CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bukan Disuruh Bayar Pajak, Di Negara Ini Bersepeda Ke Kantor Malah Dibayar Negara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efbd2efc0cad76625708850/bukan-disuruh-bayar-pajak-di-negara-ini-bersepeda-ke-kantor-malah-dibayar-negara

Bukan Disuruh Bayar Pajak, Di Negara Ini Bersepeda Ke Kantor Malah Dibayar Negara


inet.detik.com

Tampaknya aktivitas bersepeda di negeri ini akan segera punah karena wacana yang dibuat oleh pemerintahnya sendiri. Baru-baru ini kita ketahui bahwa pemerintah akan memberikan pajak bagi para pengguna sepeda. Padahal saat ini bersepeda tengah menjadi trend bagi sebagian orang di Indonesia. Meskin belum banyak yang menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor, seharusnya hal ini disambut baik oleh pemerintah dengan memberikah "hadiah spesial" bagi mereka yang mau bersepeda ke tempat kerja.


weforum.org

Mengesampingkan masalah di negeri ini dan coba melihat negara lain. Mungkin kita bisa melihat apa yang dilakukan oleh pemerintah Belanda terhadap warganya yang memakai sepeda. Kenapa melihat ke Belanda? Karena dari jumlah sepeda yang ada lebih banyak ketimbang penduduk Belanda sendiri. Mereka bakan punya julukkan sebagai negara dengan jumlah sepeda terbanyak dan tidak tertandingi. Hal inilah yang kemudian menjadikan Belanda sebagai peringkat pertama negara pengguna sepeda terbanyak di dunia yang diikuti oleh Denmark, Jerman, Swedia, Finlandia serta beberapa negara lainnya. Lalu dimana posisi Indonesia? Entah, coba agan sista kira-kira sendiri emoticon-Big Grin.


holland.com

Di Belanda, pemerintahnya justru membayar warganya yang mau pergi ke kantor dengan sepeda. Setiap kilometernya, pemerintahnya akan membayar $0.22 (sekitar 3 ribu rupiah). Cukup lumayan bila jarak rumah mereka 5 kilometer, berarti dalam sehari mereka menempuh 10 kilometer. Dan bila dilakukan dalam 22 hari kerja (sabtu minggu libur) maka mereka bisa mendapatkan 660 ribu rupiah dari bersepeda ke tempat kerja. Nominal ini cukup lumayan bila diterapkan di Indonesia, tapi ane rasa enggak mungkin kalo perkilometer kita akan dibayar 3 ribu rupiah, mungkin akan dibawahnya.


youtube.com

Hal ini tentu bisa menjadi pembahasan pemerintah bahwa semua hal yang sedang menjadi trend itu jangan terus dipajaki. Karena ane rasa, bila barang trend dipajaki, akan membuat semakin cepat trend itu segera hilang dari masyarakat. 

Ketimbang naik sepeda dipajakin, mending naik sepeda dibayar. Dibayar 100 rupiah perkilometerpun ane rasa gak masalah. Karena dengan jarak tempuh 10 kilometer (pulang pergi) dan selama 22 hari kerja maka kita bisa mendapatkan pasive income sebesar 22.000 perbulan. Lumayan buat tambahan ngisi kuota emoticon-Big Grin.

Referensi thread weforum.org

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Qballszz dan 34 lainnya memberi reputasi
Iya harusnya ga bayar pajak, karna pesepeda kan ga menciptakan polusi, ga berisik, dan ga menyumbangkan kemacetan. Harusnya sih ga ada yang dirugikan atau dikorbankan oleh pesepeda selama mereka tertib dan mematuhi aturan yg berlaku di jalan.

Ga masuk akal juga kalo sepeda sampe dikenakan pajak, wong ga bikin macet.. malah harusnya berterimakasih apabila ada orang yang mau pake sepeda karna mereka udah ngurangi kemacetan dan polusi.. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cendol donk gan dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
thejazzluvr
kaskus addict
Ahh yakin ga menyebabkan kemacetan? Itu kan karna skarang jumlah sepeda relatif sedikit. Coba semua orang Indo beralih pake sepeda. Tidak ada lagi motor/mobil ya bakalan macet jg. Polusi mungkin berkurang tapi soal macet sih bergantung populasi aja.

