CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Bukan Hanya Jamur Entoki, Makanan Ini Ternyata Beresiko Terkena Bakteri Listeria Juga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efca9758d94d006e42fe458/bukan-hanya-jamur-entoki-makanan-ini-ternyata-beresiko-terkena-bakteri-listeria-juga

Bukan Hanya Jamur Enoki, Makanan Ini Ternyata Beresiko Terkena Bakteri Listeria Juga!


Sumber gambar

Siapa diantara agan sekalian yang menyukai jamur enoki? Pasti banyak bukan? Nah, belakangan ini seluruh dunia digegerkan dengan bakteri listeria monocytogenes yang terdapat pada jamur enoki tersebut.


Bakteri listeria monocytogenes tidak bisa dianggap remeh, karena bakteri ini bisa menginfeksi orang yang kondisi tubuhnya sangat sehat loh. Bakteri ini dikatakan berbahaya karena bisa menyebabkan infeksi yang serius pada bayi, anak-anak, orang dewasa bahkan akan sangat berbahaya bagi orang yang kekebalan tubuhnya lemah. Jika ibu yang sedang hamil terinfeksi bakteri ini, maka bakteri tersebut dapat menyebabkan keguguran.



Sumber gambar

Jika seseorang terinfeksi bakteri listeria monocytogenes ini kondisinya disebut listeriosis. Gejala yang dialami korban yang terinfeksi berupa demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut juga diare.


Sejauh yang kita tahu bakteri ini berada pada jamur enoki bukan? Namun ternyata ada beberapa makanan lain yang beresiko terkena bakteri listeria selain jamur enoki, penasaran apa saja? Simak berikut ini.


1. Kecambah




Mengapa kecambah memiliki resiko dapat terpapar bakteri listeria? Karena kecambah membutuhkan tempat yang hangat dan lembab untuk tumbuh, kondisi itulah yang memungkinkan bagi bakteri listeria untuk tumbuh bersama kecambah tersebut. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi kecambah yang sudah dimasak secara menyeluruh untuk mengurangi resiki hinggapnya bakteri listeria.


2. Daging Olahan




Daging olahan menjadi salah satu makanan yang beresiko terpapar listeria. Jika kalian tetap ingin memakan daging olahan, usahakan simpan dalam lemari pendingin dan jangan lupa untuk membersihkannya dengan benar.


3. Keju




Siapa yang menyukai keju? Keju juga menjadi makanan yang beresiko terpapar bakteri listeria. Selain itu, kalian perlu tahu kalau keju lunak yang terbuat dari susu mentah (tidak di pasteurisasi) 50 kali lebih mungkin untuk terpapar bakteri listeria dibandingkan keju yang sudah di pasteurisasi. Saran ane sih agan harus pintar-pintar pilih keju yang mau dikonsumsi.


4. Susu Mentah




Jika keju yang terbuat dari susu mentah saja beresiko tinggi untuk terpapar bakteri listeria, pasti susu mentah juga sama kan? Hal tersebut karena susu mentah sangat cocok bagi bakteri listeria untuk berada.


Itulah beberapa makanan atau minuman yang beresiko tinggi untuk terkena atau terpapar bakteri listeria. Menurut ane sih agan sista sekalian pintar-pintar saja dalam memilih dan mengolah makanan yang akan dikonsumsi. Bagaimana tanggapan agan sista sekalian terkait bakteri listeria ini?


Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sini dan sini

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oncom.onair dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh batzforum
Ane ga suka jamuremoticon-Najis
profile-picture
batzforum memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di