CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ngomong Bahasa Inggris dibilang Sok Inggris, Is That True ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0909bd65b24d068f56cf7f/ngomong-bahasa-inggris-dibilang-sok-inggris-is-that-true

Ngomong Bahasa Inggris dibilang Sok Inggris, Is That True ?

Hallo Gansis

Bahasa Inggris adalah satu bahasa yang penggunaannya sangat luas untuk semua negara, tak terkecuali Negara Indonesia sendiri. tak kayal ada aja orang-orang di Indo ada yang menggunakan bahasa Indonesia bercampur Bahasa Inggris. mereka disebut sok inggris.


Kemarin ini ane  ngeliat video youtube yang ngebahas soal penggunaan bahasa inggris di kalangan orang Indonesia, dan di sana terjadi tuh perdebatan apa penggunaan bahasa inggris tuh bukan untuk pamer-pameran atau sok-sok an, alias emang kebiasaan aja. tapi apa benar begitu ? apa persepsi kita pada orang indo yang pake bahasa Inggris sehari-hari bisa dibilang Sok English gitu ? So cek it out pembahasan dari beberapa sudut pandang.

Bahasa
Quote:

Sok Inggris Banget
Quote:

Komunikasi
Quote:

Belajar Bahasa Inggris
Quote:

Ngomong Bahasa Inggris itu tidak Nasionalis
Quote:

Bahasa Inggris
Quote:

Penutup
Sekian Gansis sekalian, itu aja yang bisa ane paparin soal ngomong inggris. kembali lagi ke tujuan agan, kalo buat belajar dan komunikasi masih baik-baik saja kok kalo ngomong inggris, tapi kalau agan cuma mau pamer dan jumawa, mending jangan dah. karena bahasa tujuannya bukan buat pamer melainkan komunikasi.

Thank you udah Nyimak
emoticon-Sundul
Dirawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dirawan09
Ane pribadi gak masalah kalo orang kita mau pake Bahasa Inggris buat komunikasi. Ane juga gak masalah kalo mau dicampur2i ala Cinta Laura selama komunikasi masih nyambung.

Yg ane gak suka, anak2 kecil nih (biasanya yg kalangan atas di kota2 besar) udah pake Bahasa Inggris buat sehari2 sampe beberapa ada yg gak ngerti Bahasa Indo lho. Pernah ketemu di lift apartemen anak ngomong sama baby sitternya terus baby sitternya keliatannya gak ngerti yg diomongin anaknya emoticon-Ngakak (S). Ane positif thinking aja mungkin salah satu ortu nya bule. Eh taunya beberapa hari ngeliat ortunya 2 2 nya orang Indo lho....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 8 lainnya memberi reputasi
profile picture
pulaukapok
kaskus addict
Ups... ekekekek.
Bisa gitu yA.
Kali neneknya di LN, stlh ckp umur lngsng dirawat neneknya
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
Biasanya yg kayak gitu di kawasan elite gan, literally deket ama sekolah2 international, mungkin sekolah disana juga mereka.. kalo agan main ke Bintaro Jaya, trus main ke mallnya yg paling gede, sumpah deh, buanyaaak banget sesama anak2 ABG yg ngomong pake bahasa inggris.. di lift, di bioskop, di taman, dimana2 ada gan..

emoticon-Ngakak
profile picture
TS dirawan09
kaskus addict
@setiapmenit yang tidak elit ngomong ndeso aja gapapa dah, mereka inggris ane lokal,
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
@dirawan09
maklum mereka dari kecil mungkin emang diasah kayak gitu di keluarganya gan.. supaya gampang bersaing di dunia kerja juga gedenya..
profile picture
asu_weo
kaskus holic
@dirawan09 @setiapmenit nah iya. Sebenrnya ane juga paham sih maksud ortunya. Bahasa Inggris tuh emang sangat penting di dunia kerja. Cuman agak gmn gitu yah. Kalo semua ortu berpikiran gitu sih bisa punah Bahasa Indonesia sama bahasa2 daerah lain. Padahal kalo kita liat orang2 jaman lalu banyak kok yg Inggrisnya bagus tanpa harus dipaksakan dari kecil gitu. Malah beberapa angkatan dulu ada yg Bahasa Inggris mungkin baru dipelajari di SMP. Ane sendiri dari angkatan yg Bahasa Inggris baru diajarin di sd kelas 4 dan temen2 ane banyaaak banget yg fasih Bahasa Inggrisnya sekarang (ane mah pas2an sih emoticon-Embarrassment).
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
[MENTION]asu_weo[/MENTION]@dirawan09

Fasih berbahasa itu awalnya emang dari lingkungan bahasa gan, itu alesannya.. Ada bagusnya siy, kalo nonton film bahasa inggris jadi ga usah kebanyakan liat terjemahan Indonesia. Kurangnya ya kalo pake bahasa inggris ga liat sikon jadi terkesan pamer aja gitu..

