CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Siswa Ikut Ekskul Agama Islam dan Kristen, Nilainya Bagus Semua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd2f55b8408875ff5822e4/viral-siswa-ikut-ekskul-agama-islam-dan-kristen-nilainya-bagus-semua

Viral Siswa Ikut Ekskul Agama Islam dan Kristen, Nilainya Bagus Semua




Suara.com - Viral di media sosial , foto rapor seorang siswa yang tampak janggal karena mendapat penilaian bagus dalam kegiatan ekstrakurikuler .

Beda dari pelajar lainnya, siswa yang disebutkan bernama Crispus Adlai Anthony ini rupanya mengikuti dua kegiatan ekstrakurikuler bidang keagamaan sekaligus.

Hal itu terungkap lewat unggahan siswa tersebut lewat Instastory yang kemudian dibagikan ulang oleh akun Instagram @awreceh.id belum lama ini.

Crispus menampilkan foto kolom penilaian empat kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya, di mana dua di antaranya yakni tertulis Rohani Kristen dan Rohani Islam.

Dalam dua kegiatan itu, Crispus mendapat penilaian baik karena dianggap dapat menguasai materi yang diberikan saat kegiatan ekstrakurikuler.

Tertulis bahwa Crispus mampu memimpin pujian saat kegiatan rohani kristen dan mampu membaca serta mamahami Alquran saat mengikuti ekstrakurikuler rohani islam.

Sementara, sebagai keterangan unggahannya, Crispus lantas menuliskan, "Alhamdulillah" sebagai ucapan syukur.

Sontak, unggahan siswa tersebut menuai sorotan di kalangan warganet .
Sebab, umumnya seorang siswa memilih satu kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, sedangkan Crispus memilih dua kegiatan sekaligus.

"Double pahala?" tulis @awreceh.id seperti dikutip Suara.com, Rabu (1/7/2020).

Tak sedikit warganet yang kemudian memberikan komentar kocak setelah melihat nilai Crispus yang memuaskan dalam dua kegiatan ekstrakuler agama.

Seperti akun @rio_immanu*** yang berseloroh,
"Masuk surganya kayak lottery, satu gak dapat, cek satunya lagi".

"Besar kelak engkau akan menjadi pemersatu dua umat beragama bro," timpal @poposong***.

"Deposit pahala," celetuk @dsyura**.

Adapun warganet @akbara*** berkomentar , "Bukankah kemungkinan masuk surga lebih besar? dapat pahala dari 2 agama sekaligus".

Sejak dibagikan, unggahan soal siswa yang mengikuti dua ekstrakurikuler rohani itu telah mendapat lebih dari 283 ribu likes.


https://www.suara.com/news/2020/07/0...bacajugabody_2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 24 lainnya memberi reputasi
Loh emangnya Kristen ada istilah "pahala"? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MuzTank dan 14 lainnya memberi reputasi
profile picture
pulaukapok
kaskus maniac
Adanya pahala kencana gan.....#embim
profile picture
optimus82
aktivis kaskus
ada lah om...mungkin beda katanya tp mksdnya sama aja
emoticon-Shakehand2
profile picture
Ada nama nya "berkat"
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
tupaisql
kaskus holic
@Jizyah101 maaf di mari pakai kata Gusti *ll*h Wasalam, bahkan di setiap jampi semprot kemakanan jajanan kalian juga disumpahin pakai ini
profile picture
Rinka17 
KASKUS Plus
@Jizyah101

pahala dari bahasa Sansekerta

Tuhan dari bahasa Melayu kuna, artinya Tuan
profile picture
klo ditempat ane agama bukan masuk kegiatan ekskul gan. tp pelajaran wajib.

gpp lah klo dia ikut 2 pelajaran agama sekaligus. klo lebih tau mgkn bisa lebih bertoleransi lagi. lagian agama kan pilihan masing2 bukan turunan.

