CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Komunitas Calya Sigra Kaskus - Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59415efc529a45bc598b456c/komunitas-calya-sigra-kaskus---part-1

Komunitas Calya Sigra Kaskus





WELCOME
PARA PENGGUNA / CALON PENGGUNA TOYOTA CALYA DAN DAIHATSU SIGRA


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:





emoticon-Hot News
REGISTRASI ANGGOTA KOMUNITAS CALYA SIGRA KASKUS (KCSK)

Om Tante Agan Aganwati
Bagi yang ingin menjadi anggota KCSK silahkan isi formulir dibawah ini.. dengan syarat dan ketentuan sbb :

https://goo.gl/forms/ivB3HFjsXEA2gPjA2

Quote:



Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
Kawan2 mau nanya dong.. ada yg pernah ngalamin kaya saya ga ya..

kondisi mesin lg idle, dengan atau tanpa ac on, rpm naik turun sendiri secara drastis..

kmrn2 sempet bersihin secara singkat klep throttle body nya (cuma kayanya ga terlalu bersih, krn seadanya doang pakai carbon clean), abis itu pakai SPT fuel system cleaner siapa tau bisa bersih.. dan sempet 1 atau 2 hr kemudian udh berkurang.. ada sesekali naik turun rpm nya tapi hampir ga terasa...

nah pas hari ke 3 ini bgt lg kondisi nya, rpm naik turun pas mesin idle.. kalau lg jalan kondisi normal.. tpi per hari ini kalau jalan pelan sktr 10 kpj berasa agak endut2an... kalau udh di atas 20 kpj kondisi normal..

tpi bgt berhenti lsng naik turun lg rpm nya dan ganggu bngt..

buat info: saya pakai pertalite. mobil dipake buat taxol.. sehari rata2 150 km jalannya.. oli pakai shell lcgc 0-20..transmisi matic..

mohon infonya kalau ada yg tau atau pernah ngalamin jg..

thx buat tanggapannya

profile-picture
kipasmerah1 memberi reputasi
profile picture
Ada beberapa kemungkinan...
Bisa jadi Koilnya sudah mulai bermasalah...
Coba test kalo tahan RPM 2000...
Masih begitu enggak...
Kalo gtu coba bawa ke beres mesinnya pincang...
profile picture
miqz
kaskus maniac
@bengun1990 klo tahan di rpm 2rb an sh ga masalah.. cuma klo lg berhenti pasti lsng naik turun lg
profile picture
Oh...
Kemungkinan bisa jadi dari ACnya yg kelebihan Freon..
Coba bawa je bengkel aja biar ketauan penyakitnya...
profile picture
coba gan cek MAF nya kemungkinan kotor sebab calya agan kan buat taxol...bersihkan aja dgn cairan yg utk coontact cleaner bukanya MAF ckp dgn obeng + jgn lupa lepas soket kabelnnya dulu ya....kbtln calya saya di MAF nya sdh saya pasang karet MAF extension...bikin rpm bawah gax ndut ndutan lg...
profile picture
Skdr saran jg utk membersihkan maf sensor ckp pakai cairan contact cleaner aja gan jgn disemprot pakai angin ya soalnya di maf sensor ada kabelnya yg ckp halus kalau sampai putus mau gax mau agan hrs ganti maf sensornya yg harganya lumayan mehong sktr 800 sampai 1,7 jt...semoga penjelasan saya bisa membantu dan calya agan bisa normal kembali sprti semula...skdr info jg utk maf sensor baik matic maupun manual di calya pakai smua dan sama aja
profile picture
miqz
kaskus maniac
@zaget1046 barusan copot dan bersihin throttle body nya aja dan kasus msh sama.. krn udh males bongkar2 nya lg jd skrng lg dicek di beres.. btw thanks sarannya gan.. mudah2an cuma kotor seperti yg dibilang agan hehe..

nanti saya update aja klo udh ketauan hasilnya
profile picture
@miqz okay agan miqz....smoga hanya maf sensornya aja stlh dibersihkan tdk lg naik turun rpmnya pd saat idle....kalau mmng sempat share ya gan hasilnya stlh dicek di beres👍
profile picture
@miqz btw mmng agan posisi dimana ya...
profile picture
miqz
kaskus maniac
@zaget1046 saya di kemayoran nh.. beres nya masukin yg di klp gading kebetulan pas lg di rmh ortu yg dkt sini..