Kalo Bahasa Indonesia mah kaga bakalan punah bray... Secara di negara ini yg bisa bahasa inggris cuma sekian persen, bule juga ngakuin itu, mayoritas cuma di kota2 besar aja katanya... Penduduk yg ga bisa English juga ada berapa ratus juta di mari bray.. percaya deh.. masih bisa lestari sampe berabad2 berikutnya...

emoticon-Ngakak
profile picture
asu_weo
kaskus holic
@setiapmenit iya gan secara real mah gak mungkin Bahasa Indonesia punah setidaknya untuk seribuan tahun lah emoticon-Ngakak (S) . Makanya ane cuman ambil ekstrimnya aja kalo semua ortu di Indo pola pikirnya spt itu tapi kan gan mungkin emoticon-Embarrassment .

===

Nah emang lingkungan sangat ngaruh banget sama fasih tidaknya kita berbahasa. Mau lancar Inggris? Taro aja setaun di Inggris balik2 pasti fasih emoticon-Big Grin . Yg ane permasalahin itu, apa iya harus dipaksakan anak Indonesia asli dari mulai bisa bicara langsung diajarin nya Inggris? Sampe kalo di rumah harus pake Inggris juga? Padahal kan dengan dia sekolah di international aja sudah cukup membuat lingkungan kedua dia bikin fasih Bahasa Inggris. Kasus yg ane alamin di atas kan bahkan ngomong sama baby sitter dan ortunya aja pake Bahasa Inggris. Apa iya harus segitunya gitu? Lingkungan sekolah international nya gak cukup gitu? Wkwkwk

Btw ane tetep setuju kok kalo misalnya kurikulum kita menggunakan bahasa pengantarnya Inggris (kecuali pas pelajaran Bahasa Indo yah emoticon-Big Grin) tentunya tanpa serta merta harus mewajibkan si anak ngomong Bahasa Inggris di luar lingkungan sekolah (ini lebih ke arah peran ortu yah emoticon-Embarrassment ).
profile picture
Rinka17
kaskus maniac
Nah ini
Aku juga kadang mengatai orang yang begitu

Bilang belum lancar bahasa Indonesia

Kasihan
profile picture
mikihara123
kaskus maniac
Kdang bikin minder guys malahan,kalah gw bahasa inggrisnya sama anak TK emoticon-Ngakak
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
@mikihara123
Jaman kita (milennial) ama jaman anak2 sekarang beda bray..

dulu kita belajar english dari SMP..

kalo anak2 jaman sekarang diajarin English dari sebelum TK malahan..

emoticon-Ngakak
profile picture
mikihara123
kaskus maniac
@setiapmenit wkwkwk bener,malahan mereka ngomong sama ortunya bahasanya pake english,makanya jago,kalai dulu kita kan boro2 bray emoticon-Ngakak
Ortu kita mana ngerti emoticon-Ngakak
profile picture
osmondmandagi
kaskus addict
@setiapmenit [mention]asu_weo[/mention] anak saya sekarang kelas 3sd, 5 tahun dan 3 tahun, yang sd dah mayan bahasa indonesianya, yang adeknya belum ada yang lancar meskipun kalau dengar yang lain ngomong indonesia ya ngerti aja, yang bungsu 3 tahun, totally bahasa inggris karena main ma 2 kakaknya yang gak pake bahasa indonesia ya jadinya gampang.

