, Adam itu hidup di tahun 4000 SM, which is not represented the fact, karena 4000 SM itu kurang lebih baru 6.000 tahun yang lalu. itu tahun yang masih relatif muda bila dibandingkan dengan 350.000 tahun yang lalu.

ketiga, penanggalan obyek batu itu gak bisa pake radiokarbon/radiocarbon dating. kenapa? ya namanya juga radiokarbon, dia untuk memeriksa isotop C-14 dalam materi organik, yang berarti materi yang berasal dari makhluk hidup. radiokarbon baru bisa akurat dengan obyek seperti perkamen (kulit binatang), papirus (daun papir), dan materi makhluk hidup lainnya. untuk info lebih lanjut tentang penanggalan radiokarbon, silahkan mampir ke thread ane.

jadi siapakah yang membangun piramida?
ya manusia lah. tahun berapa? ya jelas mulai dari 2000-1500 SM. kenapa berbeda-beda, ya karena memang bertahap. membangunnya memakan waktu puluhan hingga ratusan tahun.

jangan karena kita gak ngerti teknologi primitif lantas kita anggap mereka gabisa apa-apa. gw pernah liat salah satu argumen bahwa manusia mustahil membangun piramida dengan alasan karena piramida dibangun dengan lokasi yang menyesuaikan koordinat rasi bintang/konstelasi Taurus dengan sempurna tepat sehingga mustahil manusia sudah mengerti tentang astronomi kayak begini. ini argumen yang jelas bodoh karena dia gak tau kalo manusia yang hidup di tahun 2000 SM itu bisa melihat langit malam yang sangat sangat cerah seperti ini:





apa buktinya?
jauh sebelum piramida dibangun, orang Sumeria sudah membuat katalog perbintangan dimana merangkum semua bintang dan rasinya yang mereka lihat di langit. mereka sudah menemukan seluruh rasi bintang, dan termasuk beberapa planet di tata surya (yang mereka anggap bintang) seperti Mars, Jupiter, Venus, dll.

darimana mereka tau?
ya dari langit lah. karena langit malam itu aslinya secerah itu sekalipun di dataran rendah, dan sebenarnya kita seharusnya bisa melihat langit secerah itu di dataran rendah. tapi karena polusi cahaya lah sehingga kita tidak bisa melihatnya lagi. kalo di jaman itu belum ada lampu listrik, juga penerangannya tidak menembak ke langit seperti jaman now.

memang harus diakui bahwa sampai hari ini belum ada penjelasan yang cukup memuaskan tentang bagaimana batu-batu alam yang berton-ton beratnya itu dipindahkan dan diangkat untuk membangun piramida. tapi bukan berarti bukan manusia yang bikin. mereka punya trik teknik sipil kuno. ancient technology memang selalu menarik perhatian. tidak kalah menariknya dengan batu-batu raksasa Moai yang dibangun bangsa Rapa Nui di pulau Paskah.

Pulau Paskah (Easter's island):


batu-batu raksasa Moai:



batu-batu ini dipahat membentuk wajah para leluhur legendaris mereka, beratnya kurang lebih 145-165 ton, dan mereka menaruh batu-batu tsb di pinggir pantai, di tengah hutan, di atas bukit, di perkebunan, dan dimana-mana. suatu hal yang menakjubkan, batu berton-ton beratnya itu bisa diletakkan di berbagai sudut pulau. tidak mungkin diangkut pake gerobak, udah jebol duluan pasti gerobaknya. terus karena kita gak tau teknik mereka, lalu kita mau bilang itu adalah mahakarya makhluk sebelum Adam gitu? atau jin gitu? ada gitu jin utusan Tuhan di sebuah pulau terpencil yang bernama pulau Paskah?

ini salah satu teori terkuat yang direkonstruksi sejarahwan tentang cara memindahkan batu-batu Moai:



yaitu dengan cara ditarik-ulur mengayun seperti video di atas, talinya diikat melingkar, sehingga dia terlihat berjalan. teori di atas didasarkan oleh legenda orang Rapa Nui, bahwa para arwah leluhur mereka bersemayam di dalam batu-batu Moai, sehingga batu-batu Moai tsb "berjalan kaki sendiri" menuju tempat yang mereka sukai di setiap sudut pulau. dari sini sudah keliatan petunjuknya bahwa caranya adalah diperjalankan/jalan kaki. mungkin kita berpikir teknik ini sangat sulit. ya jelas sulit karena yang dibutuhkan adalah irama gerak yang sama dan hanya dapat ditempuh melalui kerjasama tim yang kuat. orang-orang Rapa Nui adalah bangsa yang membangun solidaritas primordial yang kuat antar sesama mereka dan empati sosial kolektif yang sangat tinggi, sehingga teknik memindahkan dengan cara menggunakan teknologi tali tambang yang primitif seperti di dalam video di atas bagi mereka tidak begitu sulit. apalagi jika sambil melantunkan syair-syair/nyanyian/mantra yang membangun spirit masyarakat, secara psikologi kolektif cara itu sangat efektif untuk membangun kerjasama tim yang baik. sementara kita menganggapnya sulit karena kita tidak punya motivasi untuk melakukan itu, atau karena kita tidak punya keterikatan batin dengan leluhur, atau kita terlalu dimanjakan teknologi mutakhir, malas, dan individualis.

nah kalo sampe sini ente masih meragukan itu mahakarya manusia masa lampau, ya berarti memang forsex bukan tempat yang cocok bagi ente gan. emoticon-Shakehand2 forsup lokasinya di perempatan belok kiri masuk pengkolan pertama.
profile picture
mangentong
aktivis kaskus
Gan manusia jaman sekarang itu bukannya gak bisa,
Dengan teknologi sekarang pasti hal kecillah buat piramid tuh
Yang jadi pertanyaannya sekarang buat piramid gede gede dari batu kayak di mesir dijaman sekarang itu untuk apa?

