CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Asal Mula Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim Diperintah Sembelih Ismail
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f24cd92a2d1955f1b77cee9/asal-mula-idul-adha-dan-kisah-nabi-ibrahim-diperintah-sembelih-ismail

Asal Mula Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim Diperintah Sembelih Ismail

Hari Raya Kurban identik dengan penyembelihan hewan ternak berupa kambing, sapi atau kerbau, yang dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat tak mampu.

Dikutip dari nu.or.id, penyembelihan hewan kurban selama Hari Raya Iduladha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang mampu, mulai dari saat Hari Raya Iduladha hingga hari tasyrik selesai.
Ibadah kurban pertama kali diperkenalkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam (AS).

Perintah berkurban datang ketika Allah SWT menguji keimanan Nabi Ibrahim dengan memintanya menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Nah, berikut asal mula Idul Adha dan kisah nabi Ibrahim saat diperintah sembelih Nabi Ismail.

1. Riwayat Ismail, lahir saat Nabi Ibrahim mendekati umur 100 tahun tapi harus disembelih

Ismail adalah putra Nabi Ibrahim dari istrinya, Siti Hajar. Ismail merupakan putra yang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya. Diriwayatkan, Ismail lahir saat umur Nabi Ibrahim mendekati 100 tahun.

Dalam usianya yang sudah senja, Nabi Ibrahim berdoa kepada Allah SWT agar dikaruniakan anak yang saleh. Allah pun mengabulkan permohonannya dan mengaruniakannya seorang anak yang mulia dan penyabar.

Ketika Ismail beranjak besar, disebutkan berusia sekitar 14 tahun, Allah SWT pun menguji ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan putranya, dengan meminta menyembelih Ismail. Perintah ini datang dalam mimpi Nabi Ibrahim yang kemudian disampaikan kepada Nabi Ismail untuk meminta pendapatnya. 
يَا بُنَي إِني أَرَى فِي الْمَنَامِ أَني أَذْبَحُكَ

Artinya: "Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu.” (Qur'an Surat Ash-Shaffat ayat 102).

2. Jawaban Ismail yang meluluhkan hati, Allah menggantinya dengan hewan sembelihan besar

Bukannya bersedih atau takut, Ismail yang juga melihat mimpi ini sebagai perintah Allah SWT pun menjawab dengan penuh kesabaran dan keihklasan:
يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللهُ مِنَ الصابِرِينَ

Artinya: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insyaallah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar."

Dengan berserah diri kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim pun membaringkan Ismail di atas pelipisnya, setelah itu Allah SWT pun berfirman kepadanya:
وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَا إِبْرَاهِيمُ. قَدْ صَدقْتَ الرؤْيَا ۚ إِنا كَذلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ

Artinya: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang- orang yang berbuat baik.” (Surat As-Shaffat, ayat 104 -105).

Sebagai balasan atas ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan Ismail, Allah pun mengganti Ismail dengan seekor hewan sembelihan yang besar. Dengan adanya peristiwa itu, dimulailah kegiatan berkurban pada hari Raya Iduladha yang berlangung hingga saat ini.

Sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
quae dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
buat yang masih bingung...

yahudi: agama awal yang menganut kitab kejadian lama, mereka klaim sebagai keturunan israel asli. nenek moyangnya dari Ishak (anak dari Ibrahim klo di islam)

kristen: pengikut kristus, mereka penganut perjanjian baru dalam alkitab (tapi tidak mengingkari perjanjian lama), mereka musuh orang yahudi, karena orang yahudi tidak mengakui perjanjian baru.

islam: mereka nenek moyangnya ismael (anak pertama dari hagar) namun dalam alkitab diusir oleh sarah (makanya islam benci dengan yahudi). agama ini muncul kurang lebih 500 tahun stlh masehi. namun sejarahnya mengadopsi sumber yang sama (karena nenek moyangnya ismael anak dari abraham)

makanya 3 agama ini sebenernya bersaudara, karena klo dibilang Tuhannya sama. tapi mereka bermusuhan karena mereka pny perjalanan sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roelty dan 12 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
@PakLobe Yang halu itu berbuat jahat tapi percaya menghasilkan kemuliaan emoticon-Big Grin

