CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terungkap! Pemicu Jokowi Geram Tol Terowongan Pertama Mandek
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0510f188b3cb7d86245dc1/terungkap-pemicu-jokowi-geram-tol-terowongan-pertama-mandek

Terungkap! Pemicu Jokowi Geram Tol Terowongan Pertama Mandek





Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibuat geram setelah mengetahui fakta pembangunan ruas jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terhambat. Apalagi, terhambatnya tol ini masih karena persoalan klasik yaitu lahan dan administrasi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan Percepatan Pembangunan PSN Jalan Tol Trans Sumatera dan Tol Cisumdawu di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya melihat ada proses pembebasan lahannya yang terhambat, kemudian pengembalian dana talangan tanah juga terhambat karena urusan administrasi," jelas Jokowi, Selasa (7/7/2020).

Jokowi juga mengaku mendengar masih ada persoalan dokumen peraturan teknis di Kementerian Agraria dan Tata Ruang maupun Kementerian Keuangan yang belum lengkap. Jokowi tak ingin persoalan ini semakin berlarut.

"Ini saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya. Kita butuh percepatan karena ini akan menyangkut juga Bandara Kertajati," jelasnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengemukakan bahwa terhambatnya proyek ini disebabkan karena masalah pembebasan lahan. Namun, hal ini akan segera ditindaklanjuti.

"Bapak Menteri ATR ditugaskan akan menangani karena bukan hanya harga, tapi juga ada masalah regulasi dan hukum. Jadi nanti ada tindakan dari ATR (Agraria dan Tata Ruang). Semua kewenangan dan tanggung jawab tanah ada di ATR," katanya.

Tol Cisumdawu akan menghubungkan wilayah Bandung ke sisi utara Jawa atau Tol Cipali, dan sebaliknya. Tol ini akan memiliki terowongan sepanjang 500 meter, merupakan terowongan tol pertama di Indonesia.

(hoi/hoi)

link

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibuat geram setelah mengetahui fakta pembangunan ruas jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terhambat. Apalagi, terhambatnya tol ini masih karena persoalan klasik yaitu lahan dan administrasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pt.tsm.import dan 15 lainnya memberi reputasi
Quote:

Agar bisa dijual emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 5 lainnya memberi reputasi
profile picture
wiry
kaskus maniac
Swasta mana yang minat beli. Tarif mahal, pengendara ogah pake, akhirnya sepi karena nggak laku.

https://tirto.id/jalan-tol-sepi-kare...-digenjot-eL7B

Omong kosong kalok jalan tol dibilang bisa percepat logistik. Pengusaha logistik aja ngeluh tarif tol yang baru mahal & menambah cost emoticon-Big Grin

https://ekonomi.kompas.com/read/2019...gNFsrqU1IxWNfk

Solusinya? Jalan tol dibikin gratis aja & dimiliki & disubsidi pemerintah.

Ini akibat kerja kerja kerja tanpa mikir dulu emoticon-Big Grin. World Bank sahaja pernah (mau) bilang pembangunan infrastruktoor jokkowie berkualiteit rendah karena gak pakek perencanaan matang. emoticon-Big Grin

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...ualitas-rendah
profile picture
Verial
kaskus maniac
@wiry Mantap komentar agan (y)
profile picture
emangon
kaskus maniac
tetap saja tol lintas Jawa dan tol lintas Sumatra adalah suatu prestasi yang luar biasa
profile picture
thejazzluvr
kaskus addict
@emangon Lebih luar biasa lagi kalo punya planning yang matang dari segi finansial, teknologi ataupun kesiapan yg bagus.

Terlalu banyak proyek dalam satu waktu itu merugikan. Terlalu sibuk, banyak distraksi dan setelah jadi pun banyak yg berantakan. Ambisi besar, tenaga kurang

Coba aja situ dirumah ngepel sambil masak sambil nyuci baju sambil nyetrika sambil sedot wc barengan semua. Pasti ada aja yang gagal berantakan.
profile picture
necromongers
kaskus holic
@emangon @thejazzluvr

ane sbg org jawa, yg gak pernah ke sumatra dgn jalur darat, sangat antusias menanti jalan tol full dr lampung sampai sumatra utara.

Trus untuk perbandingan yg dirumah, itu gak masuk akal, bener.. Klo dikerjain sendiri.. Kan ada pembantu, go clean, mang infrastruktur ngerjain cuma 1 kontraktor kah, dengan pekerja yang sama ?

Ane gak paham detail dan mekanismenya.. Tapi dengan infrastruktur yg sekarang, itu luar biasa membanggakan menurut ane..
Klo studi.studi.terus.. Lah yg sebelumnya pada kmana aja coba
profile picture
wiry
kaskus maniac
@necromongers Kalau elo kan pake tolnya sebagai pengguna pribadi. Jadi memang sangat membantu. Tapi perlu diinget, gak semua pengguna pribadi punya duit berlebih buat bayar tol.

Beda cerita juga kalau elo pake tol-nya sebagai pengusaha logistik/pengiriman barang/sayur/angkutan bis antar propinsi. Selama gak ada subsidi biaya tol untuk jenis bis besar atau truk, ongkos tol yang mahal cuma nambah cost/beban biaya sehingga biaya pengiriman akan naik.

Kalau udah begitu, terpatahkan asumsi bahwa jalan tol akan memperlancar dan membikin murah logistik. Gak akan murah selama tarif tolnya mahal.

Itu studi dari Bank Dunia loh. infrastrukturnya jokowie emang banyak dibangun, tapi kualitas rendah karena gak pake prioritas dan perencanaan yang baik. Salah satu contohnya ya jalan tol ini.
profile picture
pulaukapok
kaskus addict
@necromongers @wiry tempat ane , expedisi malah pake tol gan ke surabaya/semarang.
Ndak ful jg tol terus.
Kl dihitung, sama pengeluaran nya krn lewat pantura boros solar dan "polisi".
profile picture
pulaukapok
kaskus addict
@necromongers @wiry bus antar provinsi kayae 90% lewat tol gan.
Kalo ke solo raya malah masuk tol cuuus keluar tol colomadu, kl ada penumpang di tingkir , keluar tol masuk lagi tol.
profile picture
wiry
kaskus maniac
@pulaukapok itu tol biasa atau trans jawa? Soalnya yang dikeluhkan pengusaha logistik tol trans jawa yang mahal. Nggak full tol terus, mungkin juga karena ekspedisi gak kuat kalo harus bayar tol full.

Solusinya memang jalan tol harus disubdsidi tarif untuk bis/truk logistik. Kalau mahal dan sepi, malah jadi sia-sia tujuan dibikin tol.

Makanya swasta juga kurang tertarik operasikan tol yang dibangun pemerintah, karena BEP nya lama kalau tarifnya murah. Tapi kalau tarifnya mahal, malah sepi pengguna.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019...arifnya-mahal-
profile picture
pulaukapok
kaskus addict
@wiry tol cipali ,sambung ke toll semarang itu masuk mana?
Ndak apal aq bedane tol sama to trans jawa
profile picture
dashmad
aktivis kaskus
@wiry @pulaukapok maksudnya full lewat tol dari surabaya ke jakarta gak memungkinkan gw dah nyoba pake mobil pribadi tarif sampai 700rb belum lagi beli bensin 700 rb malah lebih tekor mending lewat pantura habis 900rb-1jt buat bensin. logistik cuma lewat jalur tertentu selang-seling lewat pantura - tol cuman buat ngindarin macet gak bakalan dari berangkat sampai destinasi pakai tol gak feasible.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 11 dari 11 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di