CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ceramahnya Dipersoalkan, Tengku Zulkarnain Bikin Kicauan Begini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1d6e4f09b5ca2cac14bf67/ceramahnya-dipersoalkan-tengku-zulkarnain-bikin-kicauan-begini

Ceramahnya Dipersoalkan, Tengku Zulkarnain Bikin Kicauan Begini



AKURAT.CO, Ceramah Wakil Sekretaris Jenderal MUI Ustaz Tengku Zulkarnain tentang perbedaan gaya bahasa dakwah ustaz asal Jawa dan Sumatera menjadi perbincangan di media sosial. Beberapa pihak menilai ceramah Tengku berpotensi menyulut persatuan antar etnis.

Di tengah perbincangan itu, Tengku membuat sebuah kicauan lewat akun Twitternya @ustadtengkuzul yang seolah-olah menepis tudingan tersebut. Begini kicauannya.

"Bhinneka Tunggal Ika itu artinya berbeda-beda tapi tetap satu (dalam wadah NKRI). Kalau semua mesti SAMA namanya Ika Tunggal Ika bukan Bhinneka Tunggal Ika," katanya, Sabtu (25/7/2020).

Sebelumnya, Pengacara Muannas Alaidid menilai ceramah Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Ustaz Tengku Zulkarnain berpotensi membangun kebencian antar etnis.

Dalam ceramahnya, Uztaz Tengku mengatakan bahwa gaya ceramah ustaz asal Jawa dan Sumatera berbeda. Kata dia, ustaz asal Jawa cenderung menyampaikan dakwah secara halus dan sopan, sedangkan ustaz asal Sumatera menggunakan gaya bahasa yang keras.
"Saya yakin tak ada yang minta @ustadtengkuzul. untuk ceramah dengan gaya suku tertentu, jangan karena tidak suka dengan presiden, Anda pidato & melontarkan kata-kata di umum yang membangun kebencian & rasa benci pada orang dengan sentimen etnis, Anda bisa dituntut dengan UU 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras/etnis," kicau Muannas menggunakan akun Twitter @muannas_alaidid dilihat AKURAT.CO, Sabtu (25/7/2020).

Selain itu, Muannas menuturkan bahwa Tengku terindikasi melanggar Pasal 156 KUHP yang berbunyi; barang siapa di muka umum menyatakan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

"Indikasi pidana oleh @ustadtengkuzul tergambar dalam ceramah itu membangun rasa permusuhan antar etnis Jawa & Sumatra sebagaimana UU No. 40/2008 & Pasal 156 KUHP, ini bukan delik aduan bisa diproses tanpa laporan. Kita lihat perkembangan kalau tidak, terpaksa harus ada pihak yang inisiatif buat laporan," kata Muannas.


https://m.akurat.co/id-1176631-read-...kicauan-begini

Bicara perbedaan tapi satu jua bukan berarti perbedaan itu jadi ajang bullian ente.
Ente itu penceramah agama dan harusnya bicarakan inti pengajaran agama bukan bicara menghina sesamamu.
Gimmick ente saat ceramah itu terlihat bahwa ente memperolok gaya ulama jawa dan juga memperolok tata krama orang jawa.
Saat gerakan ente seolah2 mencabut keris secara slow motion dan saat ente berbicara dengan pelan di depan publik terlihat gimmick ente mengolok dan ane rasa orang normal yg melihatnya pasti tau ente sedang memperolok kebiasaan suku lain.
Bukti konkritnya audience disana tertawa terbahak2 dan ente seperti menikmati bukan menegur mereka
Kemudian ente bercerita bahwa seseorang yg mengikuti takbligh akbar di sumatera dengan ulama jawa sebagai penceramahnya ketika pulang dan di tanya apa isi ceramah tadi,seseorang itu hanya menjawab salam pembuka setiap ceramah dan tidak tau kelanjutannya karna sangking pelannya dan dia tertidur.
Ane sempat visit twitter ente dan ente menanyakan dimana menghinanya ketika gus sahal bertanya.
Prilaku ente sudah kelewat batas dan harusnya aparat sudah turun tangan.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 58 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Sebenarnya yang kasih gelar ustadz sama dia siapa siih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 22 lainnya memberi reputasi
profile picture
kily89
kaskus geek
Umat lah
profile picture
@kily89 umat yang mana?
profile picture
rizshad
kaskus addict
@sayaitusiapa @kily89 umat fanatiknya
profile picture
kily89
kaskus geek
@sayaitusiapa umat dia lah
profile picture
@kily89 njir...udah kayak nabi punya umat 😂😂
profile picture
rizshad
kaskus addict
@sayaitusiapa @kily89 dehhh, kalah nabi juga.

Umatnya lebih radikal inii
profile picture
Madthink
kaskus maniac
kalau Voldemort = dia yang namanya tak boleh disebut

kalau ayah naen= dia yg mengustadzkan dirinya sendiri
profile picture
basjoky
kaskuser
Mengustadzkan diri kayaknya
profile picture
uray24 
KASKUS Plus
Hadiah permen karet..ngumpulin huruf U - S - T - A - D pas dikumpulin ke pabrik malah huruf belakang ketuker di depan jadinya D - U - S - T - A
profile picture
uray24 
KASKUS Plus
@santosvanjones yoi..tapi pake D jadi Yo Sand ... biar bernuansa gurun
profile picture
kily89
kaskus geek
@basjoky kalau mengustadzkan diri sendiri harusnya pas dia ceramah ga ada yang dengerin karena dia ga di akui... Ini kan dia ada yang duduk anteng dengerin ceramah dia bahkan menjawab... Jadi umat nya ini juga menganggap dia itu ustad kok
profile picture
santosvanjones
kaskus addict
@uray24 sa ae ente gan emoticon-Leh Uga
profile picture
@santosvanjones @uray24 kenap gw jd ngakak gulingg2 bree
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile picture
rizshad
kaskus addict
@kily89 @basjoky rendahnya literasi masyarakay penyebabnya.

Masyarakat ga kritis, standar untuk jadi ustadz, asal pede dan bsa ngomong agama, udah dipercaya dpanggil ustadz
profile picture
asheng87
kaskus holic
@sayaitusiapa @kily89 umat yg tolok wkwkwkw
profile picture
capcayster
kaskus geek
@uray24 hahaha paling kreatif nih
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 17 dari 17 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di