CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef92ba768cc9572a81d0d80/hasto-akui-ruu-hip-diusulkan-pdip

Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP



Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) diusulkan oleh fraksi partainya di DPR.
Belakangan usulan RUU HIP ini mengundang pro dan kontra di masyarakat. Sehingga, Hasto menyebut pihaknya membuka dialog dengan siapapun.

"Maka dengan adanya rancangan undang-undang yang kami usulkan, PDI Perjuangan tentu saja membuka dialog," kata dia dalam sebuah webinar, Minggu malam (28/6).


"Kami selalu bermusyawarah, PDI Perjuangan bukan partai yang menang-menangan. Dibakar kantornya saja kita menempuh jalur hukum."

Pernyataan Hasto ini menjawab teka-teki soal fraksi pengusul RUU HIP. Selama ini fraksi-fraksi di DPR RI, terutama di Badan Legislasi (Baleg), enggan mengungkap fraksi yang mengusulkan aturan itu. Mereka hanya menyebut RUU HIP adalah inisiatif DPR.

Anggota Panitia Kerja RUU HIP dari Fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron sebelumnya juga sempat menyebut Fraksi PDIP di DPR RI sebagai inisiator rancangan perundangan itu.

Lebih lanjut, menurut Hasto, selama ini, ada pihak-pihak yang menunggangi isu RUU HIP dengan menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai yang ingin merubah pancasila menjadi ekasila dan trisila.

"Tidak etis untuk mengatakan bahwa trisila atau ekasila bukan usulan dari PDI Perjuangan. Tetapi kita melihat bahwa itu dulu adalah suatu gagasan otentik dari bung Karno," ucap dia.


Ia menjelaskan, gagasan ekasila dan trisila muncul saat ketua BPUPKI Radjiman Wedyoningrat meminta Bung Karno untuk menyampaikan gagasannya terkait dengan dasar negara Indonesia.

Lalu Bung Karno mengajukan tiga alternatif, yaitu, pancasila, trisila atau ekasila yang merupakan intisari kepribadian bangsa Indonesia yakni gotong-royong.

"Tetapi itu adalah suatu perjalanan sejarah kita sebagai bangsa. Untuk itu hendaknya jangan ditunggangi kepentingan politik, karena PDI Perjuangan, kita yang paling kokoh di dalam jalan Pancasila itu. Kita enggak mungkin merubah pancasila karena itu digali Bung Karno," ucap dia.

Di sisi lain, saat ini, ia menyebut PDI Perjuangan setuju agar nomenklatur RUU HIP diubah menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila. Hal ini, kata dia, untuk mengatur dan memperkuat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Terkait dengan RUU HIP. PDI Perjuangan setuju untuk dirubah menjadi RUU pembinaan ideologi pancasila. Mengapa? yang namanya pramuka saja ada UU-nya, arsip nasional ada UU, BNN ada UU. Masa kita tidak jaga ideologi yang otentik digali dari bumi Indonesia," ucap dia.

RUU HIP menjadi polemik sejak beberapa hari terakhir. Ada beberapa poin yang dipersoalkan sejumlah pihak.

Pertama, TAP MPRS No. XXV tahun 1966 tentang Pelarangan Partai Komunis Indonesia dan Ajaran Komunisme, Marxisme, Leninisme tidak dijadikan peraturan konsideran. Sejumlah fraksi partai politik menilai TAP MPRS tersebut perlu dimasukkan dalam bagian menimbang.

Kedua, ada pasal dalam RUU HIP yang mengatur tentang Trisila dan Ekasila. Sebagian pihak merasa Pancasila dikerdilkan, sehingga menolak keberadaan pasal tersebut.

Kelompok yang menolak RUU HIP sempat berunjuk rasa di depan Gedung DPR, Jakarta pada Rabu lalu (24/6). Sejauh ini, pemerintah juga meminta pembahasan RUU HIP usulan DPR agar ditunda.

(yoa/eks)


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...diusulkan-pdip

Kalo mengaku geetu kan enak tho, masak ditinggal 6 fraksi dulu baru mo jujur

Btw akhirnya si hasto jujur juga kalo RUU HIP itu untuk memperkuat posisi simbok di bpip.