saya sih biasakan mereka dari kecil untuk beberapa alasan
1.bahasa indonesia pasti dapat di sekolah
2.les bahasa inggris semakin lama semakin mahal, kalau bapak ibunya bisa ngomong, ya mending dari kecil biar hemat
3.sudah mulai banyak pekerjaan yang billingual atau trilinguall, at least bisa bahasa inggris , indonesia ma 1 lagi bahasa asing macam jerman, perancis, jepang atau cina.
4.sy percaya bahasa indonesia bakal dikuasai ma anak2 karena faktor lingkungan, gitu aja
profile picture
setiapmenit
kaskus addict
@osmondmandagi [MENTION]asu_weo[/MENTION]

temen2 kantor saya yg punya anak juga sama kayak agan, dari kecil udah diajak ngomong bhs English, jdnya skrg sd pun udh lancar jaya.. wkwk..

saya kalo punya anak mungkin akan melakukan hal yg sama ke anak saya, wlpn ga 100 persen English, tapi saya mau ngajarin vocabularynya aja dulu..

Benefitnya kalo anak fasih bahasa Inggris itu banyak gan, di antaranya nonton film2 English ga pake ngeliat terjemahan lagi, tes TOEFL dan IELTS udh pasti nilainya bagus, interview kerja pake fluent English itu bikin employer terkesan daripada interview pake English yg gagap, kalo anak agan udah kerja nanti dan diharuskan meeting dengan org2 asing, anak2 agan ga akan ada kendala soal itu gan, dan anak2 agan bisa dipercaya sama bosnya, bahkan bisa dikirim keluar negeri utk training atau conference, sekalian jalan2 ke luar negeri.. ada peluang karir yg bagus gan
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
Banyak nih yang kayak gini di kalangan upper middle class gan. Padahal ane baca, sampai umur 5 tahun mending diajarkan mother tongue dulu baru dikenalkan ke bahasa inggris untuk aplikasi sehari hari.
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
Cuma menurut ane, ngga masalah juga sih, asal jangan lupa sama mother tonguenya aja dan bisa menempatkan diri juga kalau ketemu siapa pakai bahasanya seperti apa. Kalo ketemu orang lokal yang ngga paham kan jadi kasian juga.
profile picture
asu_weo
kaskus holic
@setiapmenit
@orgbekasi67 bener Inggris tuh sangat penting. Kita tuh wajib menguasai nya apalagi di jaman sekarang. Tapi kita juga tidak boleh lupa sama bahasa kita sendiri. Kalo menurut ane, kita tuh WAJIB menguasai Bahasa Inggris, tapi sebagai orang Indo yg tinggal di Indo kita juga WAJIB fasih Bahasa Indo. Untuk mendidik anak2 kita, sebaiknya kita membagi anak tsb dengan 2 lingkungan. Kebetulan saat masih anak2 lingkungan mereka pasti cuman 2 yaitu sekolah dan keluarga. Tinggal kita pilih2 saja misalnya kalo lingkungan sekolah anak itu Inggris (sekolah international) maka kita harus membiasakan anak itu pake Bahasa Indo di rumah. Begitupun sebaliknya. Dengan begitu anak kita akan tumbuh terbiasa dengan 2 bahasa.

Coba bayangkan jika tuh anak sekolah pake Bahasa Inggris, di rumah pake Bahasa Inggris juga. Kapan bisa Bahasa Indo nya? Belum lagi semakin bertumbuh suatu saat dia akan kenal sama kata 'gengsi'. Ya udah lama2 gak bakal tertarik dia belajar Bahasa Indo emoticon-Big Grin

@osmondmandagi kalo begitu bagus. Yg penting ada satu lingkungan buat anak itu yg menggunakan Bahasa Indo (kalo kasus agan di sekolah yah).
profile picture
bener Gan emoticon-Ngakak (S)

terus pas diliat penampilan si anak ga ada bule2nya, ndeso bahkan mukanya tapi ngomongnya b.inggris, gordes (gorowok desa, kenceng banget kayak oengen semua orang denger) dengan aksen yg aneh. Sungguh geli aku dibuatnya
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
[MENTION]asu_weo[/MENTION] @setiapmenit @osmondmandagi Setuju sama agan. Emang mending dibagi2 kapan harus pake bahasa indo kapan harus pake bahasa inggris. Lihat lingkungan lawan bicaranya itu penting
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@online.addict Tapi biasanya yang begitu begitu aslinya duitnya turah turah gan emoticon-Ngakak
profile picture
@orgbekasi67 turah-turah tuh apaan gan? berlimpah? emoticon-Ngakak (S) iya bener yaa hahahaha
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 36 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di