CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Fakta Tentang Gli, Kucing Lucu yang Loyal Hidup di Hagia Shopia Selama 16 Tahun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f22134468cc95457a0725fb/5-fakta-tentang-gli-kucing-lucu-yang-loyal-hidup-di-hagia-shopia-selama-16-tahun

5 Fakta Tentang Gli, Kucing Lucu yang Loyal Hidup di Hagia Shopia Selama 16 Tahun



Hagia Shopia merupakan salah satu bangunan paling bersejarah dan terkenal di dunia. Status bangunan saat ini adalah masjid agung. Hal ini terjadi pasca Majelis Agung Turki mencabut dekrit Attaturk yang menyatakan Hagia Shopia menjadi musuem. Pengubahan status ini tak lepas dari langkah politik Presiden R. T. Erdogan dalam melebarkan sayangnya di dunia Islam.

Kecaman sekaligus dukungan mengalir ke Negara Turki setelah keputusan resmi tersebut dikeluarkan. Kelompok Islamis dan muslim dunia menyambut baik hal tersebut. Sementara para pemeluk Kristen Ortodoks Timur mengutuk dan berduka, khususnya di wilayah Yunani dan Rusia.

Di tengah memanasnya isu politik dan agama di bangunan megah tersebut, ada satu sosok imut yang tak kalah menjadi sorotan masyarakat dunia. Dia adalag Gli, kucing gembul berwarna abu-abu jenis European Shorthair yang menjadi penghuni Hagia Shopia selama belasan tahun lamanya.

Bagi para wisawatan yang datang ke Hagia Shopia pasti tak asing lagi dengan kucing menggemaskan satu ini. Ketenarannya sudah tersohor ke mana-mana. Kira-kira kenapa, ya, Gli bisa sepopuler ini? Apa saja penyebabnya?

Nah, di thread kali ini, @malaikatrindu akan mengupas hal tersebut. Setelah menghimpun informasi dari berbagai sumber, inilah 5 fakta unik dari Gli si Kucing Hagia Shopia.


1. "Seleb" Favorit Para Wisawatan


Foto: hagiashopia.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Gli sangat populer di kalangan wisatawan. Dia menjadi daya tarik siapapun yang masuk ke Hagia Shopia. Hampir setiap saat Gli dipotret bak selebriti oleh turis. Tidak seperti kucing pada umumnya yang ketakutan dan kabur saat berkerubungi, Gli malah santai dan tetap pada posisinya.


2. Hewan Diplomatik Barack Obama dan Erdogan


Foto: Hagiashopia.com

Salah satu yang membuat Gli populer adalah karena menjadi "hewan diplomatik" antara Turki dan Amerika Serikat. Ketika Barack Obama yang saat itu masih menjadi Presiden AS masuk ke Hagia Shopia, dia mengelus bulu kucing tersebut bersama Perdana Menteri Turki, Erdogan, yang menemani kunjungan diplomatiknya. Sejak saat itu, Gli semakin populer dibanding kucing lain di Hagia Shopia.


3. 16 Tahun Tinggal di Hagia Shopia


Foto: hagiashopia.com

Menurut berbagai sumber, Gli lahir pada 16 tahun silam atau tepatnya pada tahun 2004 di lingkungan Hagia Shopia saat masih menjadi museum. Awalnya dia hidup liar dan berburu seperti kucing pada umumnya. Hingga akhirnya dia mulai menjadi kucing dewasa dan lebih sering berdiam diri di dalam Hagia Shopia.


4. Gli Tinggal Bersama Banyak Kucing Lain di Hagia Shopia


Foto: Boredpanda.com

Turki sejak dulu dikenal sebagai salah satu negara dengan populasi penyayang kucing paling banyak di dunia. Hal ini tak terlepas dari budaya leluhur mereka yakni Kekaisaran Ottoman yang memerintah selama enam abad lamanya di mana mereka sangat menyayangi kucing karena dianggap sebagai hewan kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Kucing hidup bahagia di berbagai sudut kota dan perkampungan Turki, tak terkecuali di bawah kubah megah Hagia Shopia. Walau kini sudah berubah status sebagai masjid, Gli tinggal bersama puluhan kucing lainnya tetap diperbolehkan tinggal di Hagia Shopia. Dan ternyata Gli memiliki kakak perempuan yang diberi nama Kizim.


5. Memiliki 82 Ribu Lebih Pengikut di Instagram


Foto: Instagram.com

Karena ketenarannya, Gli hingga saat ini memiliki 82 ribu pengikut di Instagram. Akunnya bernama @hagiashopiacat. Akun ini dikelola oleh pengurus Hagia Shopia yang sehari-hari mengurus Gli dan kucing-kucing lainnya. Akun Instagram tersebut memuat ratusan foto Gli dengan berbagai pose menggemaskan berlatarkan kemegahan agung Hagia Shopia.


Nah GanSis, itulah 5 fakta unik tentang Gli, Si Kucing Gembul penghuni Hagia Shopia yang sangat populer.

---

Penulis: @malaikatrindu
Referensi: Pikiranrakyat.com, Hagiashopiaturkey.com & CNN.com
Keterangan gambar utama: Dok. Pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kagemane4869 dan 61 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh malaikatrindu
Yg pastinya ..
Kuceng nya ga hobi berantam kayak kuceng dkt sekitaran rumah ane.. yg wajahnya kotak gt.. trus banyak bekas cakaran, dan klo berantam susah di lerai..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan CDrama memberi reputasi
profile picture
CDrama
kaskuser

Katanya sih kucing kalau saling berantem gitu,
artinya saling sayang.


#BATA COLLECTOR
emoticon-Lempar Bata
profile picture
darklight89
aktivis kaskus
Masa sesama jantan saling menyayangi gan...

emoticon-Cape d...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di