CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bukan Solusi Jangka Panjang, Kalung Anti Corona Kementan Ditertawakan Dunia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f02618ca2d1954429038e7d/bukan-solusi-jangka-panjang-kalung-anti-corona-kementan-ditertawakan-dunia

Bukan Solusi Jangka Panjang, Kalung Anti Corona Kementan Ditertawakan Dunia?

Bukan Solusi Jangka Panjang, Duh! Kalung Anti Corona Kementan Ditertawakan Dunia Internasional?



POJOKSATU.id, JAKARTA – Rencana Kementerian Pertanian memproduksi kalung anti corona membuat analis politik Universitas Islam Indonesia (UII), Geradi Yudhistira khawatir Indonesia akan jadi bahan olok-olok dunia.

“Ini saya khawatir bakal diketawain sama dunia internasional kalau kayak gini,” sindirnya, Minggu (5/7).

Selain rencana produksi kalung itu tidak dibekali riset yang jelas dari lembaga kredibel, Geradi juga menyoroti pola pikir bangsa yang seolah hanya fokus pada jangka pendek.

Tidak pernah ada pola pemikiran solusi jangka panjang sehingga pandemik corona bisa selesai menyeluruh.

Namun demikian, solusi jangka panjang tersebut memang harus fokus dan membutuhkan ketekunan berpikir agar dapat mengeluarkan solusi jangka panjang.

“Mungkin karena terlalu susah, makanya mungkin tidak dipikirkan solusi jangka panjang, sehingga yang dipikirkan solusi-solusi jangka pendek kayak gini yang sama sekali tidak jelas efektivitasnya,” terang Geradi.

(sta/rmol/pojoksatu)

https://pojoksatu.id/news/berita-nas...internasional/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 33 lainnya memberi reputasi
Orang Indonesia itu aneh, jika bangsa lain umumin obat covid semua puja puji contoh redemvisir, cloroquin, avigan dll. Padahal sama2 belum teruji klinis tapi pada sibuk nyuruh pemerintah untuk beli.

Lalu kalo anak bangsa menemukan produk yg bisa menghambat penularan covid. Langsung dihujat2, dibilang mempermalukan bangsa.

Hey... Apa kalian tidak ingat, saat mahasiswa dari wuhan turun di pulau Natuna lalu disemprot disinfektan. Semua menghujat, dibilang mempermalukan bangsa di mata internasional. Tapi tak lama kemudian banyak bangsa di dunia yang juga melakukan prosedur penyemprotan disinfektan.

Ini karya anak bangsa, hasil kerja keras ilmuwan Indonesia, sudah melalui uji laboratorium, sekalipun belum diuji pada mers cov2, tapi setidaknya sudah terbukti membunuh virus Corona yg mirip mers cov 2, teruji membunuh virus H5N1, teruji membunuh mers dan beberapa virus lainnya.

Kalau pun di produksi masal oleh pabrikan farmasi, justru baguskan. Produk ini tidak diproduksi pakai anggaran APBN tapi dari pihak swasta sekaligus memberi pemasukan ke kas negara juga.

Setelah produk dipasarkan, memakai produk ini sebenarnya membantu proses uji klinis itu. Kita lihat saja setelah banyak orang yang memakai produk ini, adakah perubahan kurva covid19?

Kalau Ane sih salut dengan keberanian mereka melounching produk ini, yang berarti mereka rela hasil penelitian nya hanya dianggap jamu. Yg penting dapat segera dimanfaatkan masyarakat umum. Karena kalau mereka bersikukuh menjadikannya obat, barang itu hanya tersimpan di laboratorium dalam waktu lama sampai uji klinis selesai (tahunan).

