CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Aturan Pajak Game Online di Indonesia Mulai Berlaku Besok
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efac68f349d0f54ec7d77b0/aturan-pajak-game-online-di-indonesia-mulai-berlaku-besok

Aturan Pajak Game Online di Indonesia Mulai Berlaku Besok



KOMPAS.com - Terhitung mulai tanggal 1 Juli 2020, pemerintah secara resmi akan memungut Pajak Pertambahan Nilai ( PPN) sebesar 10 persen untuk pembelian aplikasi dan game online yang berasal dari luar negeri.

Kebijakan itu termuat dalam Peraturan Menteri Keuangan ( PMK) Nomor 48/PMK.03/2020, yang sebelumnya telah diresmikan pada Jumat (15/5/2020) lalu.

Dalam PMK tersebut, diatur bahwa produk digital impor dalam bentuk barang tidak berwujud maupun jasa akan dikenai PPN sebesar 10 persen dari harga barang yang dibeli.

Dengan demikian, konsumen yang melakukan pembelian game digital atau online melalui platform Steam juga akan dikenakan PPN.

Baca juga: Mulai 1 Juli 2020, Netflix dkk Wajib Bayar Pajak di Indonesia

Situs web resmi Steam juga telah muncul keterangan bahwa Steam akan memungut pajak pembelian game, sebesar 10 persen untuk negara Indonesia.

Steam sendiri merupakan layanan distribusi digital video game besutan Valve. Steam didirikan sejak 16 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 12 September 2003.

Menurut Direktorat Jenderal (Ditjen), penerapan PPN pada pembelian produk digital diharapkan dapat membantu menanggulangi dampak ekonomi akibat wabah Covid-19.

Pihak Ditjen juga menyampaikan bahwa pelaku usaha PMSE yang memenuhi kriteria nilai transaksi atau jumlah traffic tertentu dalam waktu 12 bulan akan ditunjuk oleh Menteri Keuangan sebagai pemungut PPN.

Pelaku usaha tersebut kemudian wajib menyetorkan dan melaporkan PPN secara berkala setiap bulannya. Untuk saat ini, pelaku usaha yang ditunjuk sebagai pemungut PPN produk digital belum diumumkan.

Baca juga: Steam Summer Sale 2020 Dimulai, Harga Game Diskon hingga 85 Persen

Namun satu hal yang pasti bahwa Steam merupakan salah satu platform yang sudah akan memungut PPN.

Selain Indonesia, terdapat dua negara lainnya yang baru saja memberlakukan kebijakan serupa. Negara tersebut adalah Jerman dan Saudi Arabia.

Berbeda dari Indonesia, Saudi Arabia akan memungut biaya PPN sebesar 15 persen pada 1 Juli 2020. Sedangkan Jerman baru akan mengimplementasikan PPN sebesar 19 persen pada 1 Januari 2021 mendatang.

link

Terhitung mulai tanggal 1 Juli 2020, pemerintah secara resmi akan memungut Pajak Pertambahan Nilai ( PPN) sebesar 10 persen untuk pembelian aplikasi dan game online yang berasal dari luar negeri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukabacaht dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh perojolan13
idenya brilian banget dah, palakin deh smua lini, liat org pada rame maen speda eh muncul ide mw malakin sepeda jg, ne liat pasar game online rame jg dipalakin, sungguh cerdas melihat peluang yg ada emoticon-Betty
profile picture
saudade.99
kaskus addict
iya, ngga' tau kenapa ane jadi setuju sama bahasa palak disini, karena kesan yang ada kaya aji mumpung bener, kemarin netflix aja ngga' bisa kena pajak makanya netflix kena blokir.
profile picture
upi.upi
kaskus holic
@saudade.99 tar apa lg ya kira2 yg mw dipalak emoticon-Leh Uga
profile picture
duniabm309
kaskus maniac
cerdas mah kudu diimbangi dengan humaniss dong gansiss.. biar kagak buat rakyat menangiss meringisss... menatap masa depannya yang semakin tragis...
profile picture
duniabm309
kaskus maniac
@saudade.99 hyaaa... malak secara halus kah gansis maksud entee??? malak dengan cara yang tidak menyakitkan fisik.. hanya menyayat kantonggg.. heaaaa
profile picture
duniabm309
kaskus maniac
@upi.upi @saudade.99 jangaan palak hati anee yee gansiss.. cukup sakit nih ane mengetahui kasunyataaann yang wow inih gansisss. heuiii
profile picture
wen12691
kaskus geek
maklum
mental kompeni
doyan malak
profile picture
duniabm309
kaskus maniac
@wen12691 hiyaaaaaa.... Hiyaaaaa... Berkat para kompeni yaang mengukir sejarah di bumi Indonesia ini yee gan sisss... Jadi, akarnyaa masih tersisaaa.. Heuu.. Duhhh... Duhhh...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di