CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
RM. Angin Berhembus, Tempat Istirahat Bus ALS Dengan Pemandangan Paling Indah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb31c5c8393a6b502ed608/rm-angin-berhembus-tempat-istirahat-bus-als-dengan-pemandangan-paling-indah

RM. Angin Berhembus, Tempat Istirahat Bus ALS Dengan Pemandangan Paling Indah

ALS salah satu bus AKAP legendaris yang harum namanya, bus yang lahir ditempat yang sama dengan Jenderal A.H Nasution. Tepatnya di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Salah satu trayek yang masih awet adalah Medan-Jakarta via lintas tengah Sumatera, dimana jalur ini melewati dua danau besar di Sumatera, danau Singkarak dan danau Toba. Adakah disini yang pernah naik bus ALS via lintas tengah Sumatera ?, TS akan membahas salah satu rumah makan bus AKAP dengan view paling indah di Indonesia. Langsung saja kita mulai ulasannya.



Rumah Makan Angin Berhembus




ALS parkir di RM Angin Berhembus.

Sumber



Kalau kalian naik bus ALS dari Jakarta menuju Kota Solok, Bukittingi, Medan dan sekitarnya. ALS via lintas tengah Sumatera adalah solusinya. Memang jalur ini akan lebih jauh, dibanding lewat lintas timur Sumatera yang cenderung lebih cepat. Cuma selisih satu hari, lintas tengah ditempuh 3 hari 3 malam (finish Medan) , dan lintas timur 2 hari 2 malam (finish Medan juga).


Trayek lintas tengah ini akan melewati beberapa kota di Sumbar, dan nanti tembus ke tempat lahir ALS, di Kotanopan. Selama naik ALS ini, kita akan makan sekitar 8x kalau TS hitung. Perlu diketahui, kalau naik bus Sumatera kita beli makan sendiri disepanjang restoran yang disinggahi bus nanti. Tiket tidak termasuk service makan, seperti bus di Pulau Jawa. Itu merupakan rule of the game yang tak tertulis, bagi mereka yang biasa naik bus ke Sumatera sudah gak kaget, buat mereka yang biasa naik pesawat dan baru pertama naik bus lintas Sumatera, pasti akan kapok naik bus lintas lagi.


Salah satu rumah makan yang paling keren dari ALS ada di Sumatera Barat, yang lebih keren lagi tempat ini tepat berada ditepi danau Singkarak. Memang di sepanjang tepi danau ini dilintasi jalur provinsi menuju Sumatera Utara, jadi tak heran tempat ini jadi favorit para pelancong serta bus AKAP dan bus pariwisata untuk beristirahat melepas lelah.




Sumber


Secara geografi danau ini masuk wilayah Kabupaten Solok dan Tanah Datar, biasanya bus ALS dari arah Jakarta atau dari arah Medan pasti menyempatkan berhenti disini. Sama seperti rumah makan Padang pada umumnya, menunya gak jauh-jauh dari rendang dan kawan-kawan. Bagi yang bosan dengan rendang, bisa pilih menu favorit lain, yakni menu nasi dan ikan bakar. Harganya Rp 25 ribu, standar RM dilintas Sumatera. Disini ada beragam menu olahan ikan juga, jadi bisa pilih sendiri, mau olahan macam apa. Dibakar atau berkuah, ngomongin masalah makanan, TS malah jadi lapar ya ?


FYI gan sist kalau kalian naik bus lintas Sumatera, gak cuma ALS ya, tapi semua bus arah Sumatera. Kalian wajib tanya dulu soal harga makanan di RM lintas Sumatera tersebut. Karena kebanyakan rumah makan disana gak ada daftar harga menu makanannya, pengalaman yang sudah-sudah ada beberapa pegawai resto yang nakal. Mematok harga makanan sekitar Rp 50 ribu, jadi pastikan kalian tanya dulu sebelum membeli. Dan gak usah malu-malu kucing, perlu diingat harga standar makanan untuk servis makan penumpang bus Sumatera adalah Rp 25 ribu rupiah. Kecuali di rumah makan itu ada daftar harganya, kalian gak perlu bertanya lagi. Tapi rata-rata gak ada.




