CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perusahaan Hashim Dapat Jatah Ekspor Benih Lobster dari KKP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f05304e97751330f87c4b84/perusahaan-hashim-dapat-jatah-ekspor-benih-lobster-dari-kkp

Perusahaan Hashim Dapat Jatah Ekspor Benih Lobster dari KKP



JAKARTA, HALUAN.CO - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arif Poyuono mengakui, perusahaan Hashim Djojohadikusumo mendapat jatah kuota ekspor benih lobster dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Mengapa ini penting: Lewat Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2020, kebijakan ini dinilai bertentangan dengan kebijakan menteri sebelumnya, Susi Pudjiastuti, yang justru melarang penjualan benur lobster ke luar negeri.

Konteks: Berdasarkan hasil investigasi Majalah Tempo, Kementerian KKP yang dimpimpin oleh kader Gerindra, Edhy Prabowo memberikan izin ekspor benur kepada 31 perusahaan. Sejumlah kader partai diduga menjadi aktor di belakang perusahaan-perusahaan tersebut.

Apa katanya: "Ya kan sudah dijelaskan sama anak Pak Hashim yaitu Saraswati (Rahayu Saraswati Djojohadikusumo) kalau memang salah satu grup usahanya yang sudah lama bergerak di industri seafood itu ikut pula dalam usaha benih ekspor lobster," ujar Arief Poyuono, dikutip dari Tribunnews.com, Senin (6/7/2020).

Bukan perusahaan dadakan:

• Perusahaan yang dimaksud ialah PT Bima Sakti Mutiara. Sebagian besar sahamnya dimiliki Arsari Group atau milik Hashim.

• Perusahaan ini telah 34 tahun menekuni bisnis budi daya perikanan, seperti mutiara yang kini beralih ke lobster, bukan perusahaan dadakan.

• Puyono mengatakan, perusahaan saudara kandung dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto itu tetap mendapat jatah yang proporsional dan sesuai dengan regulasi.

Tanggapan Edhy Prabowo: Saat mengkuti rapat kerja dengan Komisi IV DPRD RI, Edhy membantah kalau semua perusahaan yang diberi izin itu semuanya berafiliasi dengan partai Gerindra.

“Dihitung yang diceritakan (Majalah Tempo) mungkin tidak lebih dari 5 orang atau hanya dua orang yang saya kenal. Tapi sisanya yang 26, atau 24 orang itu, siapa? Itu orang Indonesia,” tutur Edhy Prabowo dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Senin (6/7/2020), di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.


Kalau tertarik, baca juga yuk berita politik dan hukum lainnya:

1. Benih Lobster dan Nestapa Oligarki di Indonesia
2. Kekayaan dan Rekam Jejak Menteri Edhy Prabowo
3. KPK Didesak Selidiki Dugaan Konflik Kepentingan dalam Perizinan Ekspor Benih Lobster
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zaiimport dan 5 lainnya memberi reputasi
jangan salahkan mentrinya... karena semua itu adalah bagian dari visi misi presiden dan wapres

profile-picture
Jerry Maguire memberi reputasi
profile picture
Jerry Maguire
kaskus holic
betul, itu pas di briefing saat milih menteri
"Yang ada adalah visi misi presiden, bukan visi misi menteri"
Jadi kalau boleh export benih lobster, perijinan kapal cantrang itu berjalan mulus, tidak ada intervensi dari presiden, artinya semua itu bagian dari visi dan misi presiden
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di