Terguncang? emoticon-Big Grin
profile picture
PakLobe
aktivis kaskus
@unicorn.phenex Berbuat jahat kekmana ...perang jahat ga
profile picture
@PakLobe udah gue sebutin diatas goblog emoticon-Big Grin
Masih belaga gila lo? emoticon-Big Grin
profile picture
@PakLobe terguncang lo?
emoticon-Ngakak
profile picture
PakLobe
aktivis kaskus
@unicorn.phenex Ga lah kan kaw ga jawab pertanyaan awak...masih halu sm sinterklas kaw kan...emoticon-Ngakak
profile picture
@PakLobe masa harus gue jawabin pertanyaan satu-persatu?
Tinggal scroll keatas kok.
Kelitan banget goblognya.
Pantes percaya sama ajaran setan
emoticon-Ngakak
profile picture
PakLobe
aktivis kaskus
@unicorn.phenex Ga segoblog umat sinterklas lah.......emoticon-Big Grin
profile picture
@PakLobe ga ada yang lebih goblog dari yang percaya buat kejahatan tapi dimuliakan Tuhan.
Umat mana tuh?

Sekali lagi...
Gobloglu ah
emoticon-Ngakak
profile picture
auditor.kaskus
aktivis kaskus
@unicorn.phenex @wiskey31 Hukum Taurat itu diberikan eksklusif dan spesifik langsung kepada umat Israel sebagai suatu bangsa di mana TUHAN (YHVH) adalah Raja-nya (theokrasi) termasuk di dalamnya hukum sipil dan hukum perang (contoh kasus: perang dengan bangsa Amalek).

Pada masa itu, TUHAN menyatakan Diri secara kasat mata di depan bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain (10 tulah, membelah laut, tiang awan dan tiang api, api turun dari langit, dll), TUHAN berbicara langsung di depan seluruh bangsa Israel, Dia menghukum mati secara langsung orang Israel yang memberontak (3 keluarga ditelan hidup-hidup ke dalam bumi, 250 orang dimakan habis oleh api yang keluar dari kemuliaan (pernyataan kehadiran) TUHAN yang nampak).

Logikanya gini: Pada masa itu, di hadapan Tuhan yang lo lihat dengan mata kepala sendiri, lo masih murtad/memberontak, artinya udah ga ada kemungkinan buat lo bertobat, lo udah bener2 murtad (menyangkali Tuhan yang jelas-jelas di depan mata), jadi daripada terus berbuat dosa lebih baik hidup lo diakhiri saja. Tapi di situ posisinya ada Tuhan yang menguji dan menilai hati manusia. Banyak kali bangsa Israel memberontak, tetapi diampuni Tuhan, artinya orang itu masih bisa bertobat, ga murtad.

Membunuh atas nama Tuhan sebagai bentuk hukuman mati atas kesalahan seseorang ataupun dalam peperangan dibenarkan, jika kondisi berikut dipenuhi:
- Tuhan sendiri yang memerintahkan secara kasat mata dan disaksikan oleh semua orang, bukan klaim 1 orang yang mengaku-ngaku sebagai nabi Tuhan;
- perintah itu diberikan kepada suatu bangsa sifatnya spesifik langsung dan ekslusif; jangan ngakunya bangsa Indonesia tetapi memaksakan aturan agamanya ke orang lain, lebih baik bentuk bangsa/negara sendiri seperti ISIS.

Tambahan:
penumpasan Amalek itu adalah hukuman dari Allah Israel sebagai balasan atas perbuatannya dulu:
"Sama seperti pedangmu telah membuat para wanita kehilangan anak, demikianlah ibumu akan paling merasa kehilangan anak di antara para wanita" (1 Samuel 15:32, 33; bdk. Hakim 1:5-7).
profile picture
GroupTercela
kaskus maniac
ini pada ngeributin apa sih? soal agama itu bukan soal logika. kalau lu pada bahas agama pake logika otak curut lu pada, alhasil cuma debat kusir aja yg ada. mending lubpada diem, dalamin aja ajaran agama lu sendiri2. dan kalau punya pendapat / himbauan itu khususkan di golongan lu sendiri2 biar gak ribut. agama itu urusan ente sama Tuhan ente kok malah jadi ribut hehe...dah yaaa
profile picture
wiskey31
kaskus maniac
@GroupTercela
ane sepakat

oleh krn itu marilah kita kembalikan semuanya ke judul tritnya
profile picture
keympas
kaskuser
ketika para master lagi debat 🥺🥺👍👍
profile picture
@wiskey31 ente ngomong apa sih??? sudah gosok gigi blom??
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
cobainmain
kaskus maniac
@.Orenji. betul... Abraham itu ibrahim, pengucapannya beda karena dipengaruhi budayamya. Abraham yang berasal dr budaya ibrani dan ibrahim yg berasal dr budaya timur tengah.
Memuat data ...
Menampilkan 41 - 60 dari 61 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di