CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa068e10d295024e7dc970/pajak-sepeda-bakal-dipungut-kemenhub-buka-wacana-pesepeda-bayar-pajak

Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak



JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka wacana pengenaan pajak sepeda.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan hal itu dalam diskusi virtual akhir pekan lalu di Jakarta.

“Kalau waktu saya kecil, saya mengalami sepeda disuruh bayar pajak dan sebagainya. Mungkin bisa ke sana. Tapi ini sejalan revisi UU 22/2009, sudah diskusi dengan Korlantas Polri,” kata Budi Setiyadi dalam diskusi virtual di Jakarta.

Dia juga menilai penggunaan sepeda perlu diatur mengingat kegiatan bersepeda semakin marak akibat pandemi Covid-19.

“Saya terus terang, sepeda harus diatur. Apakah dengan peraturan menteri atau peraturan pemda, bupati atau gubernur,” kata Dirjen Budi Setiyadi.

Budi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak digerakkan oleh mesin.

Karena masuk dalam kelompok bukan kendaraan bermotor, lanjut dia, pengaturannya berada di pemerintah daerah.

“Kami akan mendorong aturan ini di daerah, minimal dengan mulai menyiapkan infrastruktur jalan, DKI, Solo, Bandung, sudah menyiapkan juga, tinggal sekarang gimana aturannya,” kata Budi Setiyadi.

Selain itu, menurut dia, pengelompokan angkutan harus direvisi dalam UU Nomor 22/2009 karena semakin beragamnya jenis angkutan, termasuk angkutan listrik, seperti sepeda listrik, skuter, hoverboard, dan lainnya.

Budi mengaku pihaknya juga sudah melakukan kajian di negara-negara yang kecenderungan penggunaan sepeda meningkat guna menghindari kontak fisik di kereta atau angkutan massal lainnya akibat pandemi COVID-19, salah satunya Jepang.

Namun, dia menjelaskan terdapat perbedaan tujuan penggunaan moda ramah lingkungan tersebut. Di Jepang terutama Tokyo, masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dari rumah ke kantor atau tempat perbelanjaan.

“Di Indonesia sekarang ini sepeda lebih untuk kegiatan olahraga dan jalan ramai-ramai, kemudian foto-foto. Sebenarnya, diharapkan sepeda ini dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari,” katanya.

Sebelumnya Pengamat Transportasi Universitas Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno menilai sepeda menjadi salah satu moda transportasi yang direkomendasikan dalam kondisi normal baru.

“Bersepeda menjadi pilihan, karena selain menghindari kerumunan dalam ruang tertutup dan menghindari antre, bersepeda membuat kesehatan tubuh terjaga,” katanya.

Moda tanpa bahan bakar tersebut juga mulai digunakan secara masif oleh negara Kolombia sebagai dampak pandemi COVID-19.

Negara Kolombia setara dengan Indonesia yang masih sebagai negara berkembang.

Walikota Bogota (Kolombia) Claudia Lopez, punya kebijakan selama masa karantina menutup jalan sepanjang 117 km setiap hari agar pejalan kaki dan pesepeda dapat lebih leluasa bergerak.

• Pelanggaran PSBB, Puluhan Sepeda Motor Warga di Danau Sunter Dikempesi

Ia menuturkan di era kenormalan baru, banyak kota di mancanegara mengurangi kapasitas transportasi umum dan mengalihkan ke perjalanan menggunakan sepeda.

“Untuk perjalanan jarak pendek, moda sepeda dan berjalan kaki benar-benar dikembangkan sedemikian rupa (aman, nyaman dan selamat), supaya tidak beralih ke penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan,” katanya

https://wartakota.tribunnews.com/amp...pajak?page=all

Siap siap ya emoticon-I Love Indonesia
apa daya saya hanya pelari keong emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Post ini telah dihapus oleh KS06
Memuat data ...
profile picture
belagudech
kaskus maniac
@ijobanter Wah Moerdiono masih muda beeng tuh. emoticon-Big Grin
Yang kalo ngomong di tv eeee....Bapak menginstruksikan....eeee emoticon-Hammer2
profile picture
ijobanter
kaskus addict
[MENTION]justice league[/MENTION] hahaha yg paling mengena menteri penerangan om..hahaha...tp entah knp dlu seneng banget liat muka2 mereka..(krn gak ad yg ditonton lg)
profile picture
gaygene
kaskus maniac
buset dah dah pada engkong engkong di mari emoticon-Takut
profile picture
@belagudech @ijobanter

wuahahhaha....ntuh efek setelah mendapatkan wahyu berupa petunjuk dari bapak presiden bre..😝
jadi kudu menerjemahkan wahyu dan petunjuk itu dulu biar bisa dipahami oleh jelata..

profile picture
@belagudech @ijobanter

btw...salam hormat buat para ID tua..emoticon-Toast
profile picture
ijobanter
kaskus addict
[MENTION]justice league[/MENTION] @belagudech inget aktor alm. Herman Ngantuk bre?wkwkwk itu duplikat moerdiono..hahaha...ssstttt awas intel cendana...
profile picture
ijobanter
kaskus addict
[MENTION]justice league[/MENTION] sungkem suhu..emoticon-Toast
profile picture
akun.baru
aktivis kaskus


Kutip ini aja dah emoticon-Big Grin
profile picture
yp9nn
kaskus addict
@gaygene ane tahun segitu masih nyari sel telur. keknya rame juga tuh tahun2 emas.
profile picture
@yp9nn
@bontakkun
@belagudech
@ijobanter

sekedar gambaran buat yang junior2 gak ngalamin karena masih berada di alam ruh dan belom turun ke bumi...hehehe.

itu mungkin bisa dibilang tahun2 emas dimana stabilitas ekonomi, politik dan keamanan meliputi indonesia.