Kalau bisa membantu mencegah penularan covid dan produk ini aman digunakan, why not.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skiesman dan 66 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

@arie87 Yang macem begini:

emoticon-Ngakak


tapi memang sih
ane ke korea ndak nemuin batu cem gitu buat dibikin kalung diklaim untuk kesehatan dst.
entah kenapa di sini kok laku emoticon-Hammer
profile picture
hantupuskom
kaskus geek
@arie87 [mention]widya poetra[/mention] karna disini banyak org yg gampang dibodoh2in gan
emoticon-Embarrassment
profile picture
didit.d
kaskus addict
[MENTION]widya poetra[/MENTION]

hargai para peneliti emoticon-Mad mereka cari makan emoticon-Mad
profile picture
johanbaikatos
kaskus maniac
[MENTION]widya poetra[/MENTION] @arie87 pagi2 dah dapat suguhan bagus ane gan mancapppp... mungkin karena ada rasa nationality inferior yg complex ya, kecenderrungan merasa bangga memakai merk atau brand luar negeri (walaupun memang sebagian besar barang luar negeri kualitasnya bagus) , hal kaya gini umum banget terjadi di hampir seluruh asia tidak hanya barang atau produk merambah sampai pencarian jodoh, bahkan yang paling menyedihkan adalah mengadopsi ideologi luar negeri yg cenderung kurang cocok di aplikasikan di tengah masyarakat majemuk kita.
Apa yg dikatakan dan dipikirkan @larapiqueer dkk ada benarnya juga, memang bangsa ini haus akan prestasi dalam berbagai bidang, rindu dengan pencapaian, tapi cenderung menyerahkan tanggung jawab untuk berprestasi pada orang lain atau malah terkagum dengan pencapaian orang lain.

Jadi jauh banget ya soal kayu putih dan anti korona. Btw Menkes jauh lebih bijak menyikapi hal diatas dengan mengambil aspek psikis dari pemakaian aksesoris kementan diatas, diharap ada keyakinan kuat dan keyakinan kuat serta optimisme ini bukan berbuah pada kelalaian menjaga keselamatan diri tapi berbuah pada semakin waspada dan imunitas meningkat walaupun penelitian yang menjelaskan secara gamblang antara keyakinan dan imunitas belum banyak, mungkin juga ada benarnya.

Selamat pagi selamat beraktivitas.
profile picture
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

@hantupuskom

ini udah ada yang jualan di toko online
mendompleng viralnya kalung "antivirus" kementan

yang ane takutkan adalah karena di sini banyak orang yang gampang dibodoh2in malah nanti beli kemudian merasa kebal sehingga melalaikan prosedur kesehatan karena sudah memakai kalung "antivirus"

Makanya komunikasi itu perlu supaya masyarakat jangan salah persepsi. Kementan sudah mulai memperbaiki dengan menegaskan bahwa produknya adalah produk jamu & penelitian masih berjalan sehingga tidak ada klaim spesifik produknya yang ada beberapa jenis dengan pemakaian tertentu adalah antivirus corona (sars-cov-2) yang bisa mencegah/membasmi corona.


emoticon-Angkat Beer
profile picture
hantupuskom
kaskus geek
[mention]widya poetra[/mention] yg ditakutkan itu org2 jadi ngerasa aman dari corona klo pakek gituan
dan mirisnya penjabat negara ini sering tidak mau mengaku salah dan minta maaf atas kebijakan dan omongannya
kyk kemenkes kemaren


mirisnya klo yg ini udah termasuk penipuan karna diawal ngaku2 antivirus corona dan dikalungnya ada tulisan antivirus corona begitu dikritik dan ditanya pengujiannya blg itu cuman jamu bukan antivirus
emoticon-Turut Berduka
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@arie87
jepang udah bikin shut out dari jaman bahula.
kagak ada tuh orang indoneaia yang teriak teriak.
halu aja lu
emoticon-Ngakak
profile picture
rrputro
kaskus holic
obat tradisional itu di Indonesia ada 3 tingkatan, jamu, obat herbal terstandar, dan Fitofarmaka.
jamu, banyak contoh nya.
obat herbal terstandar misalnya tolak angin, mastin.
Fitofarmaka misalnya stimuno.

setingkat jamu dan obat herbal terstandar, belum boleh mencantumkan klaim "menyembuhkan", tentu ada alasannya.
Fitofarmaka baru boleh mencantumkan klaim "menyembuhkan" penyakit, karena sudah levelnya sudah setingkat obat konvensional.

membaca tulisan diatas, bahwa katanya jamu tidak boleh klaim "khasiat pengobatan"? siapa bilang tidak boleh? boleh kok mencantumkan khasiat pengobatan dilabelnya emoticon-Baby Boy 1
Namun, penulisan khasiatnya harus mengikuti regulasi untuk level jamu. Apa itu? Terapi suportif. Biasanya tertulis "membantu meringankan gejala..." Atau yang semakna. Jadi bukan tidak boleh mencantumkan klaim khasiat pengobatan di produk jamu ya.

