CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Bukan Hanya Jamur Entoki, Makanan Ini Ternyata Beresiko Terkena Bakteri Listeria Juga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efca9758d94d006e42fe458/bukan-hanya-jamur-entoki-makanan-ini-ternyata-beresiko-terkena-bakteri-listeria-juga

Bukan Hanya Jamur Enoki, Makanan Ini Ternyata Beresiko Terkena Bakteri Listeria Juga!


Sumber gambar

Siapa diantara agan sekalian yang menyukai jamur enoki? Pasti banyak bukan? Nah, belakangan ini seluruh dunia digegerkan dengan bakteri listeria monocytogenes yang terdapat pada jamur enoki tersebut.


Bakteri listeria monocytogenes tidak bisa dianggap remeh, karena bakteri ini bisa menginfeksi orang yang kondisi tubuhnya sangat sehat loh. Bakteri ini dikatakan berbahaya karena bisa menyebabkan infeksi yang serius pada bayi, anak-anak, orang dewasa bahkan akan sangat berbahaya bagi orang yang kekebalan tubuhnya lemah. Jika ibu yang sedang hamil terinfeksi bakteri ini, maka bakteri tersebut dapat menyebabkan keguguran.



Sumber gambar

Jika seseorang terinfeksi bakteri listeria monocytogenes ini kondisinya disebut listeriosis. Gejala yang dialami korban yang terinfeksi berupa demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut juga diare.


Sejauh yang kita tahu bakteri ini berada pada jamur enoki bukan? Namun ternyata ada beberapa makanan lain yang beresiko terkena bakteri listeria selain jamur enoki, penasaran apa saja? Simak berikut ini.


1. Kecambah




Mengapa kecambah memiliki resiko dapat terpapar bakteri listeria? Karena kecambah membutuhkan tempat yang hangat dan lembab untuk tumbuh, kondisi itulah yang memungkinkan bagi bakteri listeria untuk tumbuh bersama kecambah tersebut. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi kecambah yang sudah dimasak secara menyeluruh untuk mengurangi resiki hinggapnya bakteri listeria.


2. Daging Olahan




Daging olahan menjadi salah satu makanan yang beresiko terpapar listeria. Jika kalian tetap ingin memakan daging olahan, usahakan simpan dalam lemari pendingin dan jangan lupa untuk membersihkannya dengan benar.


3. Keju




Siapa yang menyukai keju? Keju juga menjadi makanan yang beresiko terpapar bakteri listeria. Selain itu, kalian perlu tahu kalau keju lunak yang terbuat dari susu mentah (tidak di pasteurisasi) 50 kali lebih mungkin untuk terpapar bakteri listeria dibandingkan keju yang sudah di pasteurisasi. Saran ane sih agan harus pintar-pintar pilih keju yang mau dikonsumsi.


4. Susu Mentah




Jika keju yang terbuat dari susu mentah saja beresiko tinggi untuk terpapar bakteri listeria, pasti susu mentah juga sama kan? Hal tersebut karena susu mentah sangat cocok bagi bakteri listeria untuk berada.


Itulah beberapa makanan atau minuman yang beresiko tinggi untuk terkena atau terpapar bakteri listeria. Menurut ane sih agan sista sekalian pintar-pintar saja dalam memilih dan mengolah makanan yang akan dikonsumsi. Bagaimana tanggapan agan sista sekalian terkait bakteri listeria ini?


Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sini dan sini

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oncom.onair dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh batzforum
duh mana favorit ane semua lagi. kalau susu sih yang udah mateng sih
profile-picture
profile-picture
irene.holmes dan batzforum memberi reputasi
profile picture
marikemana
kaskus addict
bener gan, kecuali susu sih klo ane. dan makanan itu kan jg sering dikonsumsi yak, jd makan bahaya kan klo kitanya sendiri gak cerdas dlm penyajian makanannya..
profile picture
@marikemana makanya itu gan. ane aja baru tau loh ini. makanan yang sering ditemuin sehari hari soalnya. kudu teliti dan jeli sih biar gak langsung makan aja
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch bener.. intinya proses pengolahan jg kudu bener, nyuci makanannya jg harus yg bener2 bersih. Keknya makin kesini makin ada ada aja makanan yg terkontaminasi ato gmn gt gt. Dulu sarden, telor, skrg jamur enoki
profile picture
@marikemana hah? Sarden? Ane baru tau malah gan. Kenapa itu?
Untungnya ane ga begitu demen sarden sama jamur enoki. Jadi no problemo. Tapi yang di list trit ini sih agak berat yaaa hahahaha
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch sarden udh agak lama sih, gak tau kena cacing ato apa gt ya. tp setelah diteliti gak masalah klo dikonsumsi karna akan mati ketika dimasak. jamur ane berbagai jamur suka gan, trmsk enoki. tp bisalah skrg nahan dulu
profile picture
@marikemana oalah gituuu
Kalau jamur sih ane suka jamur putih yang biasa ada di sop ituloooh
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch disop? jamur tiram ya gan? jamur yg biasanya dimasak goreng tepung itu? klo ane dari dulu udh suka jamur sih gan, berbagai jenis jamur ane suka wkwk
profile picture
@marikemana

Naaah, jamur yang ini loh gan. Di google sih jamur putih salju wkwkw gak tau apa itu beneran namanya atau bukan.

Kalau jamur crispy mah favorit ane banget ituuu wkwkkw buat cemilan enak, buat lauk juga enak, ditambahin sambel bawang aja tuh wah mantep bangeeet
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch oh jamur salju, paham paham.. ane jg suka sih sm ini jamur. biasanya klo kondangan dpt sop pasti ada jamur saljunya, emang enak sih ya teksturnya macem rumput laut wkwk
jamur crispy enak gan, ane suka bikin dirumah. tp klo jamur tiram sih gak pernah zonk sih, mau di gor ato tumis ttep enak
profile picture
@marikemana iya gan biasanya di sop kondangan. Dulu ane ga begitu suka jamur. Setelah nyobain jamur putri salju, wah enak. Mibta dimasakin sop kayak gitu sama emak wkwkwkwk
Jamur crispy sih andalan gan hahahah
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch cobain jamur2 yg laen deh gan. jamur kuping juga enak teksturnya hampir sama kek jamur putri salju. jamur tiram tuh diapa2in jg enak, gor tepung ato tumis. jamur kancing jg mantul
profile picture
@marikemana iya gan ane kalau sekarang udah doyan beberapa jamur. Tapi gak tau jenis jamur apaan. Makan aja gitu hahahahha asalkan jangan jamur yang beracun
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch yakali makanin jamur beracun gan, wkwk
profile picture
@marikemana wkkwwk yaaa bisa aja gan pas bocah, suka main pasaran terus asal makan aja wkwkw naudzubillaaaaah
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch wah bahaya itu klo emg beneran konsumsi jamur beracun, jgn smpe deh
profile picture
@marikemana iya gan, namanya bocah kan suka bereksperimen wk tapi ya gak makan jamur beracun juga dong emoticon-Hammer2
Soalnya ane pernah gan pas masih kecil di kebon deket rumah sodara ane, liat ada jamur di pohon yg udah tumbang. Ada rasa penasaran tapi masih takut hahahaha
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch klo jamur tuh gak bisa sembarangan petik sih. Klo mau metik dipekarangan gt mah jg harus tau dulu ini jamur layak makan apa kagak. Serem jg gan klo keracunan jamur wkwk
profile picture
@marikemana makanya gaaan hahhahaha kan gak tau tuh mana jamur yang layak konsumsi mama yang enggak yakkk
profile picture
marikemana
kaskus addict
@ben.cumberbatch kuncinya jangan coba2 deh gan, makan jamur yg banyak dijualin ajah. Tp klo roti yg udah jamuran juga jgn dimakan juga sih, ttep aja keracunan wlwpn sama2 dijual wkwk
profile picture
@marikemana wk oiyaaa keinget roti tuh
Kadang ada yg dibuangin bagiam jamurnya di roti. Padahal mah udah ga layak makan semua ituuu
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 30 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di