CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f277053b840880938071f8f/geger-masjid-ditutup-karena-beda-aliran-ketahui-penjelasannya

Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya



JAKARTA, HALUAN.CO - Masjid ditutup membuat geger warga di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tepatnya di Jalan Kampak Kelurahan Jerambah Gantung Kecamatan Gabek.

Mengapa ini penting: Masjid yang bernama Masjid Al Amanah itu ditutup karena perbedaan aliran pengurus dan pemilik masjid. Penutupan terjadi pada Sabtu (1/8/2020).

Konteks: Status masjid tersebut merupakan milik pribadi, bukan masjid wakaf. Akibat perbedaan aliran itu, pemilik masjid berencana mengambil alih kepengurusan, namun langkah tersebut mendapat protes dari warga.

Apa katanya:

• “Itu karena masalah aliran, ada aliran seperti biasa seperti kita di kampung (pengurus) dan ada aliran yang salafi (pemilik masjid),” ujar Abdul Rohim Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang seperti dikutip dari Suara, Minggu (2/8/2020).

• “Jadi pemilik masjid ini kebetulan orang salah pilih pengurus, jadi diambil alih lah masjid itu. Masyarakat protes dan tidak mengasih, jika masjid digunakan untuk aliran Salafiyah,” lanjut Rohim.

Penyebab warga tak terima: Tidak ada aliran yang menyimpang dalam masalah ini, akan tetapi masyarakat belum bisa menerima jika masjid yang menjadi tempat mereka menjalankan salat lima waktu diambil oleh aliran salafiyah yang mereka anggap aliran keras.

Kedua belah pihak dimediasi: Polres Pangkalpinang memanggil kedua belah pihak yaitu dari pengurus dan pemilik masjid. Mediasi juga dihadiri dari pemerintah setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kelurahan Jerambah Gantung.

Kesepakatan:

• Membongkar spanduk yang dirasakan kurang pantas.

• Akan mempertemukan kembali kedua belah pihak yang bermasalah dengan pihak terkait dalam hal ini Kementerian Agama Kota Pangkalpinang dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

• Kepengurusan masjid Al Amanah di vakumkan dan sementara diurus oleh ketua RT. Masjid tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Imbauan polisi: Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang dalam kesempatan itu juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpancing atau melakukan tindakan anarkis. Dia juga meminta kepada masyarakat agar persoalan tersebut dapat diselesaikan oleh tokoh agama dan pemerintah kota Pangkalpinang.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Warga Miskin Dianiaya Anggota DPRD, Kuku Dicabut Pakai Tang
2. Kasus Korona di DKI Kembali Tinggi adalah Strategi Pemprov
3. Nomor Punggung yang Dipensiunkan Klub Sepak Bola Indonesia
4. Lulusan Sarjana di Malang Jadi Kurir Narkoba Tanpa Tarif
5. Korporasi Bisa Pinjam Modal Rp1 Triliun, Ketahui Syaratnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 24 lainnya memberi reputasi
Status Masjid milik pribadi bukan wakaf, terus yg menyegel masjid itu merasa sebagai apa? Pemilik? Gak kan?
Kalo gak suka ya tinggal sholat di masjid lain, gitu aja kok repot?
emoticon-Bingung

Ane kalo sholat gak milih masjid, mau NU, Muhammadiyah, atau Salafi, karena niat ane mau sholat kepada Tuhan dan masjid cuma sarana, yg penting ane gak sholat di tempat ibadah agama lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aqua.illusion
Memuat data ...
profile picture
BWM789
kaskus holic
Ane tau ini semua selain ada keluarga yang kena, ane pernah gk sengaja kerja di tempat ldii karena dulu tidak tau itu ldii apaan

Tiap hari ane dicekokin kajian kajian, pengajian, kultum apalah itulah

Emang dasarnya ane gk begitu taat agama dan rada nakal jadi apa yang mereka katakan masuk telinga kiri keluar telinga kanan

emoticon-Ngakak
profile picture
@BWM789 untung gak muntah agan
profile picture
BWM789
kaskus holic
@fffffaaaarrr [MENTION]kutu_kucing[/MENTION]
Kalo nikah biasanya dijodohin gan untuk cari anggota baru, terutama cari laki laki, karena banyakan cewenya di ldii.
profile picture
BWM789
kaskus holic
[MENTION]kutu_kucing[/MENTION]
Dulu mikirnya pagi kerja malem nongkrong maen tidur, repeat besoknya

emoticon-Leh Uga
profile picture
hola345
kaskuser
@BWM789 @aqua.illusion [MENTION]kutu_kucing[/MENTION] Gan LDII itu apa ya singjatan dr apa, gaktau ane
profile picture
BWM789
kaskus holic
Lembaga dakwah islam indonesia
Kalo gak salah

emoticon-Ngakak
profile picture
benar gan.
justru yg membuat umat islam terpecah ya kita sendiri
profile picture
tokeqs70174
kaskus holic
Kek g tw penganut agama kite aje gan, g ribut g seru🤣

Semua merasa paling benar.. padahal Allah SWT kebenaran mutlak, belum ada dari kita sampai ke titik benar itu, belajar dan bertaqwa lah kepadaNya, tw diri dan jgn mengambil salah satu sifat-Nya maha mengadili..