Gak ada tuh gejolak rupiah, anggota DPR yg pada ngebacot karena semua pada Yes Man nurut sama engkong Harto, apalagi soal keamanan.., macem2 dikit aje udah ilang ente..

Jadi itu stabilitas yang tercipta karena tirani, bukan karena kesadaran dari semua elemen bangsa yang lalu ingin kehidupan bernegaranya jadi maju..macem yg terjadi pada bangsa jepun ama korea..

Harga2 emang pada murah, tapi pada kesempatan nyari duit juga lebih susah pada waktu itu. Karena daya beli dan incomd ratenya juga lebih rendah, PNS dan guru masih dianggap kasta rendah pada waktu itu krn gajinya yg kecil dan sulit korupsi kecuali anda PNS level tinggi yg bisa sering dapet obyekan di makan sendiri tp untuk anak buah di kasih remah2 aja. Gak kaya skrg dimana PNS jadi rebutan supaya dpt mimpin bisa kerja santai tanpa takut dipecat dan bisa dapet penghasilan gede.

Gak ky sekarang pula ente jual apa aja di pinggir jalan asalkan enak dan orang pada suka, ente bisa dapet duit.
Why ? Krn daya beli dan tingkat penghasilan masyarakat lebih udah jauh lebih tinggi..

Soal iuran tvri itu paling getolnya pada awal 90an menurut ane.., krn waktu itu yg bisa di lihat cuman tvri doang.. RCTI dan SCTV baru lahir tp kudu pake decoder untuk bisa nontonnya. Later kemudian akhirnya bisa siaran utk umum juga.

Nah lalu di mulailah era dimana anak2 kecil seperti ane bangun pagi di hari minggu demi bisa nonton anime dan kartun lainnya di RCTI.
Dulu ada namanya Layar Emas di RCTI tiap hari apa ane lupa (klo skarang mungkin Bioskop Trans Tv) yang siarannya sering kepotong krn siaran Dunia Dalam Berita nya TVRI mau tayang nah di situlah akhirnya sering muncul menteri legend yg bernama Harmoko sembako dan Moerdiono yg suka aaaa..eee...aaaa...eee..setelah mendapat wahyu petunjuk dari bapak presiden,
plus blom lagi kalo engkong harto lagi kunjungan ke daerah ada lagi dah tuh yg namanya Laporan Khusus.

Menjelang pertengahan 90an dimana banyak stasiun tv mulai pada muncul seperti Antv, TPI (skarang MNC) dan Indosiar, mulai banyaklah masy yg emoh nonton TVRI krn siaran di stasiun baru lebih menarik dan beragam, nah dari sini barulah yg namanya iuran tv itu udah mulai kendor.., dimana banyak warga yg pada ngumpetin tivi krn males bayar..lha wong kaga liat tvri koq tp suruh bayar, sampe2 ngaku tipi nya di jual buat beli motor-mesin air-mesin cuci dsb.

Meski katanya jaman itu lebih damai dan apa2 serba murah, tapi saya rasa generasi yg pernah ngalamin tahun2 itu gak bakal mau kembali lagi ke jaman itu..

why...? mungkin bre-bre dgn ID tua laennya bisa nambahin tulisan ane ini sekaligus mengungkap memori waktu kecil seperti apa kehidupan di jaman itu....
profile picture
Jaman sby sepeda ga dipajak coy. Mau balik orba lagi si kowi?
profile picture
ijobanter
kaskus addict
@fuckinghandsome lah lah...bahasan si Harto dan orba gak ush dirembetin kmn2..wkwkwkwk..
profile picture
rizaradri
kaskus addict
[MENTION]justice league[/MENTION] Buset agan masih nyimpen? Ane generasi New Millenium ga ngerasain
profile picture
packyu
kaskus maniac
tambah tivi tambah pajak, makanya emak suka ngumpetin tivi di dalam wkwkwk dan larang untuk buka tivi kalau petugas razia emoticon-Wkwkwk
profile picture
yp9nn
kaskus addict
@packyu bisa gitu ya jaman ntu, ane ada 6 tv (3 tabung, 3 led yang 1 nya dicuri) nih, kena pajek berape gan emoticon-Wakaka
profile picture
@packyu
wuaaseem...ID yang lebih tua lagi muncul..
salam hormat pada senior...emoticon-Toast

Btw waktu jaman kecil sempet pake ini gak...?



Dulu tahun 96an klan Cenda lewat Ari Sigit yang kayanya mulai terjun ke bisnis coba bikin proyek sepatu nasional..modelnya mirip2 ama sepatu di atas (cmiiw) tp entah apa nama mereknya ane lupa..
Tapi wacana itu keburu batal terlaksana secara nasional krn tahun 97nya udah mulai Krismon..
profile picture
packyu
kaskus maniac
[mention]justice league[/mention] pernah pake sepatu gituan gan, kaki pada lecet pas pertamax pake emoticon-Wkwkwk

@yp9nn pokoknya emak bilang buruan deh diumpetin kalo petugas pajak datang emoticon-Wkwkwk
profile picture
ijobanter
kaskus addict
[MENTION]justice league[/MENTION] @packyu Lotto,eagle,kasogi...msh inget gak om?
profile picture
packyu
kaskus maniac
@ijobanter favorit ane tuh gan, kasogi, eagle, jadi inget ada sandal kesehatan kasogi, bahkan pernah pakai sendal lily yang diiklanin sama nenek sapa tuh namanya aduh lupa emoticon-Big Grin
profile picture
ijobanter
kaskus addict
@packyu lupa om...wkwkwkwk...
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 40 dari 40 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di