CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Buronan Kakap Bikin e-KTP 30 Menit, Lurahnya Ngaku Ditelpon Anita
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0692e6e83c726e91400c10/buronan-kakap-bikin-e-ktp-30-menit-lurahnya-ngaku-ditelpon-anita

Buronan Kakap Bikin e-KTP 30 Menit, Lurahnya Ngaku Ditelpon Anita




JawaPos.com – Buronan kelas kakap Djoko Tjandra bisa sampai memiliki e-KTP Indonesia. Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyebut Djoko melakukan perekaman data dan cetak e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negara (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh‎ mengatakan, dalam database kependudukan Djoko Tjandra tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Menurut Zudan, sampai saat ini Ditjen Dukcapil dan Dinas Dukcapil Provinsi DKI belum pernah menerima informasi tentang pelepasan kewarganegaraan dari Djoko Tjandra.

“Ditjen Dukcapil membutuhkan informasi dan data dari Kemenkumham terkait kewarganegaraan Joko Soegiarto Tjandra. Apabila terbukti yang bersangkutan sudah menjadi WNA maka KTP elektronik dan Kartu Keluarga WNI akan dibatalkan oleh Dinas Dukcapil DKI,” ujar Zudan kepada wartawan, Selasa (7/7).

Menurut Zudan, sampai saat ini Dukcapil tidak memiliki data tentang data cekal dan buronan. Terlebih tidak menerima pemberitahuan apa-apa mengenai buronan kelas kakap tersebut.

“Kami belum pernah mendapatkan pemberitahuan tentang subyek hukum yang menjadi buronan atau DPO dari pihak yang berwenang. Agar kasus seperti ini dapat dicegah, Ditjen Dukcapil dan Dinas Dukcapil perlu diberi pemberitahuan tentang data orang yang dicekal, DPO/buronan,” katanya.

Karena itu, apabila sudah ada data buronan atau DPO. Maka Dukcapil tetap akan memproses rekam sidik jari dan irish mata serta foto wajah agar data penduduk tersebut masuk ke dalam data base kependudukan. Namun, dengan status buronan tersebut. Maka Dukcapil tidak akan memberikan e-KTP tersebut. Sebelum Djoko Tjandra mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Nanti e-KTP tersebut akan diberikan pada saat yang bersangkutan memenuhi kewajiban hukumnya.
Sesuai dengan Pasal 8 UU Nomor 24/2013 salah satu kewajiban Dinas Dukcapil adalah memberikan pelayanan yang sama dan professional kepada setiap penduduk atas setiap pelaporan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting,” ungkapnya.

Ditjen Dukcapil juga sudah mendapat laporan dari Lurah Grogol Selatan bahwa pihak petugas di kelurahan tidak ada yang mengetahui bahwa yang bersangkutan adalah buron sehingga memproses permohonan seperti biasanya

‎Diketahui, MAKI menduga kartu tanda penduduk (KTP) milik terpidana Cessie Bank Bali Djoko S Tjandra dicetak pada hari yang sama saat mengajukan peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Juni 2020.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan, untuk mengajukan PK, Djoko S Tjandra harus menyertakan fotokopi KTP. Setelah ditelusuri, dia telah melampirkan copy KTP tertanggal 8 Juni 2020.

Boyamin menyebut Djoko S Tjandra berada di luar negeri hingga Mei 2020. Oleh karena itu, dia tidak pernah melakukan perekaman KTP elektronik (KTP-el). Maka, sesuai ketentuan datanya nonaktif sejak 31 Desember 2018.

Dia menyebut Djoko melakukan perekaman data dan cetak e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan. Djoko menggunakan alamat Jalan Simprug Golf I Nomor 89, Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Baru.

Diketahui, Lurah Grogol Selatan, Asep Subahan, menceritakan kronologi pembuatan KTP elektronik atau e-KTP buronon itu, Djoko datang bersama dengan seorang perempuan yang disebut sebagai pengacaranya yakni Anita Kolopaking pada 8 Juni 2020.

Asep mengaku Djoko Tjandra mengikuti prosedur yang ada sesuai dengan aturan. Datanya tidak ada yang bermasalah dan dirinya mempersilakan buronan itu langsung menuju ruang pelayanan di PTSP.

“Saat itu saya tanya petugas apakah sudah siap pemotretan, siap, ya menuju ke ruangan untuk pemotretan. Lalu Saya tinggal Pak Djoko dan saya ngobrol dengan pengacaranya, hanya ‘say hello’. Hanya itu prosesnya, transaksi seperti pelayanan biasa,” ujar Asep.

https://www.jawapos.com/nasional/huk...itelpon-anita/

Buat eKTP Cuman 30 Minit Beres Bray, suatu prestasi ini mah, rasis sekali

Btw agan agan disini buat e-ktp berapa lama? Ane hampir 1 bulan baru jadi

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 32 lainnya memberi reputasi
dulu setaun lebih ga jadi2 ampe expired ktp lama & kudu urus lg ke catatan sipil emoticon-Cape d...
profile picture
agusdwikarna
kaskus maniac


Kok sama ya. Jadinya 1 tahun, ktp lama kadaluarsa, sampai akhirnya kemana-mana bawa surat keterangan sedang ngurus KTP.
profile picture
dieq41 
KASKUS Plus
awalnya ada panggilan buat bikin ektp, dah foto segala tinggal tunggu, berbulan2 ga jadi2 akhirnya mau perpanjang aja ktp lama, tp pas mau perpanjang di kelurahan ktnya ga usah diperpanjang ktp lamanya, krna udah lg bikin ektp..
Akhirnya smp taun depan lg krna mau urus sim harus pake ktp valid akhirnya mau perpanjang lg tuh ktp lama, trnyata ktp lamanya dah di blokir krna ga diperpanjang & harus buka blokiran di catatan sipil segala, kan ngehe kaya gitu emoticon-Cape d...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di