CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f06ef87af7e9367086d9464/pengelolaan-sampah-di-indonesia-vs-negara-maju-miris

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!





Hallo Agan Sista, belum lama ini ane membaca cerpen-cerpen dari seorang penulis facebook.



Spoiler for intro:









Kebayang gak sih, Gan Sist? Seandainya semua manusia di dunia ini baik. Tidak mengganggu orang lain, tidak menyakiti orang lain, tidak merugikan orang lain, saling menolong, saling men-support. Begitu indah untuk di-halu-kan, bukan?

Meski Agan-Sista mungkinakan menganggap kondisi dimana semua orang adalah orang baik sangatlah tidak mungkin terjadi. Bukankah kebaikan sejatinya bisa kita mulai dari diri sendiri? Lalu apa hubungannya, Gung? Antara jadi orang baik dan buang sampah? Coba baca ampe akhir ya, Gan. emoticon-Keep Posting Gan


Pengelolaan Sampah di IndonesiaVs Negara Maju, Miris!







Membuang sampah pada tempatnya tentu merupakan sesuatu yang sejatinya sangat mudah dilakukan, namun realitanya sangat susah untuk dibudayakan khususnya bagi (maaf) kaum non-intelek. Kaum non-intelek yang ane maksud adalah kaum yang hidupnya gak mikirin orang lain dan mikirnya pendek (Tak peduli latar belakang pendidikannya).Termasuk agan sista yang suka merokok, dan buang abu, bahkan puntungnya sembarangan.

Kenapa membuang sampah sesuai tempat dan jenisnya menjadi penting? karena setiap sampah memiliki cara pengolahan yang berbeda. Memisahkan jenis-jenis sampah tentu sangat membantu pemulung dan petugas kebersihan mengelola sampah, tahukah berapa banyak sampah yang manusia produksi dalam sehari? Di Jakarta saja bisa produksi hingga 7000 Ton sampah setiap hari! Pengolahan sampah yang tepat dapat meminimalisir pencemaran lingkungan.

Di Indonesia sendiri tempat sampah biasanya dibagi menjadi tiga warna, hijau untuk sampah yang mudah terurai, kuning untuk sampah yang bisa didaur ulang, dan merah untuk sampah yang tidak bisa di daur ulang.






Meski sayangnya warna-warna tersebut masih begitu sering diabaikan. Bukan karena buta warna, hanya saja masih banyak oknum yang kurang peduli pentingnya membedakan sampah.



Berkaca dari negara maju dengan pengelolaan sampah terbaik,

1. Jepang





Di Jepang secara umum terdapat tiga pembagian sampah, sampah yang dibakar dan bisa diolah secara alami, sampah yang tidak bisa dibakar, dan sampah barang bekas yang tidak dapat dimasukkan ke dalam plastik (seperti televisi, sofa, kulkas, dan semacamnya).

Selain itu, di Jepang setiap rumah tangga diwajibkan untuk memisahkan setiap sampah sesuai jenisnya ke dalam plastik yang berbeda-beda, bahkan ada tempat yang mengharuskan kantong transparan (agar sampah bisa kelihatan dipisah atau tidak).








2. Jerman






Di "Negara Hitler" ini, pemilahan sampah jauh lebih kompleks dari Indonesia. Bahkan kertas, sisa makanan pun memiliki wadah sampah yang berbeda. Dan tahu kah apa yang terjadi jika warga salah atau tidak memasukkan sampah sesuai wadah? Maka sampah tersebut tak akan diambil oleh petugas!

3. Korea Selatan



Di Korea Selatan tak kalah unik, mereka memiliki kantong kresek yang memang dikhususkan untuk sampah, bahkan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing untuk kantong plastiknya. Sehingga jika ada seseorang dari daerah A membuang sampah secara sembarangan, maka akan dengan mudah dapat di lacak.


Berkaca dari negara-negara di atas, kira-kira apa yang kurang dalam pengelolaan sampah di indonesia?

Menurut ane adalah kedisiplinan, ketegasan, dan keseriusan. Baik dari masyarakat dan tentunya pemerintah (yang memberikan regulasi).





Sumber tulisan : Opini Pribadi, dan darisini
Gambar : Google




Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vondrow dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
kalo indon sih gitu, ngakunya religius, pake baju menutup aurat, paham kitab2, sering ikut pengajian, gegara gubernur kafir demo berjilid,

tapi urusan simple yg basic di ajarkan agamanya " kebersihan sebagian dari iman " malah gagal menerapkan,
so pathetic, mereka LEBIH SUKA sibuk urusan hal2 yg besar yg tidak berdampak ke kehidupannya secara langsung daripada hal2 kecil yg erat dalam kehidupannya


gue ngomong gini karena gue pernah berantem ama temen gue kaum celana cingkrang jidad item yg suka ngludah sembarangan. .emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS agungdar2494 
KASKUS Plus
mantap bgt gan.

trus oom celana cingkrang bilang apa?

kalo mawas diri, harusnya skak mat sih.

bener bgt, "kebersihan sebagian dari iman" itu udah dari jaman TPQ diulang2 ama guru ngaji
profile picture
lubangkaca
kaskus addict
aduh iuh banget sm org2 yg belom bisa sadar diri klo ngeludah itu harus pake bgt di toilet ato semacamnya. ane jijik sih yg beginian, tau sendirilah namanya jg ludah. ane pernah ngeliat bapak2 gt ngeludah didlm bis yg jelas2 penuh sm penumpang dan ber ac. ngeliatnya jd merem2, naik turun isi perut ane gan
profile picture
TS agungdar2494 
KASKUS Plus
@lubangkaca apalagi kalo dimotor gan.. sial2 kalo ke tiup angin dan kita belakangnya . kita kena
profile picture
lubangkaca
kaskus addict
@agungdar2494 nah nah bener banget, keknya attitude pengguna jalan jg masih minim gan. buang ludah dilampu merah aja ane jijik, apalagi klo depan ane yg ngeludah. itu pasti gak ada angin kenceng jg jelas nyiprat kebelakang sih, kan doi sama2 naik motor jd pasti ludah kena angin ke belakang. ditoilet umum ludah gak disiram aja ane bisa muntah sendiri idih
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di