CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pada Setuju Gak Kalau Harga Rokok Jadi Rp 100 Ribu per Bungkus?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1e79be68cc954328591bd1/pada-setuju-gak-kalau-harga-rokok-jadi-rp-100-ribu-per-bungkus

Pada Setuju Gak Kalau Harga Rokok Jadi Rp 100 Ribu per Bungkus?



Sekitar satu minggu sebelum thread ini gw buat, Menteri Sosial Juliari P. Batubara sempat mengeluarkan usulan yang mungkin akan sangat menarik untuk dibahas di KASKUS. Usulan tersebut adalah tentang menaikkan harga rokok agar tidak mudah diakses oleh anak dibawah umur. Juliari berpendapat kalau harga satu bungkus rokok kalau bisa minimal 100 ribu rupiah. Dengan harga semahal itu, ia beranggapan negara juga bisa mendapatkan cukai yang lumayan. Begitulah usulannya Gan.

Tentunya ada alasan yang mendasari usulan Juliari tersebut. Pernyataan dirinya mengenai kenaikan harga rokok dimaksudkan untuk menyelamatkan generasi masa depan Indonesia. Ditambah pula terkait fenomena masih banyaknya perokok yang masih di usia muda, bahkan dibawah umur 18 tahun.

Atas dasar hal-hal itulah, makanya Juliari menyarankan akses pembelian rokok harus dipersulit.



Tapi, lo juga pasti tahulah usulan seperti itu bakalan termentahkan dengan satu kalimat pamungkas yang berbunyi “Nanti bagaimana nasib petani tembakau?”.

Soal hal itu, Juliari sadar kalau dampak usulannya bakal dapetin protes dari petani tembakau. Tanggapan dia sih, katanya kebanyakan produksi rokok juga sekarang ini udah pakainya tembakau impor. Nah, terus Juliari nyaranin kalau sebaiknya petani tembakau ganti jenis taneman yang dipanen.

Tujuan pemerintah tuh katanya sih jangka panjang. Juliari pengen masa depan bangsa itu gak terjerumus pada gerbang narkoba. Dia juga mengingatkan kalau pengenalan narkoba itu ya dari rokok. Katanye abis rokok, nanti lama-lama nyobain ganja terus sabu. Kalau udah kena narkoba, kelar dah. Jadi hal positifnya tuh, Juliari cukup visionerlah memandang kesehatan masa depan bangsa.



Tapi, kalau gw riset dikit-dikit, rokok gak melulu merusak kesehatan aja sih. Ada riset yang nunjukin sebuah temuan yang menyatakan kalau nikotin di dalam tembakau bisa ngebantu prokok untuk mencegah kemunduran tulang rawan dan sambungan sendi. Makanya penelitian yang dilakukan oleh University of Adelaide di Australia ini menyebut kalau pria perokok risikonya untuk menjalani operasi penggantian sendi itu cukup kecil.

Gak cuma itu doang, hasil riset yang diterbirkan ke dalam Journal Neurology pada Maret 2010 juga menyebut kalau perokok yang sudah lama merokok, gak tahu gimana caranya, terlindung dari penyakit Parkinson. Peneliti Harvard pada Maret tahun 2007 juga bilang kalau orang yang berhenti menjadi perokok, akan membuat efek perlindungan terhadap Parkinson jadi berkurang. Alasannya? Belum tahu Gan. Peneliti juga masih bingung menemukan jawaban ilmiahnya.

Ada juga riset yang bilang kalau merokok dapat membantu clopidogrel melakukan tugasnya dengan lebih optimal. Clopidogrel itu adalah obat yang fungsinya mencegah pengentalan darah untuk pasien yang menderita penyakit jantung koroner dan penyakit sirkulasi darah lainnya. Katanya sih ada sesuatu yang ada di rokok yang dapat mengaktifkan protein tertentu yang dikenal dengan nama cytochromes, habis itu bisa mengubah clopidogrel jadi lebih aktif. Tapi ya sekali lagi, ini gak menjadi anjuran juga ya buat orang yang menderita penyakit jantung koroner dan sirkulasi darah lainnya. Gak seorang pun dokter juga mau nganjurin pasien buat ngerokok agar sembuh.



Rokok memang selalu menimbulkan pro dan kontra yang gak ada habisnya. Kalau gw secara pribadi sih beranggapan orang bisa sebebas apapun melakukan hal yang dia mau. Tentunya dengan syarat gak boleh ngerugiin orang lain. Jadi, kalau pun lo masih mau ngerokok, ya tolong perhatikan lingkungan lo agar gak terpapar asap rokok yang sedang dikonsumsi. Kemudian jangan ngerokok dihadapan anak yang masih dibawah umur. Sebagai orang dewasa seharusnya udah bisa sih kasih contoh yang baik ke generasi dibawah kita.

Dan, lo yang gak merokok dan gak menginginkan anak lo merokok, alangkah lebih baik kasih pendekatan yang bagus agar anak lo sadar tentang bahaya mengonsumsi rokok. Selain itu, lo yang gak merokok juga berhak untuk menegur orang yang mempapari lo asap rokok.



Nah, kalau peran pemerintah? Salah satunya adalah menaikkan cukai rokok dong sebagai senjata preventif mengurangi konsumen rokok.

Jadi setelah gw menjabarkan tentang beberapa sisi negatif dan positif dari rokok. Lo pada setuju gak nih dengan usulan Menteri Sosial Juliari yang beranggapan harga rokok minimal 100 ribu rupiah?

Coba kasih jawaban yang berkualitas. Gw pengen tahu deh, hehe..

emoticon-Angkat Beer


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 51 lainnya memberi reputasi
ngelarang anak2 tanggung skrg ini utk gak ngerokok susah benar... yg cewek aja makin byk dan berani ngerokok di depan umum.. kalo rokok mahal begitu, bakal doyan nyolong gak yaaa..
profile-picture
murayh0 memberi reputasi
profile picture
xiaoxiao20
kaskus addict
Ga mahal aja ada yg jdi kriminal gan, malakin temennya buat beli rokok sama kuota
profile picture
Rokok jangan di keteng satuan......susah di indo rokok di keteng bray
profile picture
kampret.strez
kaskus addict
jangan jadi kayak sabu. harganya mahal malah pecandunya jadi nyolong.
profile picture
raliakbarrr
kaskus maniac
ini karena yang punya warung rata2 bersikap bodo amat sama bocil2 yang beli rokok ketengan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di