mobil nya nginep emoticon-Frown di scan ama mekanik nya ada beberapa sensor yg nyala.. tadi masuk jam 1an jd ga keburu kayaknya..
profile picture
@miqz okay gan...ditunggu hasilnya aja dan sharing2 kesini barangkali bisa jd pegangan kalau suatu saat pemilik calya disini ada yg mengalami sprti yg agan alami...ya nambah2 ilmu oprek aja...
profile picture
miqz
kaskus maniac
@zaget1046 kmrn udh plng dr bengkel.. akhirnya ketemu penyebabnya emoticon-Frown

kecurigaan SA bengkel ada di ruang bakar.. dicek satu2 pas di filter bensin udh berlumpur, gara2 kualitas bensin krng baik (pake nya pertalite)






setelah diganti kondisi msh sama.. akhirnya ketemu penyebabnya yaitu gara2 busi nya udh hitam udh ga bagus



skrng kondisi udh normal lg
profile picture
@zaget1046 @miqz sudah diduga...
Soalnya memang kendalanya mesin pincang, dan digas normal... ya udah bagus deh kalo udah normal... 👍
profile picture
@miqz wooow....sampe sgtu parah ya cmn gara2 pake pertalite saya kira cmn maf sensornya yg dh kotor....dan kbtln calya saya dari awal pakai sll isi pertamax gan..jd sharing dr agan miqz jd masukan kita2 pemilik calya...trima kasih👍🙏
profile picture
naladhipa
kaskus addict
@zaget1046 @miqz
om, mau tanya kendaraan nya murni pake pertalit atau suka di campur pertamax / pertamax turbo ?
profile picture
miqz
kaskus maniac
iya om ga nyangka bngt dr businya.. walau sebenernya dr awal sampai 108rb km blm pernah ganti busi sama sekali sih..

@naladipha
murni pertalite aja.. dulu2 sekali rutin cuma pakai shell super dan emang bagus sh.. baru pas 4 bln terakhir ini pakai pertalite..
profile picture
naladhipa
kaskus addict
@miqz @naladipha
Oww... Kalau saya tadi nya sama om pake shell super, ini sudah 2 tahun pake pertalite sih belum ada keluhan, saya pindah BBM posisi udah sisa satu bar
profile picture
@miqz @naladhipa jujur aja agan miqz dari awal saya tdk prnh ganti2 BBM...ttp pake pertamax lagian mobil jg jarang jalan tp sejak ada corona jd kepakai trus tiap hari buat ngantor...btw agan pakai calya dh brapa lama n calya thn brapa ya..kalau saya calya thn 2017...
profile picture
miqz
kaskus maniac
@naladhipa @naladipha ya mngkn saya pas dpt spbu yg jelek...dulu2 jg ga masalah sh.. bru kali ini aja..

@zaget1046 saya jg dulu pake ron 92 nya shell.. cuma buat taxol tekor jg wkwk.. akhirnya turun pangkat ke pertalite.. saya pake sigra om.. nov 2017..kebayang kan 2 stngh tahun km udh mau msk 110rb
profile picture
naladhipa
kaskus addict
@miqz @naladipha @zaget1046
Kendala pake shell ini SPBU nya yang masih sedikit, kalau pake pertamax aneh nya tuh bensin serasa nguap. Ketika jalan keluar kota biasa saya isi nya v-power, tapi ketika di dalam kota pertalite jauh lebih hemat. Saya pake sigra dari juli 2017
profile picture
miqz
kaskus maniac
@naladhipa @naladipha @zaget1046

saya sh ga kuat harganya doang klo pake ron 92 wkwk.. secara buat taxol 2 hr sekali pasti isi.. dan isi full tank selisih dng pertalite hampir 50rb..

klo misalkan pake ron 92 sh mending shell ke mana2.. saya bandingin jg sama.. ga ada ngelitik sama sekali dan emang ga bikin mengendap kerak di ruang bakar.. shell jg bnyk promonya jd mending shell sh klo emang niat ke Ron 92
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 29 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di