CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Ilmu Filsafat Dibilang Haram, Dianggap Pintu Kekafiran dan Ateis, Benarkah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1eef7a0577a922674fd37f/viral-ilmu-filsafat-dibilang-haram-dianggap-pintu-kekafiran-dan-ateis-benarkah

Viral Ilmu Filsafat Dibilang Haram, Dianggap Pintu Kekafiran dan Ateis, Benarkah?



Di Indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwa Ilmu Filsafat secara umum masih dianggap asing--jika bukan momok yang harus dihindari. Bahkan tidak sedikit orang yang tidak paham tentang filsafat, menganggap induk segala ilmu itu sebagai ilmu yang bertolak belakang dengan agama.

Dari asumsi naif dan pseudo-sains tersebut, tidak sedikit pula orang yang berpikir bahwa belajar filsafat akan membuat seseorang menjadi ateis--atau kafir dalam istilah agama-agama Abrahamik. Dan celakanya, anggapan tersebut masih bertahan sampai sekarang. 

Baru-baru ini viral di Twitter meme kartun yang mengatakan bahwa Ilmu Filsafat itu haram. Mirisnya, meme itu mengutip pernyataan Imam Asy-Syaafi'i, dengan menafsirkannya secara serampangan.



Pada meme itu tertulis, "Hukum Filsafat adalah haram dan ia pintu kekafiran. Tidak ada dalam filsafat kecuali kebodohan.  Imam Asy-Syaafi'i berkata: Tidak ada sesuatu yang lebih aku benci daripada ilmu filsafat dan ahli filsafat. 

Meme itu pun membuat banyak netizen yang paham filsafat mengecam dan menyayangkan anggapan dalam meme tersebut.

Lagi rame tentang postingan "Haramnya Ilmu Filsafat" nih.

Mimin bakal ngejawab secara kontekstual pernyataan "Tidak ada dalam Filsafat kecuali kebodohan, pemutaran kata, dan kebingungan, dan sebuah pembahasan bertele-tele tanpa penyelesaian."



- a thread! pic.twitter.com/w2mli7x1ZB
— Logos ID (@logos_id) July 26, 2020

"Salah besar. Zaman keemasan Islam, era Abbasiyah, umat Islam punya byk filsuf: Alfarabi, Arrazi, AlGhazali dll. Filsafat itu melawan dogmatisme. Khususnya dogmatisme agama. Melawan cara berfikir agama halal-haram, hitam-putih. Cara berfikir fiqh yg kaku," tulis akun @shidiqtoha.

"Memangnya klo Imam Asy-Syaafi'i membenci sesuatu, lantas sesuatu itu menjadi haram? Memangnya dia Allah? Berikan saja satu dalil naqli yg mengharamkan Filsafat apabila memang kalian berkata benar," tulis akun @mqahnaf.

"Penerjemahan di meme ini tidak tepat, keluar konteks, dan bisa berimplikasi pada pengharaman ilmu yang tidak bisa dihindari untuk dipelajari. Redaksi asli dari as-Syafi'i tidak memakai kata "filsafat", tapi "kalam"," tulis peneliti UGM, Aziz Anwar Fachrudin.

Musyrikin



Masha Allah

emoticon-Inggris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 19 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
Daftar nama apa tuh bre.. ? Banyak bener bre..
profile picture
abahsange69
kaskus holic
[MENTION]justice league[/MENTION] daftar nama buzzer dan id yang doyan SARA... si jin goa hiro ini juga sama beda nya dia ngehina Islam....

Buat ts emoticon-Tai emoticon-Tai
profile picture
soljin7
kaskus maniac
ngaku nya ugamah damei tapi semua nya di musuhi wkwkwkwkwkk ngibul nya kelewatan guoblog
profile picture
@abahsange69
List kadrun detected ya bre...?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di