Masalahnya to, pancasila itu beda dengan sukarnoisme. Pancasila 1 juni 1945 yang di bela Partai Bapers

Pancasila 1 juni 1945 adalah hasil pemikiran Sukarno berbeda dengan Pancasila 18 Agustus 1945 yang merupakan kesepakatan para fouding fathers dan titik temu bersama untuk mengatur bangsa dan negara.

Pancasila yang sekarang versi 18 Agustus adalah titik temu antara pancasila usulan kaum agamais yang menghendaki syariat islam dan pancasila usulan sukarno yang menghendaki sekulerisasi di indonesia

Ketika partai bapers berkuasa kemudian dibentuklah bpip, sampe disini ga masalah.

Akan tetapi ketika pemikiran yang dipake adalah hanya pemikiran sukarno, pancasila yang di pake kemudian maksa versi 1 juni yang coba di perkuat dengan payung hukum berupa RUU HIP ya itu artinya menang sendiri menghianati kesepakatan politik para founding fathers atau bahkan bisa dibilang kudeta konstitusi

Merubah pancasila secara substantif, Ketuhanan yang maha esa dirubah pendekatanya menjadi Ketuhanan yang berkebudayaan. Kejadian Kudeta Konstitusi terjadi lagi, azas pemilu permusyawaratan perwakilan sesuai sila 4 pancasila diganti dengan populer vote atau one man one vote


Oya to hasto, gimana kabar Harun Masiku? Sehat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bobby.boy dan 52 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 121131
gw jadi kangen fadli zon + fahri hamzah

walo keliatan sampah.tpi perkataan mreka banyak yg benar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paganisme dan 10 lainnya memberi reputasi
profile picture
Ga nyangka gerombolan setnov ada yang kangen juga. Kacau. Haha
profile picture
iupis.manis
Auto Banned
@tomolavin mau lu tolak skalipun
banyak perkataan dia yg bener sih

drpd kubu merah yg santun2 tpi diem2 bikin UU yg menguatkan mereka
profile picture
@iupis.manis Dalam politik ga ada yang aneh. Menguatkan posisi sampe agenda2 lain untuk kepentingan kelompok masing2. Itulah busuknya politik. Sama busuknya ketika Partai moncong putih ingin merubah Pancasila.

Pernah liat drama penangkapan Setnov? 2 orang yang agan kangenin itu mati2an belain Kepala Setnov yang segede Bakpao. Haha
Mungkin banyak yang bener omongan mereka, disitulah bahaya nya. Rakyat tertipu. Ketika kegiatan memerangi korupsi dihalangi, patut dicuragai yang menghalangi juga terlibat.
profile picture
iupis.manis
Auto Banned
@tomolavin gw kangenny dlm artian sbg oposisi
tapi kalo suruh dukung mah tetep ogah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

ya politik emang smua busuk
maka dr itu gw bangga kmaren golput
dan gw ga salahbπŸ˜‚πŸ˜‚
profile picture
ed06
newbie
yang busuk akhirnya rakyat2 juga bre, agan berdua rakyat kan? knapa harus singgung2an seakan beda politik

damai aja 😁
profile picture
iupis.manis
Auto Banned
@ed06 eiiiit
gw cuma brantem di dumay aja


kalo RL mah jelas pancasila
ngapain d RL cari musuh
mending cari partner bisnis lah πŸ˜‚πŸ˜‚
profile picture
dan mereka tidak melakukan:
korupsi
otak atik pancasila
bikin peraturan yg tidak sesuai dengan urgensi negara.
walaupun mereka sampah, tp mereka ga nyusahinemoticon-2 Jempol
profile picture
tp gak sampe kangen juga kalikk .. hoek
profile picture
iupis.manis
Auto Banned
@thomasandfriend namanya jg kangen πŸ˜‚πŸ˜‚
kalo ud nongol d TV ya paling eneg lgi 🀣🀣
profile picture
iupis.manis
Auto Banned
@lakasaud yg pasti mreka ga plonga plongo πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 10 dari 10 balasan
GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di