CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Sudah Sarjana Tapi Menganggur, Masihkah Kuliah Jadi Kebanggaan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0cfecbdbf764659a6c2189/sudah-sarjana-tapi-menganggur-masihkah-kuliah-jadi-kebanggaan

Sudah Sarjana Tapi Menganggur, Masihkah Kuliah Jadi Kebanggaan?

Menjalani kuliah adalah sebuah idaman bagi setiap orang yang masih menempuh dunia pendidikan sekolah. Selesai masa putih abu-abu tak semua orang ingin langsung terjun ke dunia kerja dan memilih melanjutkan studinya dengan menjalani perkuliahan. Di masa kini perkuliahan bukanlah sesuatu yang asing lagi karena setiap orang yang lulus sekolah pada umumnya melanjutkan kuliah meskipun kadang ada yang menjalani kuliah diselingi dengan kerja.

Credit : liputan6.com

Tak dapat dipungkiri bahwa pendidikan dibutuhkan sekali, tak hanya soal tentang ilmu belaka namun juga menjadi syarat dalam dunia kerja yang tak bisa terpisahkan. Tak jarang suatu pekerjaan butuh orang yang memiliki pendidikan S1 di masa kini yang membuat banyak orang mau tak mau harus menjalani kuliah meskipun sudah tak muda lagi. Pendidikan hingga tingkatan SMA kini tidaklah cukup karena sekarang sudah zamannya dunia kuliah minimal hingga selesai studi S1.

Menjalani kuliah menjadi kebanggaan bagi sebagian orang, meskipun banyak suka dan dukanya serta lelah karena banyak tugasnya namun hal ini menjadi sebuah tujuan bagi banyak orang, tentunya banyak sekali cerita yang ada dari awal kuliah hingga akhir kuliah terutama saat menyusun tugas akhir. Saat kuliah sudah selesai tentunya kita akan di wisuda dan menjadi sarjana. Banyak hal yang mungkin terpikirkan sebelum lulus, namun dalam realitanya ada yang sudah lulus menjadi sarjana namun malah menganggur, hal seperti ini kadang ditemukan dalam kehidupan di sekitar kita.

Sudah sarjana tapi menganggur, masihkah kuliah menjadi kebanggaan? Tentunya kuliah masih bisa jadi kebanggaan meskipun hanya sekilas semata. Kuliah bisa jadi kebanggaan namun tak selamanya jadi kebanggaan, hal ini karena kuliah adalah proses pembelajaran untuk bisa menjadi lebih tahu dan menjadi lebih paham sebelum masuk dunia kerja. Dibandingkan dengan mereka yang tak kuliah tentunya mereka yang kuliah bisa lebih tahu banyak hal di bidangnya.

Kuliah bisa jadi kebanggaan, tapi banyak yang tak kuliah tapi bisa sukses. Lagi-lagi soal mental berbicara, untuk itulah bagi setiap orang yang kuliah jangan sampai terlena tanpa perencanaan yang pasti setelah kuliah. Menganggur setelah menjadi sarjana bisa jadi karena kekurang siapan diri menghadapi dunia kerja sesungguhnya. Keterbuaian dengan kenyamanan selama kuliah seringkali melupakan setiap mereka yang menjalani kuliah.

Credit : republika.co.id

Kuliah bisa jadi kebanggaan, akan tetapi jangan sampai terlena karenanya. Persiapkan diri sebelum lulus kuliah agar setelah lulus kuliah dan menjadi sarjana bisa langsung bekerja dan tak menganggur, jikapun tak bekerja bisa fokus pada bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan yang minimal bisa menghidupi kehidupan sendiri. Jangan terlalu membanggakan kuliah, anggaplah semua itu proses pembelajaran demi sebuah bekal untuk terjun di dunia kerja. Demikian paparan tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images


profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrifzn dan 22 lainnya memberi reputasi
Keterbuaian dengan kenyamanan selama kuliah setuju sih...
Kdg2 salah logika gara2 salah satu mantan mentalist mengatakan sekolah ga penting..banyak lulusan yg jd pengangguran.. Tp coba logika nya dibalik... Itu org2 yg lulus kuliah jd pengangguran trus klo ga kuliah idup nya mau jd apa??
Ok ada bbrp org yg ga kuliah trus jd sukses... Tp bandingin sama org yg tidak kuliah dan menjadi tidak sukses.. Banyakan mana? Trus bandingin lagi sama org2 yg kuliah dan menjadi sukses.. Itu banyakan mana?
Menurut gue kuliah penting seengganya dalam logika berfikir, koneksi, sosialiasi org yg kuliah dan tdk kuliah itu berbeda.. Memang ada org yg ga kuliah tp sukses... Tp org2 yg berfikir gt yakin ga? Ato cuma jadi bahasan krna males belajar jd ngomong gitu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
beetroot dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh seenoevil
Memuat data ...
profile picture
sampaitahu
kaskus addict
@NfLNfLNfL @seenoevil memang hrusny di fokuskan maksudnya. Yg kulah jurusan ekonomi, ilmu komunikasi, arsitektur, bs bantu tambahin gan jurusan yg sampah hampir semua orgny gk dpt kerjaan?
profile picture
NfLNfLNfL
kaskus addict
@seenoevil mreka dpt kerjaan bkn krn kuliahnya.. orang yg cr karyawan berdasarkan nilai ya bodoh namanya.. ttp aja kan skill nya d cari.. nah dsamping skill2 td lah disiplin ilmu yg penting2 gk ada tu di kul..

