Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Ngaku Rugi Puluhan Juta, Klien Jouska Teriak!
 Ngaku Rugi Puluhan Juta, Klien Jouska Teriak!

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan konsultan investasi dan penasihat keuangan PT Jouska Finansial Indonesia atau Jouska dipersoalkan salah satu kliennya. Jouska dinilai melakukan pengelolaan dana yang tidak sesuai dengan kesepakatan dengan klien sehingga menimbulkan kerugian.

Muhammad Abdurrahman Khalish, salah seorang klien Jouska, menyampaikan hal tersebut kepada CNBC Indonesia terkait masalah yang dialaminya.

"Saya kehilangan uang puluhan juta karena financial advisory yang serampangan dari Jouska," kata Khalish, saat berbincang dengan CNBC Indonesia melalui layanan pesan singkat, Senin (20/7/2020).

Khalish menceritakan, dirinya menjadi klien Jouska pada September 2018. Saat itu, ia mengambil jasa Manajemen Investasi Saham.

"Karena saya awam masalah investasi dan dunia financial planner atau sejenisnya, jadi saya mempercayakan saja semuanya kepada Jouska," tulis Khalish atau yang biasa disapa Kholis.

Khalish menyampaikan bukti perjanjian, berupa Perjanjian Kerja dengan nomor 0360/0675/7006/IX/2018, tertanggal 21 September 2018 dan berakhir pada 20 September 2019. Dalam kontrak tersebut disebutkan poin-poin yang disepakati terkait hak dan kewajiban antar kedua belah pihak.

Selanjutnya, Khalish membuka Rekening Dana Nasabah (RDI) di perusahaan efek PT Philips Sekuritas lewat Jouska dan mendapatkan aplikasi online trading POEMS. Lalu Khalish menempatkan dana pada RDI yang sudah dibuat tersebut.

Kejanggalan mulai muncul, cerita Khalish, karena pihak Jouska bisa melakukan transaksi. "Saya tidak memberikan login, tetapi Jouska mampu melakukan transaksi jual & beli di akun tersebut," kata Khalish.

Lalu, Khalish meminta pihak Jouska untuk berinvestasi pada saham-saham syariah saja. Dalam kurun waktu satu tahun tersebut, Jouska membeli saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan beberapa saham lainnya.

"Karena saya mintanya 'syariah', maka saya minta saham bank dijual. Saham tersebut dijual namun di kemudian hari kembali dibelikan (saham) bank. Jouska juga membelikan (saham) emiten yang baru IPO, yaitu LUCK (PT Sentral Mitra Informatika Tbk)," cerita Khalish.

Pada 10 Agustus 2019, Khalish mendapati saham LUCK masuk dalam daftar unusual market activity (UMA) Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham masuk UMA biasanya pergerakan naik turunnya tidak wajar.

Saran dari Jouska, akan keluar pelan-pelan dari saham tersebut. Pada tanggal 13 September 2019, Kholish meminta saham LUCK dijual.

"Jouska tidak menjual dengan berbagai alasan, bahkan setelah saya datang langsung ke kantornya (20/09/2019 ) untuk meminta emiten tersebut dijual," tutur Kholish.

Kholish mengalami kerugian cukup besar pada saham ini, karena harga pembelian tercatat pada harga Rp 1.965, yang dibeli pada 12 Juli 2019..

Portofolio saya sekarang minus lebih dari 50%. Setelah kejadian ini barulah saya mengumpulkan bukti-bukti terkait, berikut pelanggaran perjanjian & etika dan kejanggalan yang Jouska lakukan.

"Total dana saya yang masuk ada RP 91,5 juta, sekarang tinggal Rp 30 jutaan," ujar Kholish.

Menurut Kholish, dirinya bukan satu-satunya klien Jouska yang mengalami hal serupa. Ada klien lainnya yang mengalami hal ini.

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, saham LUCK yang dipersoalkan di sini telah anjlok 83,38% dalam setahun terakhir. Saham LUCK sempat menyentuh level Rp 2.000-an pada Juli 2019, namun hari ini harganya tinggal Rp 324.

Uniknya, LUCK tercatat melantai di BEI pada akhir 2018 dengan bantuan Philip Sekuritas Indonesia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek alias underwriter.

CNBC Indonesia mencoba mengkonfirmasi hal ini kepada CEO Jouska Aakar Abyasa Fidzuno melalui sambungan telepon dan pesan interaktif. Namun, Aakar tidak menjawab permintaan konfirmasi dari CNBC Indonesia.

link


Portofolio saya sekarang minus lebih dari 50%. Setelah kejadian ini barulah saya mengumpulkan bukti-bukti terkait, berikut pelanggaran perjanjian & etika dan kejanggalan yang Jouska lakukan.

"Total dana saya yang masuk ada RP 91,5 juta, sekarang tinggal Rp 30 jutaan," ujar Kholish.
edv039
gigbuupz
nomorelies
nomorelies dan 17 lainnya memberi reputasi
14
12K
176
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
idoluckAvatar border
idoluck
#98
Turut prihatin utk pihak2 yg merasa dirugikan dgn case L*CK, pengalaman ane ama j**sk* yaitu ikutan konsultasi ttg asuransi jiwa, bayar paket konsultasi utk 2 org nilai 3jt, setelah konsultasi 60mnt, kmudian ane ambil asji man*life yg jadi salah satu opsi asji yg disarankan, koordinasi dgn tim backend j**sk* utk administratif registrasi asji man*life, setelah administratif selesai, tiba2 dpt chat WA dr agen man*life yg ditunjuk oleh j**sk*, yg intinya meminta ane utk berkata 1. Sudah bertemu agen, 2. Sdh dijelaskan terkait polis & dst.., ane bales chatnya, meminta telp utk ngejelasin dan agennya bilang bsk seharian agenda dia full jd tdk bisa telp, dan dijanjikan lusa, dan dominan gw yg aktif bertanya progress polis gw, disitu ane merasa.. kesian amat jd pemegang polis, apa premi polis gw yg receh 2 digit kecil sih memang, stelah itu ane liat2 ig founder j**sk*, disitu ada postingan & tag nama yg sama persis dgn nama agen man*life ane keliatan hepi2 aja & tdk terlihat sibuk utk meluangkan waktu mungkin 2menit aja nelpon ane sbg nasabah, yg ane pikirin skrg apakah stiap yg konsultasi asji di j**sk* dan ambil asji yg disarankan tdk pernah bertemu dgn agen asuransinya, pdhl salah satu syarat saat ditelpon verifikasi oleh call centre asuransi yaitu "apakah bpk sdh bertemu & dijelaskan oleh agen asuransi kami", nah ini yg masih jd ganjelan dlm hati ane..bisa jadi its another fraud dr cara registrasi via j**sk* , yg mungkin paham boleh diskusi ya.. biar ane bs lebih clear, krn s.d saat ini ane jg masih nunggu lembar adendum polis utk perbaikan alamat, & data yg salah di polis yg ane terima..
sheila257
sheila257 memberi reputasi
1
Tutup