Btw di vegas ada noh yang piramid buatan manusia modern tapi bukan dari batu yak

profile picture
andvha
kaskus addict
Karena kita sedang berasumsi, menurut asumsiku sih bisa jadi konsep/ide bangunan berbentuk piramida itu lagi eksis dijamannya, makanya tiap negara/kerajaan pada bikin bangunan serupa sebagai bentuk eksistensi pembangunan jaman itu, makanya ditemukan banyak bangunan serupa diberbagai tempat emoticon-Big Grin
profile picture
alien.ufo
kaskus maniac
@KyraAltair ente gak pernah tau kastil koral di amerika serikat yah itu yg ngebuat batu berton-ton gitu hanya 1 orang loh, gara2 cinta dan doi ngerti teknik pembuatanya mirip kyk piramid yg tersebar di seluruh dunia, gak ada kata mustahil di dunia selama manusia mau berusaha pasti ada jalan
profile picture
kiryu06
kaskus addict
Kalau lihat butuh waktu 20thn, ya mungkin2 aja bisa, dgn teknologi sekarang bisa bangun satu gedung bisa 1-2 thn dan lebih tinggi dari piramid manapun, tukangnya juga dikit.
Bayangin aja bikin pyramid hampir ribuan org ganti2 selama 20 thn dan dilakukan seperti kerjaan biasa


kecuali katanya dalam 1 hari, ane percaya pasti alien
profile picture
ekoaje
kaskus addict
@tyrodinthor Yang jadi pembahasan itu piramid, bukan patung patung di pulau paskah emoticon-Ngakak (S), cara lu mengalihkan topik kurang elegan, kalo belum punya bahan buat membahas teknologi pembuatan piramid mending cicing emoticon-Big Grin
profile picture
galenix
kaskus addict
@tyrodinthor @ekoaje ente ngerasa puas ya gan jadi troll n tukang bully? at least dia niat ngasih beberapa argumen yg ada korelasinya dg piramid n menghubungkan "rasa kemustahilan" dlm pembutan piramid ke case yg juga mirip (sama2 dianggap mustahil dilakukan oleh org jaman baheula)..
profile picture
tyrodinthor
kaskus addict
@ekoaje intinya sih kaga berkhayal gara-gara gak tau sejarah kayak ente.

batu Moai itu jauh luar biasa dibanding piramida. bayangkan ada sebuah pulau terpencil, tapi ada lebih dari 900 batu-batu raksasa berwajah orang dengan berat rata-rata lebih dari 100 ton per batu, dimana batu-batu tsb terletak di setiap penjuru pulau, ada yang di pantai, di bukit, di hutan, di kaki gunung, di puncak gunung, di hulu sungai, di tebing, di sawah, di kebun, dll.

jika manusia jaman baheula di pulau terpencil itu aja bisa bikin batu raksasa sebanyak itu dan memindahkan batu raksasa seberat itu ke berbagai penjuru pulau, hanya dengan teknologi primitif. lantas, kenapa manusia jaman baheula di Mesir kaga bisa bangun piramida yang lokasinya sudah jelas di suatu tempat selama puluhan tahun?

alien, jin, mu'jizat, ataupun sihir, itu semua tidak lebih dari sekedar khayalan alih-alih gak tau sejarah dan teknologi primitif. dan yang berkhayal seperti itu, tidak lebih dari kedangkalan dan kedunguan. itu aja sih.
profile picture
ekoaje
kaskus addict
@tyrodinthor Oke, trus kenapa kalo lu ahli sejarah cuma nulis2 ga jelas di kaskus, ngajar sejarah dong di kampus emoticon-Ngakak (S) Yang mbahas alien jin dan lainnya siapa? ada nggak satu kata pun dari gua yang terdapat kata spiritual, jin, alien, mu'jizat? elu yg nulis kan emoticon-Big Grin semua tulisan lu juga kedangkalan dan kedunguan, lu ngerasa pinter hah? adu debat di luar jangan di kaskus, idiot emoticon-Big Grin Baru tau sedikit ngoceh2 kaya ahli semua ilmu, modal lu cuma browsing sama quota udah kaya doktor aja. Bikin makalah, bikin paper, bikin tesis sana kalo lu ngerasa hebat, jangan ngerasa hebat udah bisa akrobat argumen di sini emoticon-Big Grin Hidup lu aja penuh ceita mitos odin lah, thor lah, asgard lah ngga usah gaya2an bicara ilmiah emoticon-Big Grin
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 40 dari 40 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di