CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Bener Banyak Grup WA Bikin HP Jadi Lemot?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f274f7109b5ca681d163cc3/apa-bener-banyak-grup-wa-bikin-hp-jadi-lemot

Apa Bener Banyak Grup WA Bikin HP Jadi Lemot?


Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamat emoticon-Selamat
Spoiler for cek konten:


sumber gambar Instagram/@vaelovexia

Hai semuanya, pernah gak sih kalian mengalami kepanikan saat banyaknya pesan grup WA yang masuk? Buat yang merasa HPnya lemot ketika ada pesan beruntun dari berbagai grup WA. Kebanyakan yang disalahin malah grupnya. Ujung-ujungnya malah izin keluar dari grup dengan alesan HP udah lemot. Padahal grup itu penuh kenangan, bisa aja grup kelas atau grup bekas kerja sama buat memudahkan saat diskusi. Ya nyatanya banyak yang begitu, satu-satu persatu keluar dari grup meningalkan kenangan yang pernah dilalui bersama. Sampe akhirnya hanya tersisa orang yang bertahan, karena gak merasa keberatan dengan keberadaan grup tersebut.

Sebetulnya masalah izin keluar atau bertahan di grup WA gak ada yang bener dan salah juga. Mau dipertahankan sampe jadi kakek nenek pun boleh-boleh aja, asalkan masih inget sama anggotanya. Kalo mau keluar dan meninggalkan grup juga boleh, asalkan pamit dulu dan gak meninggalkan tanpa kejelasan. Walaupun alasan HP jadi lemot gegara banyak grup WA gak sepenuhnya bener. Bisa iya, bisa juga gak. Semua tergantung kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.


sumber gambar tribunnews

Sederhananya begini, setiap HP punya batas kapasitas penyimpanannya masing-masing. Biasanya ada yang 16, 32, 64, bahkan sampe 128 GB dan mungkin masih ada yang lebih besar lagi. Penyimpanan HP ini disebut penyimpanan internal. Gunanya apasih? Buat nyimpen kenangan lu bersama mantan kah? Gunanya gak cuma untuk itu. Selain buat menyimpan kenangan kalian dengan mantan lewat berkas media, penyimpanan internal juga dipake untuk menyimpan data sistem aplikasi. Jadi setiap aplikasi punya jumlah kapasitasnya masing-masing, tergantung rumitnya dari sistem tersebut. Rumit yang dimaksud ini semacam tampilan dan banyaknya menu yang dapat diakses. Kapasitas ini baru aplikasinya tanpa tambahan data yang disimpan dalam aplikasi tersebut.

Anggap aja WA adalah mangkok yang punya berat sekitar 100 gr. Kemudian seiring pemakaian chat sana-sini, modusin cewek, dan masuk grup yang macem-macem membuat mangkok tadi terisi. Data hasil riwayat chat kalian ibaratnya nasi, bisa aja nambahin berat sampe 500 gr atau 1 kg. Nah yang memberatkan adalah data hasil riwayat chat kalian, bukan banyaknya grup. Kalo banyak grup WA tapi gak ada isinya sepi gitu mirip hati orang jomblo, ini mah gak memberatkan kapasitas penyimpanan. Kalo gini berarti gak perlu khawatir HP jadi lemot. Semisal masih lemot HPnya mungkin ada faktor lain. Jadi jangan sepenuhnya menyalahkan jumlah grup. Intinya semakin banyak data akan semakin memakan waktu untuk memprosesnya. Kecepatan proses tergantung dari dapur pacu yang dibekali dalam HP kalian masing-masing.

Gua punya tips biar HP lancar dengan banyak grup di dalam WA. Caranya gak ribet sih cukup menggunakan aplikasi ini,
Spoiler for aplikasi:

ada beberapa hal emang buat memanajemeni kapasitas penyimpanan dari data WA supaya gak membebani penyimpanan internal HP. Sekaligus gak perlu repot-repot buat izin keluar dari grup WA lagi.

