CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd1e5588b3cb4c26344305/beredar-surat-pemerintah-setop-program-paket-pelatihan-di-kartu-prakerja

Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja



Beredar surat pemerintah menyetop program paket pelatihan di kartu prakerja. Keputusan ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam surat yang ditujukan kepada mitra penyedia layanan yang menyediakan paket pelatihan di program tersebut.

"Manajemen pelaksana memutuskan untuk menghentikan seluruh transaksi dan penjualan paket pelatihan yang ditawarkan oleh mitra platform digital agar pelaksanaan program kartu prakerja dapat dilakukan sesuai dengan aturan perundang-undangan," kata Denni dalam surat pemberitahuan yang didapat kumparan, Rabu (1/7).

Namun, surat tersebut tidak menjelaskan paket pelatihan apa saja yang dimaksud.

Dengan adanya keputusan ini, Denni meminta seluruh mitra platform digital untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan. Termasuk, mencabut dan menghentikan penjualan paket pelatihan.

Surat keputusan ini ditujukan bagi mitra prakerja yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, Pijar Mahir, Pintaria, SekolahMu, Sisnaker, Skill Academi by Ruangguru dan Tokopedia.


Denni mengatakan penghentian paket pelatihan ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan pelaksana program kartu prakerja. Berdasarkan evaluasi, ada beberapa hal yang menjadi catatan.

Pertama, beberapa mitra platform digital membuat dan menawarkan produk paket pelatihan yang terdiri dari beberapa jenis atau kelas pelatihan oleh satu atau beberapa lembaga pelatihan di masing-masing platform.

Kedua, tak ada mekanisme yang dapat memastikan tiap peserta yang mengambil atau membeli paket pelatihan menyelesaikan seluruh jenis atau kelas pelatihan. Akibatnya, tidak ada laporan mengenai penilaian peserta pelatihan.

Atas dasar ini, manajemen pelaksana tak dapat melaksanakan tugasnya untuk melakukan evaluasi terhadap satu atau beberapa jenis atau kelas pelatihan yang ada dalam paket tersebut.



Ketika dikonfirmasi, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky membenarkan adanya surat tersebut. Namun, ia menegaskan pelatihan kartu prakerja tidak disetop. Yang dihentikan hanya lah paket pelatihan yang terdiri dari beberapa jenis pelatihan dari satu atau lembaga yang berbeda.

"Paketnya yang disetop. Bukan pelatihannya. Kalau dia lebih dari satu pelatihan, dijual secara bundling ini disetop. Pemaketannnya disetop. Alasannya karena informasi penyelesaiannya paketnya tidak lengkap. Ini tidak memenuhi persyaratan Permenko Nomor 3/2020," ujar Panji.

Pemernko Nomor 3 Tahun 020 merupakan permenko tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturaan Presiden Nomor 36/2020 tentang pengembangan kompetensi kerja melalui program kartu prakerja.

sumber

***
Katanya dihentikan biar sesuai dengan aturan perundang-undangan?

Bagaimana dengan yang sudah jalan. 1,6 Triliun lho duit negara sudah digelontorkan.

Kok bikin aturan seenaknya aja?
Apa karena duit negara sudah nga ada lantas dihentikan?
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 36 lainnya memberi reputasi
Lagian udah ada BLK ngapa pake bikin beginian sih. mendingan juga kembangin tuh BLK. tambah fasilitas, kuota peserata, dan juga insentifnya. lebih nyata krn praktek langsung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bopalkopral dan 8 lainnya memberi reputasi
profile picture
nowbitool
kaskus maniac
Harusnya di tiap kota yah gan...

Emang masih sedikit sih, mau BLK lengkap juga harus punya lahan besar untuk setiap profesi...
profile picture
maulana.chita.m
aktivis kaskus
@nowbitool iya gan. selama ini BLK lumayan sangat membantu soalnya. dan cuma ada di beberapa kota doang krn dananya dari PEMDA. CMIIW
profile picture
nowbitool
kaskus maniac
@maulana.chita.m kata mereka (pihak BLK) klo dana dr KEMNAKER belum turun suka di cover sendiri yang berakibat ada pengurangan tunjangan...
profile picture
maulana.chita.m
aktivis kaskus
@nowbitool waduuh kasian juga ya gan.
profile picture
gikogaza
kaskus geek
blk
tmn ane nih ikut
kelar latihan krj di pabrik nama besar emoticon-Genit
ditarik
profile picture
nowbitool
kaskus maniac
@gikogaza wah semoga nasib w begitu... emoticon-Matabelo
profile picture
biglingz
kaskus addict
Ane pernah nih ikut yg pelatihan industri kulit. Berguna sih, soalnya lgsg praktek. Bikin dompet ane dulu.. Cuma jeleknya cuma diajarin produksi doang. Kagak diajarin cara ngejualnya himana. Cra dapet modal usahanya gimana..
profile picture
Ane sedikit cerita soal blk, ane pernah ikut blk 2013, di depok gak ada tuh blk sampe sekarang kayanya, makanya ane daftar jakarta timur ciracas eh ditolak karna bukan ktp jakarta, terus di tolak lagi di jaksel juga gara" ktp, dapat info blk jaktim kalimalang perbatasan bekasi orang non jakarta boleh ikut. Ane masuk belajar kaya anak praktek smk selama beberapa bulan, lulus cuma dapet sertifikat doang gak ada jaminan bakal di salurin kerja, ada beberapa perusahan dateng ke blk itupun outsorcing dengan potongan gaji gede, jadi sama aja kaya prakerja tuh kaya blk
profile picture
gikogaza
kaskus geek
@rachmansdk tmn ane jg 2013
blk bekasi
abis kelar di tarik pt besar bagian maintenance kata dia
profile picture
@gikogaza ane 2013 agustusan, ane gak tau tmn ente bulan" apa, yg jelas bulan ane" tuh gak ada perusahaan dateng ke blk
profile picture
gikogaza
kaskus geek
@rachmansdk awal tahun si kalo ga salah emoticon-Hammer (S)
profile picture
kureno23q
kaskus maniac
mending manfaatin kampus negeri kota masing2 kalo gitu, koordinasinya juga langsung dari kementerian

BLK kota terdekat, bisa support dalam bentuk tambahan materi, sampai ke channel penyedia kerja
profile picture
maulana.chita.m
aktivis kaskus
@rachmansdk makanya ane bilang, mending di kembangin gan. cari perusahaan2 pabrik yg siap terima lulusan BLK. atau di bikinin UMKMnya sekalian terus di kelola pemerintah. pada dasarnya, ilmu praktek sama ilmu theory mendingan praktek langsung gan. CMIIW
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 13 dari 13 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di