Btw, ane juga pernah jadi peneliti gan. Tapi bukan tentang virus korona ya emoticon-Malu
Ane juga pernah meneliti tanaman obat untuk antibakteri, tapi ini dalam skripsi dulu, bukan suatu produk emoticon-Ngakak
Klo misalnya, tanaman obat ane jadi produk jamu, ya tentulah produk ane tidak boleh mencantumkan "antibakteri" atau antibiotik di label. Dan ane sebagai penelitinya sudah "sadar" thd regulasi tersebut. Jadi ane sebagai penelitinya juga "ikhlas" bila klaim "menyembuhkan" tidak boleh dicantumkan.

Selamat pagi semuanya, semoga pada heppi2 yah emoticon-Maaf Agan

emoticon-Om Telolet Om!
profile picture
didit.d
kaskus addict
Spoiler for KALUNG EMAS:
profile picture
rrputro
kaskus holic
btw, klo bingung kata2 klaim. klaim menyembuhkan misal antibiotik, antivirus, antifungal, analgetik, antikanker, dll...
klaim terapi suportif, biasanya ada kata2 seperti "membantu bla bla bla..."

seperti itu gan.
moon maap klo ada salah2 kata emoticon-Malu
profile picture
rrputro
kaskus holic
@didit.d
wkwkwk mantap itu masgan. dibuka tutup nya biar semerbak wangi kayu putih emoticon-Malu
profile picture
arie87
kaskus addict
@hantupuskom kemarin gw udah komen persis kek komen lu, masih di trid ini emoticon-Malu
profile picture
maverick4ever
kaskus maniac
Aroma wangi minyak kayu putih menghalau droplets berisi virus sehingga berbelok arah. Kalau lalat bisa belok karena ada sayap, kalau droplets virus?
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile picture
biglingz
kaskus addict
@rrputro wah.. Nambah ilmu lagi soal perjamuan.. Wkwk
Ini baru BP....
Suwun gan..


Brati bener kata agan widya di atas yak. Klaim antivir bla2 munhkin bukan dari Penelitinya... Tapi udah di gorenh2..
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@biglingz
digoreng gimana?
udah jelas di kemasan nya ada tulisan antivirus
profile picture
udah gak usah belain orang bego lah ntar lo juga ikutan bego, sudah jelas gak ada penelitian ilmiah soal kalung ekstrak tanaman bisa sembuhkan corona, kalau obat macam avigan dan remdesivir memang terbukti mengurangi replikasi virus di dalam tubuh, meskipun vaksin yang membuat orang kebal virus belum ada. Makanya mikir pakai otak jangan pakai dengkul !
profile picture
rrputro
kaskus holic
@biglingz
saling sharing ilmu gan, demi kemajuan bersama emoticon-Toast

Iya sepakat dengan agan widya diatas
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@jerrystreamer1 ini yg kupelajari saat kuliah dulu, minyak atsiri sudah dipakai nenek moyang kita untuk pengobatan dan pengawetan makanan.

Kalo Elo masih nggak percaya ama ilmuwan Indonesia, bagaimana kalo ilmuwan luar. Ini abstraksi penelitian mereka yg bilang minyak Atsiri ada yg punya kemampuan antiviral.

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0882401019304310

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6296812/

https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/02786826.2012.708948

https://bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472-6882-12-81

Sebelum goblok2 in ilmuwan yg punya berderet2 titel dibelakang dan depan namanya,ngaca dulu ilmu mu setinggi apah.
profile picture
hantupuskom
kaskus geek
@jerrystreamer1 @larapeequer kementan udah merevisi klo tuh kalung cuman aroma terapi bukan antivirus



klo masih bebal jg mending lo minum obat deh, mungkin ada yg salah sama otak lo @larapeequer
emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 241 - 260 dari 312 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di