CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efa068e10d295024e7dc970/pajak-sepeda-bakal-dipungut-kemenhub-buka-wacana-pesepeda-bayar-pajak

Pajak Sepeda Bakal Dipungut, Kemenhub Buka Wacana Pesepeda Bayar Pajak



JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membuka wacana pengenaan pajak sepeda.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan hal itu dalam diskusi virtual akhir pekan lalu di Jakarta.

“Kalau waktu saya kecil, saya mengalami sepeda disuruh bayar pajak dan sebagainya. Mungkin bisa ke sana. Tapi ini sejalan revisi UU 22/2009, sudah diskusi dengan Korlantas Polri,” kata Budi Setiyadi dalam diskusi virtual di Jakarta.

Dia juga menilai penggunaan sepeda perlu diatur mengingat kegiatan bersepeda semakin marak akibat pandemi Covid-19.

“Saya terus terang, sepeda harus diatur. Apakah dengan peraturan menteri atau peraturan pemda, bupati atau gubernur,” kata Dirjen Budi Setiyadi.

Budi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak digerakkan oleh mesin.

Karena masuk dalam kelompok bukan kendaraan bermotor, lanjut dia, pengaturannya berada di pemerintah daerah.

“Kami akan mendorong aturan ini di daerah, minimal dengan mulai menyiapkan infrastruktur jalan, DKI, Solo, Bandung, sudah menyiapkan juga, tinggal sekarang gimana aturannya,” kata Budi Setiyadi.

Selain itu, menurut dia, pengelompokan angkutan harus direvisi dalam UU Nomor 22/2009 karena semakin beragamnya jenis angkutan, termasuk angkutan listrik, seperti sepeda listrik, skuter, hoverboard, dan lainnya.

Budi mengaku pihaknya juga sudah melakukan kajian di negara-negara yang kecenderungan penggunaan sepeda meningkat guna menghindari kontak fisik di kereta atau angkutan massal lainnya akibat pandemi COVID-19, salah satunya Jepang.

Namun, dia menjelaskan terdapat perbedaan tujuan penggunaan moda ramah lingkungan tersebut. Di Jepang terutama Tokyo, masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dari rumah ke kantor atau tempat perbelanjaan.

“Di Indonesia sekarang ini sepeda lebih untuk kegiatan olahraga dan jalan ramai-ramai, kemudian foto-foto. Sebenarnya, diharapkan sepeda ini dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari,” katanya.

Sebelumnya Pengamat Transportasi Universitas Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno menilai sepeda menjadi salah satu moda transportasi yang direkomendasikan dalam kondisi normal baru.

“Bersepeda menjadi pilihan, karena selain menghindari kerumunan dalam ruang tertutup dan menghindari antre, bersepeda membuat kesehatan tubuh terjaga,” katanya.

Moda tanpa bahan bakar tersebut juga mulai digunakan secara masif oleh negara Kolombia sebagai dampak pandemi COVID-19.

Negara Kolombia setara dengan Indonesia yang masih sebagai negara berkembang.

Walikota Bogota (Kolombia) Claudia Lopez, punya kebijakan selama masa karantina menutup jalan sepanjang 117 km setiap hari agar pejalan kaki dan pesepeda dapat lebih leluasa bergerak.

• Pelanggaran PSBB, Puluhan Sepeda Motor Warga di Danau Sunter Dikempesi

Ia menuturkan di era kenormalan baru, banyak kota di mancanegara mengurangi kapasitas transportasi umum dan mengalihkan ke perjalanan menggunakan sepeda.

“Untuk perjalanan jarak pendek, moda sepeda dan berjalan kaki benar-benar dikembangkan sedemikian rupa (aman, nyaman dan selamat), supaya tidak beralih ke penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan,” katanya

https://wartakota.tribunnews.com/amp...pajak?page=all

Siap siap ya emoticon-I Love Indonesia
apa daya saya hanya pelari keong emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
bontakkun
kaskus holic
Pajak tv bayar di kantor pos, terus suka ada yg razia dr rumah ke rumah, ngecek satu satu
profile picture
xneakerz
kaskus addict
buset bangkotan umur kepala 4 semua kyk gw nih . .emoticon-Big Grin
profile picture
.abi
kaskus geek
klo mau ada pemeriksaan diumpetin tvnya emoticon-Thinking
profile picture
hasya429
kaskus addict
wah baru tau ane nih, cus tanya bapak emak ane dah kalo beginii. nice info
profile picture
Pantes tv jaman dulu bentuk nya kayak lemari emoticon-Hammer2
profile picture
tv dipajakin ama junjungannya tengku zul..

