CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Trump Sudah Ngamuk, Apakah China Bakal Jadi 'Musuh' Dunia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc43078d94d056022d6201/trump-sudah-ngamuk-apakah-china-bakal-jadi-musuh-dunia

Trump Sudah Ngamuk, Apakah China Bakal Jadi 'Musuh' Dunia?



Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump marah lagi. Seperti biasa, emosi sang presiden ke-45 Negeri Adidaya ditumpahkan melalui cuitan di Twitter.

"Saat saya melihat pandemi semakin menampakkan wajah jeleknya di seluruh dunia, termasuk kerusakan yang luar biasa di AS, saya jadi semakin marah kepada China. Orang-orang bisa melihat dan merasakannya," cuit Trump.

[Gambas:Twitter]

Pandemi yang dimaksud Trump adalah penyebaran virus corona (Coronavirus Disease-2019). Sejak bermula di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China pada akhir 2019, virus ini menyebar ke seluruh dunia dengan kecepatan yang luar biasa. Hanya dalam waktu sekitar enam bulan, jumlah pengidap virus mematikan ini sudah mencapai lebih dari 10 juta orang.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jumlah pasien positif corona di seluruh dunia per 30 Juni adalah 10.185.374 orang. Bertambah 163.973 orang (1,64%) dibandingkan sehari sebelumnya.

Trump ngamuk karena negaranya menjadi yang terbanyak mencatatkan kasus corona. US Centers for Disease Control and Prevention melaporkan jumlah pasien positif corona per 30 Juni adalah 2.581.229 orang. Bertambah 35.979 orang (1,41%) dibandingkan sehari sebelumnya. 


Namun bukan cuma Trump yang kesal gara-gara penyebaran virus corona dan kemudian menuntut China bertanggung jawab. Australia pun melakukan hal serupa. Marise Payne, Menteri Luar Negeri Australia, menegaskan bahwa China harus transparan dan membuka semua yang mereka ketahui tentang virus corona.

"Perhatian saya terhadap transparansi dari China saat ini sangat tinggi. Saya percaya kepada China, tetapi perhatian saya adalah memastikan bahwa kami layak untuk saling membuka diri," tegas Payne dalam wawancara bersama ABC, yang dikutip oleh Reuters. 

Economist Intelligence Unit (EIU) dalam laporan berjudul Geopolitics after Covid-19: Is the Pandemic a Turning Point? mengulas mengenai proyeksi peta geopolitik dunia usai pandemi virus corona. Apakah China akan menjadi musuh bersama?
Laporan itu menyebutkan bahwa China memang butuh kerja sangat keras untuk memulihkan reputasinya. Upaya memperbaiki reputasi itu kemudian diwujudkan dengan mengirim para ahli dan berbagai bantuan ke nagara-negara lain.
"Namun secara politis ini justru akan menjadi bumerang buat China, terutama dari para rivalnya seperti AS dan negara-negara Eropa. Hubungan China dengan negara-negara tersebut akan menjadi semakin rumit," sebut laporan itu.

Selain itu, pandemi virus corona juga akan menyadarkan dunia bahwa tidak baik terlalu tergantung kepada China. Saat ini, China memang mendominasi rantai pasok manufaktur dunia.
Oleh karena itu, Trump mengajak negara-negara lain untuk mengurangi ketergantungan kepada China dengan memindahkan fasilitas produksi ke tempat lain. Salah satu tujuannya adalah Indonesia, seperti di Brebes (Jawa Tengah).

[table][tr][td]"Banyak negara dan perusahaan akan mengkaji ulang ketergantungan terhadap China untuk produk-produk vital dan kemudian mencoba melakukan diversifikasi dalam rangka ketahanan ekonomi nasional. Pandemi ini kemungkinan akan meningkatkan hasrat untuk mengedepankan kepentingan nasional, tetapi memindahkan fasilitas produksi tentu butuh waktu," tulis laporan EIU.
Kala menjadi musuh bersama di Barat, laporan EIU menyatakan China akan mencoba memperbesar pengaruh mereka di negara-negara berkembang di Afrika, Eropa Timur, dan Asia Tenggara. China punya peluang untuk itu, dengan cara memberikan berbagai bantuan untuk mengatasi pandemi virus corona.
"Bukan kebetulan China kemudian meluncurkan inisiatif Belt and Road medis untuk beberapa negara Afrika, dalam rangka mendongkrak citra dan mengamankan proyek investasi. Namun di beberapa tempat, mungkin akan terjadi pertentangan," sebut laporan EIU.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...dunia/1

semoga saja komunis laknat biadab segara punah

persetan sama bajingan anak asia radikal pemuja komunis di bpln emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BPLN.Ahyan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh BPLN.god
Jurus Trump Menangkan Pemilu Amerika Lewat Menyalahkan China
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebc...alahkan-china/

" blame game" itu taktik trump ..
blame china

percuma trump kambinghitamkan serta salahkan china untk tutupi keburukannya
tetap saja tak bisa sembuhkan amerika
amerika tetap sickman of the world
jumlah yg terjangkit corona virus di amerika terbesar no 1 di dunia
jumlah kematian akibat corona di amerika tertinggi no 1 i di dunia ..
https://www.worldometers.info/coronavirus/
profile-picture
profile-picture
juraganind0 dan .Kakek.Sugiono memberi reputasi
profile picture
nampak jelas dalang provokator itu komunis cina.
asia sudah di obrak abrik lewat hutang dan virus.
sekarang amerika dan dunia yang diobrak abrik

keleng paok itu diadu domba oleh komunis paok cina
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di