CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa0a0a28c9915727473e66/fenomena-kuburan-warnawarni-sebuah-pergeseran-budaya-lokal

Fenomena Kuburan WarnaWarni, Sebuah Pergeseran Budaya Lokal?

Mendengar nama kuburan atau makam, setiap orang pasti berkonotasi menyeramkan. Tentu saja karena komplek perkuburan yang selalu bersuasana sepi, kotor, cenderung gelap membuat setiap orang enggan singgah berlama-lama disana.

[ HT# 621 ]



Sejauh mata memandang batu-batu nisan yang rata-rata kurang terurus membuat suasana semakin tidak sedap di pandang mata. Tapi kabar dari Karanganyar, Jawa Tengah dan baru-baru ini ada di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur cukup mengejutkan karena banyak batu nisan di cat warna-warni seolah-olah ingin ikut pawai tujuh belasan.


Ternyata, di komplek perkuburan di sana bukan hanya batu nisan saja yang berubah warna, tapi beberapa sudut, lantai, hingga pagar ikut di cat warna-warni. Sebuah fenomena yang tidak biasa tentunya.

Padahal kalau kita menoleh sejarah ke belakang, bagi orang tua kita dulu kuburan terlebih sebuah komplek perkuburan adalah lokasi yang di keramatkan, dan menyeramkan!

Tapi sepertinya zaman telah berubah, ya meski trend mewarnai batu nisan tidak seluruh negeri ini melakukannya tapi tetap saja ini menjadi fenomena yang tidak biasa, bahkan saya yakin teman disini cenderung tidak setuju terlebih komplek pemakaman dijadikan lokasi wisata.


kompas

Hm..., saya kok nggak habis fikir ya, kemana akal sehat mereka sampai-sampai lokasi tersebut dijadikan lokasi wisata, ujung-ujungnya akan jadi tempat maksiat terselubung, di jadikan swa foto dimana akibatnya batu-batu nisan akan terinjak-ijak dan rusak. Nggak lama akan ada pedagang cilok dan kawan-kawan bukak lapak disana. Astaghfirullah!

Kawan, dunia ini tidak sesempit yang di bayangkan, masih banyak lokasi yang lebih layak untuk di jadikan lokasi wisata, kenapa harus komplek perkuburan?


bisnis

Kalau alasannya di cat warna-warni biar tidak menyeramkan tentu harus yang di benahi pertamakali adalah meningkatkan kadar iman kita, diusahakan dilakukan pembersihan, perawatan, dan pengelolaan yang lebih baik lagi agar tidak lagi menyeramkan.

Biarlah perkuburan menjadi sebuah identitas atau ikon sediakala, agar kita selalu ingat bahwa kematian itu begitu dekat dengan kita seperti membalikkan telapak tangan, agar kita selalu ingat melakukan kebaikan di dunia, agar kita selalu menghormati orang tua yang lebih dahulu meninggalkan kita, poro sepuh, dan pendahulu kita yang sudah tenang di sana. Jangan kau usik mereka, jika tidak maka jin qorin akan mendatangimu. Bagaimana menurutmu, kawan?





Sebuah opini
Sumur. suara
Img.header. gugel



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Kesannya jadi kurang menghargai sih.

Lebih bagus dipugar dan dijadikan warna selaras kalau dilihat dalam konteks seni (kebetulan ane bekerja di bidang itu)


========


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MyWildSide9 dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
Iya bener gan kurang mwnghargai
profile picture
TS iskrim
kaskus freak
yoyooiii...
profile picture
ujellyjello
kaskus addict
hoalah, atmosphere nya jadi kayak bahagia gitu ya warna warni wkwkwk
profile picture
yugeel
kaskus addict
ya mungkin untuk menghilangkan kesan angker nya gan,
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di