malah ada tmn ane waktu kuliah, dia keturunan arab, tp dia juga ambil matkul agama kristen. katanya sih biar lbh tau agama kristen, dr kecil sdh tau agama islam.
profile picture
ah elah debat lagi, lebih mudah disebut kebaikan, gitu aja kok repot🤭
profile picture
gapatar
kaskuser
wah keren itu agama bukan pelajaran wajib tp ekskul.
patut dicontoh
profile picture
darknight237
aktivis kaskus
@gapatar mungkin tetep jadi pelajaran wajib, cuma kalo ambil ekskul nanti ada tambahan materi seperti belajar bahasa arab, dll. Jadi kalo untuk yg gak ikut juga dapat pelajaran agama. Dan kalo boleh tau, alasan agan bilang patut dicontoh itu kenapa?
profile picture
gapatar
kaskuser
belajar agama dirumah masing2 aj..
yg islam ngaji, yg kristen bgitu uga(maaf ane gk hapal ssebutannya) dst
jd waktunya disekolah bisa dimanfastkan untuk pelajaran lain misalkan pengenalan potensi diri dll.
profile picture
Rinka17 
KASKUS Plus
@gapatar persekutuan sebutannya
sama aja kaya pengajian
profile picture
gapatar
kaskuser
nah ya itu...menurut ane urusan agama lebih baik disitu..lebih matang siswanya
profile picture
Rinka17 
KASKUS Plus
@gapatar
kadang-kadang dibilang pengajian Kristen
profile picture
latsyrc
aktivis kaskus
paha itu cuma di kfc danmcd dan resto cepat saji yang lain ya gan,.......?!
profile picture
Jizyah101
Auto Banned
@Rinka17
Quote:


Kata Tuhan dalam bahasa Melayu berasal dari kata tuan. Buku pertama yang memberi keterangan tentang hubungan kata tuan dan Tuhan adalah Ensiklopedi Populer Gereja oleh Adolf Heuken SJ (1976). Menurut buku tersebut, arti kata Tuhan ada hubungannya dengan kata Melayu tuan yang berarti atasan/penguasa/pemilik.[17] Kata "tuan" ditujukan kepada manusia, atau hal-hal lain yang memiliki sifat menguasai, memiliki, atau memelihara. Digunakan pula untuk menyebut seseorang yang memiliki derajat yang lebih tinggi, atau seseorang yang dihormati. Penggunaannya lumrah digunakan bersama-sama dengan disertakan dengan kata lain mengikuti kata "tuan" itu sendiri, dimisalkan pada kata "tuan rumah" atau "tuan tanah" dan lain sebagainya. Kata ini biasanya digunakan dalam konteks selain keagamaan yang bersifat ketuhanan.[18]

Ahli bahasa Remy Sylado menemukan bahwa perubahan kata "tuan" yang bersifat insani, menjadi "Tuhan" yang bersifat ilahi, bermula dari terjemahan Alkitab ke dalam bahasa Melayu karya Melchior Leijdecker yang terbit pada tahun 1733.[19][20] Dalam terjemahan sebelumnya, yaitu kitab suci Nasrani bahasa Melayu beraksara Latin terjemahan Brouwerius yang muncul pada tahun 1668, kata yang dalam bahasa Yunaninya, Kyrios, dan sebutan yang diperuntukkan bagi Isa Almasih ini diterjemahkannya menjadi "tuan". Kata yang diterjemahkan oleh Brouwerius sebagai "Tuan"—sama dengan bahasa Portugis Senhor, Prancis Seigneur, Inggris Lord, Belanda Heere—melalui Leijdecker berubah menjadi "Tuhan" dan kemudian, penerjemah Alkitab bahasa Melayu melanjutkan penemuan Leijdecker tersebut. Kini kata Tuhan yang awalnya ditemukan oleh Leijdecker untuk mewakili dua pengertian pelik insani dan ilahi dalam teologi Kristen atas sosok Isa Almasih akhirnya menjadi lema khas dalam bahasa Indonesia.[19] Di dalam Alkitab Terjemahan Baru (1974), kata Tuhan (dan keluarga katanya, mis. Tuhanku) disebutkan sebanyak 7677 kali dalam 6510 ayat di seluruh protokanonika Perjanjian Lama (Ibrani) dan Perjanjian Baru (Yunani).[21] Kata ini paling sering digunakan untuk menerjemahkan kata Kurios (Yunani) dan Adonai (Ibrani). Selain itu, khusus untuk menerjemahkan Tetragrammaton YHWH, penerjemah TB dalam edisi cetak menggunakan huruf kapital (smallcaps) Tuhan, mengikuti tradisi terjemahan yang sudah ada[22], misalnya dalam Kejadian 2:4, "Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika Tuhan Allah (YHWH Elohim) menjadikan bumi dan langit, --".[23] (Namun untuk menulis "Adonai YHWH" digunakan "Tuhan Allah", misalnya dalam Yesaya 61:1, "Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,") emoticon-Cape d... (S)
profile picture
Rinka17 
KASKUS Plus
di bahasa Melayu kuno, Tuha artinya Tua
profile picture
bauasemloe
kaskus maniac
konsep pahala di kristen ya ga ad... berbuat baik udh wajib kok... emoticon-Leh Uga

btw ga ush debatin konsep TUHAN dr bahasa ga nyampe otaklu... hati lu doang yg bs paham...
profile picture
Rinka17 
KASKUS Plus
@Jizyah101 Tuan di bahasa Melayu sekarang berasal dari kata Tuhan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 20 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di