Mw sejajar dengan-Nya?
profile picture
xiaoxiao20
kaskus addict
@UnicornMyth klo yg LDDI ekstrim gitu gan, bahkan kalau bajunya dijemur ada yg bantuin ambil bakal dicuci lagi. Tpi ga semuanya, ada jga LDDI yg sebatas ikut pengajiannya aja krn komunitas disitu, tpi ga ngikutin semua aturannya
profile picture
aqua.illusion
kaskus addict
@xiaoxiao20 @UnicornMyth
Kalo sampai beneran begitu sih parah, sama aja menganggap org lain itu najis
emoticon-Bingung
profile picture
@tokeqs70174 iya gan, jng sampe ngambil hak nya Tuhan, yg nentuin org itu kafir atau beriman itu Tuhan bukan manusia, bahkan yg menentukan ibadah kita di terima atau gak itu ya Tuhan
profile picture
xiaoxiao20
kaskus addict
@aqua.illusion @UnicornMyth Emang begitu gan, ane diceritain sama tante ane yg kakak iparnya org LDDI cukup ekstrim. Nikah pun biasanya hrus sama2 LDDI. Tpi ga semuanya begitu
profile picture
VanillaDark
kaskus holic
Baru tau ane ada masjid ldii dan semacam nya
Ane kalau solat biasanya di masjid deket rumah aja, itu juga biasa2 aja ga gimana2 masjid ny

Kalau lagi berpergian cari masjid terdekat terus solat aja ga perhatiin orang sekitar ngeliatin atau engga.
Tapi kadang pernah sih dri masuk masjid terus beres solat, berasa ada yg ngeliatin terus cuman ane bodo amat aja, tujuan ane buat solat disitu emoticon-Malu
profile picture
babysitter89
kaskus addict
@BWM789 wkwkwk....sama kita gan.
profile picture
kureno23q
kaskus maniac
ibarat pegawe alf*mart, ngatain pegawe alf*midi itu najis
profile picture
Agama lain juga ada yg namanya beda2 aliran. Tapi kembali lagi dalam Islam sendiri selama masih syahadat nya sama Insya Allah Islam. Kalo sudah bercabang kesana sini itu pemahaman penafsiran masing2 individu saja. Yang jelas belajar itu harus ada gurunya, dan guru itu harus bersanad yang kalau diurut sampai ke Nabi Muhammad S.A.W

Wallahualam bisshawab
profile picture
abdoes
kaskus maniac
@aqua.illusion @UnicornMyth @xiaoxiao20 temen kantor gw kasihan gan ,. cewek.

dulu dia nikah ama suaminya islam biasa ,.
ngontrak di lingkungan kaya begitu ,. suaminya pas lagi susah ditawarin bantuan sama tetangganya ,. akhirnya masuk golongan ntu gan ,.

bininya dianggurin ampe 6 bulan ,. katanya gak boleh hubungan badan sama wanita yang belum golongan sama ,. soalnya najis ,. hadeuh ,.
profile picture
@aqua.illusion @UnicornMyth @xiaoxiao20 @abdoes
Yang kek gitu tuh goblog bin bego, manusia di kasih akal pikiran buat mikir bukan cuman dibuat makanan otak2 bakar
profile picture
abdoes
kaskus maniac
@aqua.illusion @UnicornMyth @xiaoxiao20 [mention]Stand_Not_Still[/mention] gw cuma bingung gimana caranya mereka bisa nanam bibit pola pikir kaya gitu ke orang. Ampe bener2 bisa berubah 180° ..

Kalo babi ok lah ada reasonnya dr segi kesehatan mereka najis .. tapi kalo manusia? emoticon-Big Grin
profile picture
@abdoes cuci otak, seperti media massa, framming, dan pengulangan informasi berulang yang salah jadi kelihatan benar. Yang memudahkan ya mental nya sendiri kuat ga, secara orang kalo diberikan hadiah pasti sikapnya jadi sedikit terbuka
Memuat data ...
Menampilkan 61 - 80 dari 83 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di