Matikan notifikasi grup

sumber gambar dokumentasi yuki26

Buat grup yang gak wajib banget buat cek absensi tiap hari, matiin aja notifikasinya. Dengan mematikan notifikasi, HP kalian gak bakal keganggu sama banyaknya pesan yang masuk. Kadang gak sepenuhnya obrolan di grup itu penting, kalo pun penting sekarang ada fitur mention. Saat ada yang mention kalian di grup, notifikasinya akan tetap muncul. Jadi walaupun notifikasinya dimatikan, kalian tetep bisa mengetahui momen saat kehadiran kalian dibutuhkan dalam grup tersebut.

Nonaktifkan pengunduhan media otomatis

sumber gambar dokumentasi yuki26

Berikutnya menonaktifkan pengunduhan media otomatis di menu pengaturan WA. Hal ini gua terapkan dari dulu, karena gak semuanya media yang dikirim orang dalam grup itu penting. Agak nyampah dan menuhin kapasitas penyimpanan kalo terunduh semua. Lebih baik dinonaktifkan, sehingga lu bebas memilih media mana yang penting buat diunduh.

Hapus data-data media WA yang udah terlanjur terunduh

sumber gambar dokumentasi yuki26

Terus kalo udah terlanjur keunduh semua karena belom tau cara menonaktifkan pengunduhan otomatis, hapus aja secara manual. Caranya buka berkas media di tempat penyimpanan berkas WA. Abis itu pilih aja media apa yang gak penting buat disimpan dan hapus. Cara ini efektif buat melegakan penyimpanan internal HP kalian.

Tandai pesan berbintang buat yang penting

sumber gambar dokumentasi yuki26

Cara terbaiknnya adalah mengklasifikasi pesan grup yang masuk. Dengan menggunakan fitur favorit bersimbol bintang, bisa menandai pesan yang penting untuk disimpan. Selain pesan yang dibintangi, silakan dihapus ketika udah usang atau berlalu.

Bersihkan isi chat

sumber gambar dokumentasi yuki26

Menghapus pesan yang simpel adalah menggunakan fitur menu bersihkan chat. Gak perlu khawatir pesan penting terhapus, karena kalo udah dibintangi gak akan ikut kehapus kok. Fitur ini efektif banget buat bersih-bersih isi grup yang gak penting dan menuh-menuhin penyimpanan.


sumber gambar tribunnews

Tips ini dilakukan untuk mengurangi beban aplikasi WA terhadap penyimpanan internal HP. Selain itu juga sistem operasi di HP kalian bisa cepat memproses saat mengakses WA karena datanya gak over. Gua rasa kalo lu pinter memanajemennya, ratusan grup WA gak jadi persoalan. Terus yang lebih penting gak perlu lagi meninggalkan grup lama beserta anggotanya. So gak ada drama buat pergi-pergi saling meninggalkan.

Kesimpulannya banyak grup WA bisa bikin HP lemot itu kurang tepat. Lebih tepatnya HP lemot disebabkan data yang tersimpan terlalu banyak atau over, sehingga butuh waktu lebih buat memprosesnya. Dengan kata lain bisa dibilang lemot, tapi kalo udah ngelakuin tips barusan dan masih lemot juga. Kayaknya udah saatnya untuk ganti HP dengan berpaling ke yang lebih canggih.
Quote:

| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: detik


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
----------+++++++++---------



SAMPAI JUMPA

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 39 lainnya memberi reputasi
Tergantung hpnya juga dalam hal ini, karena semuanya tidak sama. Maka kalau hpnya tidak bagus, ganti dengan yang bagus agar tidak lemot gan semuanya.
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
profile picture
TS yuki26 
KASKUS Plus
Iya makanya di akhir tulisan gitu
profile picture
marikemana
kaskus addict
Tp solusi jg gak selamanya harus ganti hp kan gan. intinya ini solusi sederhana tanpa ngeluarin budget.. ya intinya kita harus pinter2 ngesortir mana yg penting mana yg kagak, dimatiin unduhan otomatisnya jg biar kagak penuh tuh memori
profile picture
royans.xyz
kaskus addict
@marikemana foto - foto kalau di tumpuk lama - lama penuh juga
profile picture
marikemana
kaskus addict
@royans.xyz nah bener, apalagi klo grup tuh pd asal. Mau ini grup kek gimana jg jd promosi tmpt jualan lah, meme2 gaje gt lah, belom lagi yg pd iseng2 video2 gt.. aduh itu ane udh paling males sih
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di