CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Mengubah Hobi Menjadi Karir, Bisakah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef77f5adbf7646a6102d93b/mengubah-hobi-menjadi-karir-bisakah

Mengubah Hobi Menjadi Karir, Bisakah?


Sumber gambar : di sini



Mengerjakan suatu pekerjaan yang kita suka, kemudian dibayar. Mau saja atau mau banget! Pasti mau banget, kan! Bukan hal yang mustahil jika ingin menjadikan hobi kita sebagai karir. Misalnya, memasak, berternak lele atau ikan nila, olahraga, seni musik bahkan menulis.


Baca juga : [NOVEL] - Kinayung


Tentu ya, jika melakukan suatu pekerjaan yang disukai dan didasari dengan hati, maka pekerjaan yang sebenarnya berat pun terasa ringan dan menyenangkan. Lantas, bagaimana caranya untuk membuat hobi menjadi karir yang menguntungkan? Simak penjelasan berikut, Gan/Sist!


1. Cari tahu hobi yang benar-benar ditekuni


Hobi merupakan kegiatan yang dilakukan secara teratur dan dikerjakan atas dasar kesenangan diri. Biasanya aktivitas ini dilakukan selama waktu luang. Hobi yang dimiliki bisa lebih dari satu. Maka, carilah hobi apa yang sebenarnya disukai, yang membuat aman, nyaman dan menyenangkan.

Setelah memilih, pastikan hobi tersebut berpotensi untuk mendatangkan pendapatan. Misalnya, hobi memasak. Berarti bisnis yang bisa dilakukan adalah membuat kursus memasak atau bisnis kuliner.



2. Membuat rencana


Untuk mengubah hobi menjadi karir yang menghasilkan, maka harus menyusun sebuah perencanaan untuk keberhasilannya. Rencana ini harus disusun sebaik mungkin dari hal sekecil apapun. Bagaimana langkah yang harus diambil jika banyak keuntungan? Atau bagaimana langkah yang harus diambil jika mengalami kerugian?

Keuntungan banyak adalah harapan bagi semua pebisnis. Namun, jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil, terutama tentang pelayanan prima kepada pelanggan atau konsumen. Jangan pula bersikap sombong dan angkuh, karena sejatinya konsumen tidak menyukai bahkan menghindari hal tersebut.

Jika mengalami kerugian, koreksi kembali. Mungkin ada salah dalam hal manajemen keuangan atau pelayanan prima yang kurang bahkan ketidakdisiplinan pada diri.

Membuat rencana ini termasuk menentukan target pasar. Target pasar yang tepat bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan bisnis selanjutnya.



3. Membuat strategi penjualan produk


Tujuan utama dari awal bisnis adalah menjadikan produk atau jasa menjadi nomor satu di mata konsumen. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dari para pebisnis. Untuk itu, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan.

Jika bisnis yang ditekuni adalah menjual layanan jasa, maka bisa membuat program coba gratis. Konsumen yang sudah merasakan dan puas terhadap layanan jasanya, maka akan menyebarkan dari mulut ke mulut.

Jika menjual produk, maka bisa memberi diskon dalam waktu tertentu. Kemudian memasang iklan dan menyebar spanduk.

Hal yang perlu diperhatikan, baik itu dalam penjualan jasa atau produk adalah pelayanan prima. Pelayanan prima adalah menyampaikan informasi, pelayanan dan produk kepada konsumen dengan sebaik-baiknya sehingga kepuasan konsumen dapat tercapai.



4. Membuat jaringan


Di era modern seperti saat ini, kehadiran internet sangat membantu para pebisnis. Semua kalangan sudah mengenal internet. Maka, tidak ada salahnya jika menggunakan internet melalui media sosial untuk membuat jaringan. Misalnya, membuat group WhatsApp, memasang status pada WhatsApp, beriklan di media sosial seperti facebook, instagram atau membuat toko online.

Perlu diingat juga ya! Walaupun internet sudah berkembang pesat, namun bukan berarti bisnis yang terjadi dari mulut ke mulut sudah tidak berlaku sama sekali. Meskipun terdengar kuno, tetapi cara ini merupakan salah satu alternatif yang cukup ampuh untuk memasarkan produk atau layanan jasa.



5. Jeli melihat persaingan


Walaupun sudah sukses dengan bisnis yang digeluti, jangan pernah lengah terhadap persaingan di sekitar. Mungkin suatu saat akan bermunculan bisnis yang sama. Tetap memberikan pelayanan prima, kreatif mengemas produk atau layanan jasa dan juga memberikan penawaran nilai yang lebih menarik adalah hal-hal yang perlu untuk dilakukan.



Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin merubah hobi menjadi karir. Tentunya, hal tersebut sangat menyenangkan. Namun, kedisiplinan diri dan keyakinan diri perlu dikuatkan. Jangan setengah-setengah dalam melakukan dan berpikir kritis sebelum memutuskan.

Di masa new normal seperti sekarang ini, tetap patuhi himbauan pemerintah ya! Ikuti protokol kesehatan saat hendak beraktivitas di luar rumah. Jangan menyerah dengan keadaan. Stay Health!



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Jika ada yang mau menambahkan, boleh sekali.


Referensi :
1. Opini pribadi
2. Di sini
3. Di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
taufik1804 dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alva610
Quote:


Ane hobby mengarang menulis ampe dulu bisa bikin cerpen picisan... tapi kenapa malah nyasar jualan nasi padang ya gan emoticon-Wakaka
profile-picture
alva610 memberi reputasi
profile picture
TS alva610
kaskus addict
keren jualan nasi padang. laris selalu gan.
profile picture
@alva610 alhamdulilah puji Tuhan jalan hidup yg kagak ane sangka...
Pas sekolah berharap jadi bankir gaji gede baju necis wangi kerja di ruang AC ... dikelilingi teller karyawati bank yg geulis

Jalan hidup malah tersesat usaha mandiri kuliner gan 😂😂😂😂
profile picture
TS alva610
kaskus addict
@priamuda69 sukses selalu, gan.
profile picture
@alva610 masama gan... sampeyan juga sukses juga di usahanya 👍👍👍
profile picture
TS alva610
kaskus addict
@priamuda69 aamiin emoticon-Shakehand2
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 5 dari 5 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di