Ilustrasi ikan bakar dari RM Angin Berhembus.

Sumber








Ini danaunya gan sist

Sumber




Menikmati Danau Singkarak


Makan ikan bakar ditemani angin sepoi-sepoi dan suasana indah danau Singkarak, benar-benar pengalaman berharga yang tak kalian dapatkan jika naik pesawat. Selain makan, kalian juga bisa sekalian membersihkan diri (mandi). Karen 3 hari 3 malam perjalanan pasti butuh mandi kan, disini pilihan kamar mandinya banyak gan sist, mau mandi sendiri ok. Mau mandi bareng-bareng juga ok, disalah satu kamar mandinya juga disediakan bak besar yang bisa digunakan untuk mandi bareng.


Mandi bareng yang dimaksud disini adalah laki-laki mandi dengan laki-laki, dan perempuan dengan perempuan, jangan salah sangka ya. Kalau kalian malu mandi bareng, ada juga pilihan kamar mandi solo. Tapi perlu kalian ingat, pintu kamar mandinya khusus disini hanya setengah badan. Usahakan bawa handuk yang cukup besar, kalau memang gak ada handuk besar, bawa spanduk bekas caleg juga boleh. Buat menutup separuh pintunya.


Air untuk mandinya langsung dari danau Singkarak gan sist, dijamin bersih dan tentunya segar. Tempat mandi di RM ini juga lumayan bersih airnya, karena ada beberapa RM dilintas Sumatera yang air kamar mandinya itu tidak layak untuk mandi. Dan gak perlu takut ditinggal kalau naik bus Sumatera, rata-rata busnya berhenti sekitar 1 jam. Pasti cukup untuk mandi dan makan, dan setelah masalah mandi dan makan selesai. Sambil menunggu berangkat, kita bisa menikmati indahnya danau Singkarak ini, benar-benar wonderfull Indonesia.


Disamping jalan utama, ada rel kereta api juga gan sist, letaknya tepat ditepi danau ini. Tapi TS gak tahu masih beroperasi atau tidak jalur beserta keretanya, kereta ini dibawah naungan PT KAI dan beroperasi sekitar tahun 2009, sebagai kereta wisata. Menurut info kawan TS, sudah jarang menemui keret yang lewat daerah danau itu lagi, CMIIW. Kalau masih berfungsi pasti keren banget ya, duduk lesehan sambil melihat kereta lewat. Kalau kita lihat ke danaunya itu berasa lihat lautan, karena airnya juga jernih, dan ukuran danaunya lumayan luas. Jadi berasa ingin berenang ketika melihat pemandangan danau Singkarak ini, sayangnya TS gak bisa berenang, jadi cukup melihat dari pinggir saja.






Rel kereta yang TS maksud.

Sumber



Danau ini juga masuk danau terbesar di Indonesia nomor 2, dengan luas mencapai 5.000 hektare dan panjangnya mencapai 23 km, dulu pernah diadakan event balap sepeda internasional. Tour de Singkarak namanya, penyelenggara event ini juga melibatkan pihak pembuat event Tour de France yang terkenal itu. Event balap sepeda ini mulai tahun 2009, benar-benar wonderfull Indonesia. Salah satu alasan TS bersyukur menjadi WNI, dimana kita punya danau Singkarak yang indah ini.










Sumber Foto

Sumber



Sekian dulu tulisan mengenai danau Singkaraknya, bagi kalian yang pernah naik ALS via lintas tengah dan mampir di RM Angin Berhembus. Silakan nanti berbagi pegalaman kalian dibawah ya, dan kalian warga Sumbar khususnya yang ingin menambahkan informasi soal danau Singkarak atau restoran favorit kalian disekitar danau ini. Ts juga mengundang kalian untuk hadir dikolom komentar emoticon-Toast



Naik jadi penumpang, turun jadi saudara. Pesona lintas Sumatera ditepi danau Singkarak, wonderfull Indonesia.




Referensi: sini, sini, dan sini
Ilustrasi: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
"jangankan kasur, kenangan bareng mantan pun diangkut"


emoticon-Matabelo

Hahaha iya Om..
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di