udah gitu rakyat yang di peras sana sini itu di kasih "narkoba" berupa SDSB..., angan2 untuk jadi kaya dalam waktu semalam kalo tembus 4 nomor merebak dimana2..

dana yg terkumpul buat cendana, yang di kasih buat hadiah palingan sekian puluh persen aja..
profile picture
ijobanter
kaskus addict
@.abi tapi antena ny msh nongol di atas genteng...wkwkwk ketahuan deh....tv bermaterai....
profile picture
belagudech
kaskus maniac
Bener banget sempet ngalamin masa itu. emoticon-Big Grin

Begitu datang petugasnya sama tentara + plokis langsung pada ilang tivi 1 gang emoticon-Ngakak
profile picture
bontakkun
kaskus holic
@belagudech iya petugasnya ditemenin tentara keliling tiap rumah, mana tentara jaman itu serem2
profile picture
.abi
kaskus geek
@ijobanter
wkwkwkw..ngalamin juga emoticon-Big Grin
profile picture
pleguk
kaskus maniac
Iuran tv, ane masih SD nih bawa map isi kayak perangko lalu tanda tangan, tapi lupa berapa dulu rupiahnya emoticon-Big Grin
profile picture
ijobanter
kaskus addict
@pleguk hahaha bener gan...petugasnya berseragam biru/putih ya klo g salah...hahahaha..nonton tv harmoko pake ditariki iuran..wkwkwkwk
profile picture
ded0
kaskus addict


Wkwkw ane inget pas lagi maen didepan rumah(udeh dibilangin ortu,.klo ada yg ngecek tv pulang bilang emak ya)
Begitu liat orang yg ngecek tv ane langsung lari ngasi tau emak, tv trus di umpetin dalem lemari antena di atas pohon kecapi jd ga keliatan emoticon-Ngakak
Mampoos looo ketipuuuu
profile picture
ijobanter
kaskus addict
@ded0 belakang rmh ane ladang dan ilalang gak ad orang berani lewat...nah antenna taruh belakang rumah jd g keliatan..hehehehe...
profile picture
hatalomba
kaskus maniac
@pleguk

dulu goceng bray
profile picture
Kerjaannya biang Cendana.., kebayang kan gimana kayanya mereka..
Harga motor RZR aja waktu tahun 1994 sekitar dibawah 5,5 jutaan.. Nah dari iuran tv aja setahun udah dapet berapa tuh..

Di kasih materai dan distempel macem beli Chatime aja trus dapet kupon..













Tipi item putih kaya gini aje juga di suruh bayar iuran.. gile emang dah..

Dateng petugas TVRI yang cengangas-cengenges plus keamanan yang petanteng petenteng tapi perut buncit... Ketauan banget tipe aparat gabut yang gak punya kerjaan jelas terus akhirnya cari2 obyekan dan dapetnya jadi keamanan petugas iuran tipi



Nah...klo ini "narkoba" yang dijejalin ke masyarakat yang menyebabkan banyak orang bermimpi bisa kaya dalam semalem kalo tembus 4 angka



profile picture
Razia plombir wkwkwkwkwk SD pernah kena.....
profile picture
ijobanter
kaskus addict
ane rela klo dlu bayar misal dpt tayangan minimal bbc lah..discovery channel..lah ini isinya harmoko sembako...propaganda soeharto...wkwkwkwk...hiburan oshin..himen..tantangan gobot,kelompencapir..wkwkwk
profile picture
Razia plombir klo sepada GK ada stiker nya kena denda 200 rupiah .. zaman SMP wkwkwkwkwk...
profile picture
@ijobanter

bukan harmoko sembako bre..,

tapi yang paling banyak nongol adalah menteri yang mikirnya lama banget terus baru bicara setelah mendapat petunjuk illahi..

eh salah...

atas petunjuk bapak presiden..

Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 40 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di