CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Asal Mula Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim Diperintah Sembelih Ismail
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f24cd92a2d1955f1b77cee9/asal-mula-idul-adha-dan-kisah-nabi-ibrahim-diperintah-sembelih-ismail

Asal Mula Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim Diperintah Sembelih Ismail

Hari Raya Kurban identik dengan penyembelihan hewan ternak berupa kambing, sapi atau kerbau, yang dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat tak mampu.

Dikutip dari nu.or.id, penyembelihan hewan kurban selama Hari Raya Iduladha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang mampu, mulai dari saat Hari Raya Iduladha hingga hari tasyrik selesai.
Ibadah kurban pertama kali diperkenalkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam (AS).

Perintah berkurban datang ketika Allah SWT menguji keimanan Nabi Ibrahim dengan memintanya menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Nah, berikut asal mula Idul Adha dan kisah nabi Ibrahim saat diperintah sembelih Nabi Ismail.

1. Riwayat Ismail, lahir saat Nabi Ibrahim mendekati umur 100 tahun tapi harus disembelih

Ismail adalah putra Nabi Ibrahim dari istrinya, Siti Hajar. Ismail merupakan putra yang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya. Diriwayatkan, Ismail lahir saat umur Nabi Ibrahim mendekati 100 tahun.

Dalam usianya yang sudah senja, Nabi Ibrahim berdoa kepada Allah SWT agar dikaruniakan anak yang saleh. Allah pun mengabulkan permohonannya dan mengaruniakannya seorang anak yang mulia dan penyabar.

Ketika Ismail beranjak besar, disebutkan berusia sekitar 14 tahun, Allah SWT pun menguji ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan putranya, dengan meminta menyembelih Ismail. Perintah ini datang dalam mimpi Nabi Ibrahim yang kemudian disampaikan kepada Nabi Ismail untuk meminta pendapatnya. 
يَا بُنَي إِني أَرَى فِي الْمَنَامِ أَني أَذْبَحُكَ

Artinya: "Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu.” (Qur'an Surat Ash-Shaffat ayat 102).

2. Jawaban Ismail yang meluluhkan hati, Allah menggantinya dengan hewan sembelihan besar

Bukannya bersedih atau takut, Ismail yang juga melihat mimpi ini sebagai perintah Allah SWT pun menjawab dengan penuh kesabaran dan keihklasan:
يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللهُ مِنَ الصابِرِينَ

Artinya: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insyaallah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar."

Dengan berserah diri kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim pun membaringkan Ismail di atas pelipisnya, setelah itu Allah SWT pun berfirman kepadanya:
وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَا إِبْرَاهِيمُ. قَدْ صَدقْتَ الرؤْيَا ۚ إِنا كَذلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ

Artinya: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang- orang yang berbuat baik.” (Surat As-Shaffat, ayat 104 -105).

Sebagai balasan atas ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan Ismail, Allah pun mengganti Ismail dengan seekor hewan sembelihan yang besar. Dengan adanya peristiwa itu, dimulailah kegiatan berkurban pada hari Raya Iduladha yang berlangung hingga saat ini.

Sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
quae dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
Quote:


ini goblok agama justru tool untuk membuka logika.

Ketika logika manusia masih absurd, masih mikir dng ngurbanin cewek perawan di gunung bisa ngedatangin hujan dan nyuburin tanah. Agama itu turun untuk menyanggah hal itu.

Di jaman Musa, agama Musa itu turun untuk menyanggah Firaun adalah Tuhan.
Di jaman Isa, agama turun untuk menyanggah Pemuka Yahudi
Di jaman Muhammad, agama turun untuk menyanggah ketuhanan Isa sekaligus membuka jalan bagi logika manusia untuk berkembang.

Setelah belasan ribu tahun dari kemunculan Kitab Suci dan agama, masih ada yg ngebacot agama itu bukan logika. Luar biasa goblok sekali ente ngoahahaha emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Lelo11 dan rezkiey memberi reputasi
profile picture
unmuslim212
Auto Banned
berkembang apanya? semua barang dan tehnologi sih kafir yg buat, kacut lu juga tehnologi kafir, harus kalo pergi situ naik onta aja
profile picture
salonPlusPluss
kaskus maniac
@unmuslim212 berkembang biak
profile picture
Lelo11
kaskuser
@batmanluck99 penjelasan yang mantap emoticon-Jempol
profile picture
PakLobe
kaskuser
@unmuslim212 Buktim otak dongok kaw ga berkembang.....org bahas apa ...otak kaw hanya mutar2 dua arah aja.......emoticon-Ngakak
profile picture
mat.piere
kaskus addict

Berkembang gan.
profile picture
unmuslim212
Auto Banned
@PakLobe lu punya kaca nga, coba siapa yg muter2, otak lu berasa cerdas dan berfikir yah? mikirin selangkangan di soergaemoticon-Wkwkwk
profile picture
PakLobe
kaskuser
@mat.piere Itulah dongok nya kaw.....Kajian agama samawi adalah statis .....hanya TERPUSAT kepada PENGAJARAN RASUL PENERIMA WAHYU kepada sahabat2 /murid2 nya....ketika rasul mati maka pengajaran tsb selesai.Penganut agama tsb wajib rujuk kepada pengajaran tsb..tidak ada ajaran baru yg di agama samawi dikenal sbg bidat......
Sedangkan Ilmu Alam adalah buak pikir manusia utk survival di alam ini.....dan ini terus berkembang hingga akhir jaman ...dinamis sifatnya terus berkembang.....bedakanlah jgn dismaa ratakan aja...emoticon-Big Grin
profile picture
GroupTercela
kaskus maniac
aduh pintarnya dikatak dalam sumur ini...pemirsa kasih aplause dulu atuuhh...memahami makna ajaran lu jangan dipaksakan diajaran agama lain aja belum bisa, malah khotbah kayak onta abis minum vodka hahaha... lo boleh meyakini islam menyanggah ketuhan isa dst dst..tapi itu dikalangan member lubaja kale, jangan lo obral kayak perek lagi jajain tubuh di ujung jalan. sekali lagi nih ya ane sampekan, perdalam agama lu dan khususkan dalil dalil pemuka agama lu atau dalil2 lu itu di area member lu sendiri biar gak kayak kucing mengnggonggong lu,.pintar lo itu gak ada seujung upil guweeehh..lo hanya katak dalan sumur yg hanya tau birunya langit okay??? jadi kalau lo mau keliatan pinteran dikit...dikit aja loooo...khotbahnya di area member lo aja ya, bebas lo main logika dangkal lo gpp, tapi jangan di area lain ovreedddyyy
profile picture
mat.piere
kaskus addict
@PakLobe berarti ajaran rasul kaw tuh ketinggalan zaman dong. Gak cocok lagi dengan realitas hidup sekarang. Manusia sekarang sudah bisa menjelajahi langit dan planet2 lain yg kata rasul kaw itu tidak bisa di jelajahi manusia.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 9 dari 9 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di