pernah liat bos bangshat gk? atau tmn karyawan lw badjingan suka nunda2 kerjaan atau lempat batu sembunyi tgn? nah ituu.. paham?
profile picture
dragunity
kaskus addict
@rizkifadhilah09 kupu2 gapapa gan, ane kan tulisnya "kupu2 kuliah gaada hasil"
profile picture
warbur22
aktivis kaskus
Kuliah sbenarny membantu karir, soal logika,gak smuany ya, ada org lulusan s1 atao s2 tp logika ttap aj bebel, ada kta2 "skolah tinggi2 tp pikiran ny msh aj dableg", ad tmen gua kya gtu,satu lg soal att, g smua llusan kuliahann itu atti ny baik, rata2 songong, g ad etika.
profile picture
@NfLNfLNfL

Wah dpt kerjaan bkn karena kuliah nya?
Jelas2 standard hrd tuh pasti ada minimal s1... Ato minimal sma... Hrd pasti milih2 berdasarkan beban kerjaan donk... Klo kerjaan berat pasti ada minimal s1.. Wkwkwkwk... Klo nyari buruh ya hrd ga akan nyari s1.. Tp klo nyari kerjaan yg butuh analisis lebih ya pasti cari standar nya yg sarjana... Logic nya dapet ga?
profile picture
@sampaitahu @NfLNfLNfL

Jurusan sampah itu seperti apa?
Intinya semua jurusan jg ada aja yg ga dpet kerjaan mah... Hukum jg adaaaaa aja yg ga doet kerjaan.. Dokter? Adaaaa juga org yg ga dpet kerjaan...
Intinya gmn orgnya gan.. Trus klo misal liat.. Tuh si A kuliah mahal2 jd dokter... Begitu lulus tetep aja jaga toko bapak nya...
Yg salah siapa?? Ya anaknya lah bukan jurusan nya.. Jd klo ada si A kuliah dokter trus lulusan jd jaga toko di generalisir gt? Semua lulusan dokter ga penting? Kuliah dokter ga penting? Wong si A aja lulus kuliah jaga toko bapaknya.. Kuliah ga penting dong? Logika nya Kan ngga kan?
Nah di sini makannya keliatan cara berfikir org kuliahan sama yg ngga.. Hehehhe... No offence ya...
profile picture
sampaitahu
kaskus addict
@NfLNfLNfL @seenoevil mau aja jd budak korporat.menurut gw dianggap gagal sih....
profile picture
Drajudge13
kaskus addict
@seenoevil @NfLNfLNfL tapi realita nya disini emang masih banyak yang mandang pendidikan buat syarat bekerja.
Contohnya ane. Ane udah bertahun-tahun kerja di restoran diluar negeri.
Tapi pas ane balik ke indonesia ane ga dapet kerja dimana mana gara2 ane cuma lulusan sma. Bukan lulusan minimal diploma pariwisata atau tata boga
Meskipun ane kerja dulu ga di resto bintang 5 tapi ane tau prosedur2nya bagaimana. Tp tetep aja ga ada yang nerima

Nah darisitu ane mulai kerasa kalau kuliah itu jg penting kalau ente tinggal di Indonesia. Karena ane ga kuliah juga bukan pilihan ane jg. Karena emang ga ada dana.
Dari situ ada 2 pilihan lagi. Ane harus cari kerja di restoran diluar negeri lagi atau ane harus kumpulin modal lagi buat usaha sendiri.
Intinya mau kuliah atau gak kuliah tujuannya cuman 1 jangan nyerah buat ngejar visi misi mu.

Yang salah dan bener itu bukan kuliah atau gak kuliahnya. Tapi apa yang harus ente lakukan kalau ente gak kuliah. Sama apa yang harus dilakukan kalau ente memilih kuliah. Masing2 pilihan ada konsekuensinya
profile picture
NfLNfLNfL
kaskus addict
@seenoevil @sampaitahu

nah ntu masalahnya..skrng digadang2 enterprenur malah lulus jd budak korporat.. ya gk nyambung..
udah gt lulus gaji kcil bgt.. beda sm luar negri yg pricenya tu saling menghargai..jd emg udah kliatan indon ini dididik jd jongos.. terima gk atau gk..kenyataanya gt
mau bkin karya atau orang pinter gk dihargai kan dsini? barang import merajalela..

emg sistem pendidikanya itu lho yg gk tepat..jgn dikotak2an ky skrng.. liat tuh finlandia.. tengok lah tengok.
profile picture
NfLNfLNfL
kaskus addict
udah jd bangsa konsumtif.. bangga pula...ibarat harga diri gk ada skrng.. yg penting bs ngunyah toh? kasian kadang liat rakyat kcil jg perjuanganya gila2an disaat ini negara udah blangsak bgt emg..gk punya duit pendidikan muahal.. ttp aja diusahain.. gila2
klo ente da pny anak bakal rasain ..bimbangnya nyekolahin anak yg istilahnya ikutin arus doang.. ampe kuliah pula.. persiapan duit yg bnyak.. tp entah tu anak jd org apa gk

ane mah yg penting didik anak utk bantu dia jd manusia seutuhnya yg paham dirinya sendiri.. pny tata krama dan skill.. krn kedepanya kt gk tau anak cucuk ini bakal gmn..persaingan udah bkn sesama indon.. tp global
profile picture
karyanakbangs4
kaskus maniac
@seenoevil jangan hubungkan kuliah dg kesuksesan. kesuksesan itu pilihan individu masing2 bukan karena kuliah. mau kuliah sampai profesor tapi memilih untuk nganggur ya itu pilihan sang profesor.

kesuksesan pun relatif. bagi gw, gak punya utang sampai mati itu udah termasuk sukses.
profile picture
@karyanakbangs4

Yoi bro.. Gw tau...
Gw cuma relate dengan artikel aja sih.. Heheheh...
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 32 dari 32 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di