CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kenapa Motor MotoGP Tak Punya Starter Elektrik Seperti Motor Bebek atau Matik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0e7e9b68cc953a5701a423/kenapa-motor-motogp-tak-punya-starter-elektrik-seperti-motor-bebek-atau-matik

Kenapa Motor MotoGP Tak Punya Starter Elektrik Seperti Motor Bebek atau Matik?





Sering kita lihat motor MotoGP didorong lebih dulu untuk bisa menyalakan mesinnya. Kenapa harus repot-repot mendorong? Kenapa tidak pakai starter elektrik saja?

Ketiadaan starter elektrik internal pada motor-motor MotoGP sering kali jadi merepotkan. Lihat saja kalau Valentino Rossi atau Marc Marquez terjatuh di tengah race. Setelah bersusah payah menegakkan kembali motor yang berat itu, mereka harus minta bantuan steward untuk mendorong tunggangannya.


Itupun tidak selalu langsung berhasil menghidupkan mesin. Kadang butuh beberapa dorongan sebelum mesin bisa kembali meraung dan mereka melanjutkan balapan.


Lalu, kenapa motor MotoGP tidak pakai starter elektrik atau kick starter?


Lalu, kenapa motor MotoGP tidak pakai starter elektrik atau kick starter?

Alasan utamanya adalah untuk mengurangi berat. Makin ringan motor, setiap tim jadi bisa memaksimalkan komposisi rasio bobot dan power. Selain itu, motor ringan juga makin menguntungkan saat pengereman, lantaran bobot adalah faktor dalam momentum.

Sekarang Otolovers mungkin mulai berpikir: memangnya berapa berat komponen starter elektrik?

Mari kita asumsikan memasang starter elektrik Yamaha R1 pada motor MotoGP. Berat komponen starter elektrik milik Yamaha R1 adalah sekitar 2,26 kg. Itu belum semuanya karena masih membutuhkan casing ekstra pada mesin dan gear.


Jika ditotal, beratnya bisa mencapai 3,17 kg. Tapi ada satu hal lagi yang terlupakan. Betul..., baterai atau aki. Itu saja bisa menambah berat sampai 3,5 kg. Sementara kalau memakai baterai lithium ion bobotnya tetap nambah 0,6 kg.

Nah, artinya penambahan komponen starter elektrik bisa membuat motor dapat tambahan berat sampai 4 kg. Itu angka yang besar jika memperhitungkan 0,1 detik saja menjadi waktu yang sangat berharga dan menentukan pemenang dan pecundang.


Bagaimana Motor MotoGP Dihidupkan?


Seperti sudah disebut di atas, salah satunya adalah dengan cara di dorong. Saat masih berada di paddock, rider akan dapat bantuan dari krunya untuk mendorong motor.

Ketika motor melaju karena dorongan, pebalap akan masuk ke gigi 1 dan menekan kopling. Setelah itu tuas kopling dilepas hingga mesin motor menyala.

Cara kedua adalah menggunakan roller starter. Roda belakang motor dinaikkan ke atas roller starter dalam keadaan masuk gigi dan kopling ditekan. Saat roller starter hidup dan menggerakkan roda belakang, kopling dibuka supaya mesin motor menyala.


Ada juga yang memakai crankshaft starter, yang dipelopori oleh Ducati. Ini cara yang paling sederhana karena mesin starter-nya tinggal ditempelkan ke crankshaft motor MotoGP dan mesin akan menyala. Demikian dikutip dari Twomotion.

Video Menghidupkan Mesin Motor Gp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh SenaP99
klo pakai tali kyk mesin parut kelapa bisa ga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SenaP99 dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
skywest
kaskus addict
Kurang momentumnya
Itu starter dindorong juga memanfaatkan berat motor sebagai momentum utk start mesin
profile picture
ane jd ngebayangin gan gimana pas mogok d arena trus nyelanya pake tali...wkwkwkwkwkkkkk
profile picture
babaysan
kaskus holic
@oriorio19 ke overlap 2x gan
profile picture
Itu motor sport gan fokus pd speed
profile picture
bengukrawe
kaskus addict
Jiahh.. Kagak ada standar utama juga kali gan emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 5 dari 5 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di