CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dikecam AS, Prabowo Tetap Borong 11 Jet Tempur Buatan Rusia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1e50230577a90b150018ff/dikecam-as-prabowo-tetap-borong-11-jet-tempur-buatan-rusia

Dikecam AS, Prabowo Tetap Borong 11 Jet Tempur Buatan Rusia

Duta Besar Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi memastikan Indonesia masih berkomitmen terkait kesepakatan kontrak pembelian 11 unit pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia. Nilai kontrak yang sudah diteken Kementerian Pertahanan pada 2018 ini mencapai Rp 1,14 miliar.

"Status kesepakatan masih berlangsung," kata Mohamad Wahid Supriyadi, dalam pernyataannya, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (26/7/2020).

Supriyadi mengatakan, bahwa sebagai negara merdeka, Indonesia memiliki hak untuk membeli peralatan pertahanan dari siapa pun di tengah kecaman dari Amerika Serikat."Kami memahami ada kekhawatiran dari negara tertentu, tetapi kami adalah negara merdeka. Kami memiliki peralatan militer yang dibeli dari banyak negara. Kami bisa mendapatkannya dari AS, dari Eropa, tetapi juga dari Rusia. Terserah kepada kami untuk memutuskan, " ujarnya lagi.

Menurut kesepakatan, dari perjanjian senilai lebih dari Rp 14 triliun tersebut, Rusia akan mengirimkan 11 pesawat Su-35 ke Indonesia.
Baca: Ada Masalah Penting, Prabowo Mau Beli Eurofighter

Tidak hanya itu, Kementerian Pertahanan Indonesia saat ini sedang mempertimbangkan kemungkinan pembelian tambahan helikopter militer Mi-17 buatan Rusia.

Sinyal kedekatan dengan Kremlin sudah tercium saat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi Moskwa untuk Parade Kemenangan yang diadakan pada 24 Juni, untuk memperingati kemenangan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Selama kunjungannya, Subianto mengadakan pembicaraan dengan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Kolonel Alexander Fomin, dengan kedua pihak membahas potensi pasukan Indonesia untuk menerima pelatihan di Rusia.
Baca: Jadi Beli Eurofighter Typhoon atau Sukhoi Su-35, Pak Prabowo?

https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...r-buatan-rusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caahmajenang dan 40 lainnya memberi reputasi
Berita beli SU-35 dari tahun 2017 - 2018an udh naik tpi smpe skrg masih "akan" + "segera" mulu. Kalo Pemerintah emg YOLO tabrak aja CAATSA amerika, paling F-16 sama NASAMS kita lumpuh krn gak ada pasokan onderdil sm misilnya krn kena embargo. Yg penting segera dilakukanlah dealnya serah mau sm mana krn pertahanan udara + laut harus diprioritaskan utk waktu2 dekat ini. Asal jgn beli yg bekas2, blm dipake perang udh rontok duluan ntr.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
pulaukapok
kaskus addict
Lagi an kl beli dr usa ada MoU nya ndak boleh ngebom separatis GAM, OPM dan plng nyesel ndak boleh buat bantuin tni pas timor timur....


Sok tanya, eks paskhas yg sudah pensiun pasti pada mangkel.
profile picture
dogmagila
kaskus addict
@pulaukapok taeknya amrik emg itu, makanya gampangnya ngeliat pemberontak dari pihak siapa ya diliat dari senjatanya buatan mana emoticon-Ngakak
profile picture
Karena beli senjaga AS ada string attached. Elu ngak bisa pake tanpa seizin mereka. Memang enak punya senjata canggih cuma buat pajangan di hangar saja?

Sekarang saya kasih 2 pilihan. Bila elu beli pistol, mana yang elu pilih. Pistol 0.38 era Cowboy yang setiap saat bisa elu pake buat nembak orang. Atau pistol Glock 17 yang cuma bisa elu pantengin / buat pajangan saja ? Pistol revolver 0.38 era cowboy jelas jauh lebih jelek dari Glock 17. Tapi kalo bisa dipakai kapan saja, kegunaannya jauh lebih besar dari pistol canggih macam Glock-17 yang cuma bisa kita pantengin seperti dekorasi.

nah, masalahnya sama. senjata yang kita beli dari Russia bisa dipakai kapan saja, untuk menghadapi siapa saja. Karena letak Rusia jauh, sehingga konflik dengan mereka mendekati mustahil (untuk saat ini). Kita punya Flanker dan R-77 bisa dipakai kapan saja, karena no string attached.

Sedangkan senjata yang kita beli dari AS, banyak string attached nya. Bisa saja F-16 canggih. Tapi misilnya masih ditahan di AS (walau kita sudah bayar). Jadi yang kita punya sebenarnya cuma pesawat kopongan tanpa senjata.Lah terus, F-16 nya mau dipake buat kamikaze?
profile picture
aqua.illusion
kaskus addict
@terranova345
Bangke juga Amerika ya Gan
profile picture
albertus014
aktivis kaskus
@terranova345 yoi, krn indo ni bkn sekutu dkt kena klausul aneh2 cem itu. Ya kalo kena embargo F-16 kita cuma jadi besi terbang doang , malah kalau embargo lama gak bisa terbang samsek. Emg produk A.S. bagus, tpi kalo gak bisa buat ngebom musuh gak guna lah emoticon-Frown . Secara politik, negara operator senjata barat bakal lebih gampang disetir oleh produsennya ya krn klausul2 yg ngikat itu.
profile picture
Mending beli ma rusia aja, yang paling bener mah bikin sendiri kaya jepang.
profile picture
kucingnyapakrt
kaskus maniac
@terranova345 kita punya setidaknya puluhan f-16 dan 8 heli apache yang bakal mangkrak klo sampe mamarika jatuhin sanksi embargo karena kita beli su-35.

itu makanya proses pembelian ini makan waktu. karena musti jaga hubungan sama mamarika juga.

kita punya proyek pesawat tempur kfx/ifx sama korsel. tapi klo bbrp teknologinya ngambil lisensi dari mamarika ya repot. kita ga bisa produksi sendiri suku cadangnya. apalagi jual produk ke negara tetangga.
profile picture
Beli aja diem2x tiba tiba datang. Salah pemerintah kenapa banyakan pesawat amrik yg diborong.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 8 dari 8 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di