Akibat psbb aja udah bnyk yg bermasalah dengan kelakuan pesepeda? Peloton nutupin badan jalan, lampu merah dilanggar, ada brompton dibawa masuk ke cafe sampe bikin risih, ada yg gowes sambil bercanda terus kecelakaan ditabrak motor.

Banyak keadaan dimana rombongan sepeda jadi sumber kemacetan karna terlalu lambat di jalur cepat. Sangat mengganggu.
profile picture
toefl
kaskus holic
tar pada ga pake motor pemerintah kehilangan penghasilan dr STNK, pajak penjualan motor (lmyn harga OTR motor)
profile picture
tupaisql
kaskus holic
@thejazzluvr ia bener pesepeda suka rombongan ampe nutup jalan, mana mereka lambat lagi emoticon-No Hope
profile picture
aellous
kaskuser
kalo sepeda ama aja kayak motor nambah kemacetan gan kalo polusi iya ga mengeluarkan polusi
profile picture
Qballszz
kaskus addict
@thejazzluvr Hmm klo itu sih karna kondisi skrg aja gan, dulu2 sepeda buktinya jarang skali menyebabkan kemacetan.. Mungkin perlu dibedain dulu mana pesepeda betulan dan mana pesepeda musiman.. Klo pesepeda betulan dia tau aturan main di jalan kaya gimana, dan kalo yg musiman ya seperti yg skrg ini beredar aja, naik sepeda ga pake helm, ga pake sarung tangan, lampu juga ga ada, sepedaan cuma ikut2an doang.. emoticon-Big Grin

Mengenai brompton masuk cafe, lampu merah dilanggar, dan peleton yang makan separuh jalan dan pakai voojrider sehinggan menimbulkan kemacetan itu hanya oknum aja gan, hanya jangan ditafsirkan semua pesepeda sama kaya gitu.. Ane juga muak dan ga respek sama pesepeda yang model begitu, arogan dan cuma ngerusakin image pesepeda aja..

Ane bicara seperti ini karna ane pengguna sepeda juga gan, klo lampu merah saya berenti sama dengan kendaraan yang lain, lampu belakang saya ada, dan klo saya gowes saya ada di sisi kiri jalan...

Sama seperti pengendara kendaraan lain aja gan, ga mobil ga motor, ga bus ga angkot, ada yang taat aturan di jalan dan ada juga yang ga, tergantung manusianya dan tinggal kembali ke diri kita sendiri aja melihatnya bagaimana..

emoticon-Angkat Beer
profile picture
thejazzluvr
kaskus addict
@Qballszz Ya makanya saya bilang pesepeda tertib atau chaos itu tergantung populasi. Baru ngetren bentar akibat psbb udah banyak masalah yang ditimbulkan.

Kalo orang sedunia pake sepeda ya kemacetan dan keruwetan bakal terjadi jg. Dulu populasi sepeda memang sedikit, jadi yang naek sepeda mungkin sudah veteran dan rutin, tau aturan dan mampu menyiasati kondisi jalan.

Kalo sepeda sudah jutaan yah wallahu alam pasti chaos jg kayak sepeda motor
profile picture
Qballszz
kaskus addict
@thejazzluvr Kalo jumlah pesepeda lebih banyak sampe jutaan macet sampe kaya motor ya maybe yes maybe no gan.. contoh kaya yg di Belanda dibahas di trit ini aja gan, jumlah pengendara sepedanya cukup banyak atau terbanyak di dunia... bikin macet? kayanya ga juga.. tergantung manusianya aja sih bisa disiplin atau ga klo menurut ane.. emoticon-Big Grin

Ane malah demen ngebayangin klo pesepeda banyak sampe jutaan, polusi berkurang drastis, lebih santai aja ngeliatnya.. emoticon-Big Grin

Tenang gan, klo pesepeda musiman eranya kan ga lama, namanya juga musiman, klo udah bosen juga ntar pasti balik normal lagi kaya biasa.. Doain aja yg naik sepeda arogan atau ga pedulian sama sekeliling ini bisa segera sadar dan belajar sebelum terlambat..

emoticon-Angkat Beer
profile picture
VanillaDark
kaskus holic
yang lain nya ane setuju sih, cuman yang tidak menyumbangkan kemacetan belum tentu deh, tergantung jumlah pengguna dan ketertiban masyarakat
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 8 dari 8 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di