CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
10 Sapi Terbesar di Dunia, Cocok nih Buat Qurban!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f24e1a60577a90d417cf6a9/10-sapi-terbesar-di-dunia-cocok-nih-buat-qurban

10 Sapi Terbesar di Dunia, Cocok nih Buat Qurban!



pict

Sapi selalu menjadi pilihan untuk dijadikan hewan qurban saat hari raya Idul Adha tiba. Pemesanan hewan satu ini mengalami peningkatan saat lebaran tiba. Karena hal itu, banyak di antara peternak sapi terus berkompetisi untuk menjaga kualitas dari sapi tersebut. Semakin besar bobot sapi maka harga yang ditawarkan pula akan sangant mahal.

Budidaya sapi tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, namun di belahan negara lainnya juga ada. Di Indonesia sendiri, jika sudah memasuki hari raya qurban maka pemberitaan di media banyaj membahas tentang sapi yang memiliki ukuran dan berat hingga mencapai 1 ton. Beberapa presiden pun, kerap kali berqurban dengan bobot sapi luar biasa.

Berikut jenis sapi terbesar di dunia yang bisa dijadikan rekomendasi buat berqurban!

1. Sapi Ongole



pict

Pernah liat sapi ini? Ya, Sapi jenis ini pernah menjadi hewan qurban presiden Jokowi. Dan memang banyak ditemui di Indonesia, walau sapi ongole berasal dari Distrik Prakasam, India. Bobot tubuhnya bisa mencapai 500 kg-1 ton, loh. Luar biasa banget ya. Ciri dari sapi ini memiliki punduk.

2. Limousin



pict

Limousin merupakan sapi yang memiliki tubuh sangat besar. Sapi ini berasal dari daratan eropa yakni negara Prancis tepatnya daerah Liomusin dan Marche. Warna dari sapi besar ini juga beragam, ada yang merah gelap, keemasan, dan kuning gandum. Sapi limousin mampu mencapai bobot hingga 1,1 ton. Limousin juga memiliki tekstur daging yang empuk. Gimana niat buat jadi qurban?

3. Beefmaster



pict

Sapi ini merupakan hasil dari persilangan antara sapi pejantan Brahman dengan sapi betina Hereford dan sapi perah betina Shorthorn. Warna dari sapi ini adalah merah kecoklatan hingga merah gelap. Postur tubuhnya juga terlihat kekar sekali. Maka tak heran jika berat badannya bisa mencapai 700-1150 kg. Mantap!

4. Simmental



pict

Sapi ini biasa juga disebut Swiss Felckvieh. Hewan ini termasuk salah satu yang paling populer dan tertua di dunia. Tubuh dari simmental ini berwarna merah gelap, merah terang atau kuning muda dengan dikombinasikan warna putih pada bagian muka, kaki dan ekornya. Bobot sapi tersebut mencapai 1,2 ton. Selain itu, sapi simmental juga mampu bertumbuh secara cepat dan produksi susu yang cukup tinggi.

5. Belgian Blue



pict

Sapi ini memiliki tekstur tubuh seperti binaragawan. Karena terlihat sekali otot-ototnya. Belgian Blue berasal dari negara Belgia. Warna kulit dari sapi kekar ada yang putih dan hitam. Tingginya 145 cm dan beratnya mencapai 1250 kg.

6. Norwegian Red



pict

Sapi selanjutnya adalah Norwegian Red. Sapi ini tidak hanya dimanfaatkan dagingnya saja, namun juga susunya. Sapi ini bisa berbobot 600-1300 kg. Sapi tersebut telah dikembangkan sejak tahun 1935.

7. Maine Anjou



pict

Sapi Maine anjou juga berasal dari Prancis. Hewan ini merupakan hasil perkimpoian silang antara sapi perah lokal Mancelle dengan sapi Durham (Shorthorn), Inggris. Ia memiliki warna belang antara merah kecoklatan dan putih. Selain itu, memiliki tanduk yang pendek. Sapi ini memiliki bobot hingga 1,4 ton.

8. Gaur



pict

Sapi gaur merupakan sapi liar yang memiliki kerabat dengan banteng karena penyerupaan tanduknya. Panjang dari tubuhnya sekitar 2,50-3,30 meter. Bobot dari sapi gaur mencapai 1,5 ton. Warnanya untuk jantan coklat gelap dan bagian kaki berwarna putih. Sedangkan betina lebih terang. Jika di alam liar, Gaur dapat mencapai usia 30 tahun.

9. South Devon



pict

Sapi ini merupakan ternakan asli Inggris. Bobot tubuhnya adalah 1,6 ton. Ada tanduk yang berwarna putih di bagian kepalanya. Sedangkan warna dominan pada tubuhnya ialah kuning kemerahan, kecoklatan hingga merah tembaga.

10. Chianina



pict

Sapi ini berbeda dengan jenis eropa lainnya. Tubuhnya sangat ramping namun berisi. Pada umumnya, sapi inu berwarna putih yang bercampur merah kekuningan atau sedikit abu-abu di tubuh bagian depan. Bobotnya tak main-main, bisa mencapai 1,8 ton. Kelemahan dari sapi ini adalah laju pertumbuhan serta masa pubertasny tergolong lambat.

Gimana, ada yang berminat buat qurban jenis sapi-sapi tersebut? Kira-kira bisa buat satu desa gak ya.

Sumber :

Nih

Nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUIGarisLucu dan 2 lainnya memberi reputasi
cocok juga buat menyeberangi jembatan sirotholmustaqim. ngomong2 berapaan gan harganya?
profile-picture
earth15 memberi reputasi
profile picture
TS earth15 
KASKUS Plus
Mungkin puluhan juta y
profile picture
MUIGarisLucu
aktivis kaskus
@earth15 jualan gan?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di