CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pernyataan soal Foto Jenazah Covid-19 Dianggap Kontroversial, Anji Dikecam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f14f90988b3cb563b38d4f6/pernyataan-soal-foto-jenazah-covid-19-dianggap-kontroversial-anji-dikecam

Pernyataan soal Foto Jenazah Covid-19 Dianggap Kontroversial, Anji Dikecam



Suara.com - Musisi Erdian Aji Prihartanto atau dikenal dengan nama Anji mendapat kecaman setelah mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait foto jenazah pasien covid-19 karya fotografer Joshua Irwandi.

Kecaman tersebut datang dari Pewarta Foto Indonesia (PFI). Melalui postingan pada Minggu (19/7/2020), PFI mengunggah surat pernyataan yang ditujukan kepada Anji Manji.

"Organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) mengecam keras dan serius terhadap pernyataan Erdian Aji Prihartanto atau yang lebih dikenal sebagai Anji," begitu yang tertulis di surat tersebut.


PFI, melalui surat tersebut, mengaku keberatan dengan pernyataan Anji yang membuat opini penghakiman sepihak. Anji berkata seolah-olah foto milik Joshua Irwandi adalah rekayasa dan hasil karya dari seorang buzzer, bukan jurnalis.

Surat yang ditandatangani oleh Ketua PFI Pusat Reno Esnir ini menjelaskan bahwa sang fotografer telah mematuhi kode etik jurnalistik, prosedur perijinan, dan mengikuti segala macam protokol kesehatan yang diwajibkan oleh pihak rumah sakit.

PFI pun mengingatkan Kerja Jurnalistik dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Melalui surat tertanggal 19 Juli 2020 ini, PFI meminta Anji menghapus postingan terkait foto jenazah Covid-19 tersebut. Mereka juga berharap agar Anji mengeluarkan permintaan maaf secara terbuka atas pernyataannya.

Anji juga didesak agar meluruskan kejadian sebenarnya terkait prosesi pengambilan foto viral karya Joshua Irwandi tersebut.

Musisi yang melantunkan lagu "Dia" ini lantas menulis komentar di postingan PFI tersebut. Ia mengaku hadir dalam diskusi yang membedah foto tersebut.

"Tadi saya hadir dalam bedah foto online, membahas foto tersebut. Ada Joshua Irwandi juga. Hasilnya akan saya post besok," tulis Anji.

Untuk diketahui, Anji dianggap mengeluarkan pernyataan kontroversial setelah mengomentari foto jenazah pasien Covid-19 karya fotografer Joshua Irwandi.

Bagi Anji, ada beberapa kejanggalan dari foto tersebut, salah satunya karena foto tersebut diunggah oleh akun-akun besar dalam waktu yang berdekatan.

"Tiba-tiba secara berbarengan foto ini diunggah oleh banyak akun-akun berfollower besar dengan caption seragam. Sebagai orang yang familiar dengan dunia digital, buat saya ini sangat tertata. Seperti ada KOL (Key Opinion Leader) lalu banyak akun berpengaruh menyebarkannya. Polanya mirip. Anak agency atau influencer/buzzer pasti mengerti," tulis @duniamanji.


Tak hanya itu, ia pun mempertanyakan bagaimana bisa seorang fotografer memperoleh akses masuk ke dalam ruangan tersebut sementara keluarga pasien Covid-19 pada umumnya bahkan tak diperbolehkan masuk.

"Dalam kasus kematian (yang katanya) korban cvd, keluarga saja tidak boleh menemui. Ini seorang fotografer, malah boleh. Kalau kamu merasa ini tidak aneh, artinya mungkin saya yang aneh," ujar Anji.

https://www.suara.com/news/2020/07/2...l-anji-dikecam

Sekarang ini kalo kagak setan pasti buzzers yg jadi kambing hitamemoticon-Ngakak

Makanya komentar itu sesuai kapasitas anda.
Akhirnya malah jadi masalah karna merasa sok kritis.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 22 lainnya memberi reputasi
gue masih dan akan selalu ingat dengan kelompok mereka dan pasti tidak pernah subcribe atau pun nonton suapay viewer yang merkea dapatkan tercapai.

masih inget ane dengan kasus zero gravity hingga seorang kapten pilotpesawat yang memiliki background teknis dan sudah pasti tahu dan klik bener mana yang orang publik umum boleh dan bisa lewati mana yang tidak

seolah dan juga dengan fakta teknis yang ada, mereka bisa pengaruhi sebuah lembaga hanya dengan skill mereka yang jauh dikata tentang aviasi dan flight, mereka bisa dengan mudah menutup pintu rejeki seseorang hanya karena hasut mereka bilang itu sangat berbahaya ketika diatas terlebih bila nanti eksesnya sampai kecelakaan d ground karena gravity.

salut dengan jalan logika dan jalan kelompok mereka

maaf saya hanya bisa menyebut kenapa "kekuatan" yang mereka cipta bukan untuk membuat orang disekitar mereka memiliki logika yang sama maju dan mengolah kehidupan yang lebih baik diantara sesama

Semoga semua makhluk hidup berbahagia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yurikaede dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
amdfreak
kaskus maniac
Pusing ane baca tulisan ente bre emoticon-Wakaka
profile picture
Pakai google translate
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di