CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Kepercayaan ke China Merosot di Negara Ini, Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef4a5dffacb95282370e45c/kepercayaan-ke-china-merosot-di-negara-ini-kok-bisa

Kepercayaan ke China Merosot di Negara Ini, Kok Bisa?



Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah krisis pandemi virus corona (Covid-19) dan memanasnya hubungan kedua negara, kepercayaan warga Australia terhadap China turun ke rekor terendah. Ini terungkap dari jajak pendapat nasional tahunan lembaga think tank Lowy Institute.

Hanya ada 23% orang mengatakan mereka "percaya" China "agak atau banyak untuk bertindak secara bertanggung jawab di dunia". Angka ini menurun drastis dibandingkan dengan 52% hasil jajak pendapat sama yang dilakukan pada 2018.

Jajak pendapat yang dilakukan pada Maret 2020 ini, mensurvei lebih dari 2.400 warga Australia. Lebih dari separuh responden mengatakan hubungan Australia dengan Amerika Serikat lebih penting daripada hubungan dengan China.

Menurut jajak pendapat, sebagian besar warga Australia mengatakan negara mereka harus mengurangi ketergantungannya pada China.

Meskipun lebih dari setengah melihat China sebagai "mitra ekonomi" daripada "ancaman keamanan" mayoritas 94% mengatakan bahwa pemerintah harus menemukan pasar lain sehingga Australia dapat "mengurangi ketergantungan ekonomi kita pada China", menurut laporan Lowy Institute.

"Hubungan kami dengan Tiongkok sedang diuji oleh negara-partai yang semakin tegas," kata penulis laporan Lowy dikutip dari CNBC International.

"Sekutu besar kita, AS sudah mengisolasi diri di bawah kepresidenan Donald Trump. Sekarang, di tengah-tengah pandemi, ini terlihat sangat tidak sehat."

"Sebagian besar orang Australia terus percaya bahwa aliansi kami dengan AS penting bagi keamanan kami. Tetapi kepercayaan di Amerika Serikat telah mandek, dan sedikit orang Australia yang percaya pada Presiden Trump," tambah laporan tersebut.

Terlepas dari kekuatiran mereka terhadap China, lebih banyak warga Australia (31%) mengatakan Beijing telah menangani wabah virus corona dengan "baik", dibandingkan dengan hanya 10% yang mengatakan hal yang sama tentang penanganan oleh AS.

Ketegangan antara China dan Australia meningkat tajam setelah pemerintah Negeri Kanguru meminta penyelidikan independen mengenai asal-usul virus corona yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada Desember 2019 lalu.

Alhasil permintaan tersebut membuat pemerintah Negeri Tirai Bambu marah, dan membalasnya dengan menangguhkan impor daging sapi Australia dan membanderol jelai Australia dengan tarif besar. Tak berhenti di situ, China juga menargetkan produk-produk Australia lainnya.

Pemerintah China juga menyarankan warganya untuk berhenti bepergian ke Australia dan memperingatkan para siswanya agar tidak memilih negara tersebut untuk mengenyam pendidikan dengan alasan diskriminasi rasial.

Tentu manuver yang dikeluarkan China merugikan Australia. China sendiri merupakan mitra dagang terbesar Australia, yang membeli sepertiga dari semua yang diekspor Australia, termasuk pertanian dan komoditas seperti bijih besi dan anggur.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...a-ini-kok-bisa


baguslah australia tak percaya dengan komunis cina. pertanda australia tak tunduk pada komunis.  pastilah sewotlah komunis cina kehilangan pasar australia. banyak BSH komunis cina yang iri dengan kemajuan australia. persetan sama bajingan anak asia radikal pemuja komunis di bpln


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
mayoritas di australia itu juga sama macam mayoritas di amerika & kanada
semuanya bule kulit putih keturunan eropa tukang genosida pribumi/perampas tanah pribumi

masih mending bule paok australia tak percaya chinese
ketimbang
bule paok australia tidak percaya bule paok amerika
https://news.detik.com/abc-australia...merika-serikat
Diubah oleh ex.pasienRSJ
profile picture
tempo hari isis genosida minoritas kristen yazidi, tapi amerika dan australia tak tuduh islam sebagai biang kerok/. tak ada yang salah dengan amerika,australia dan kanada.
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
@drunkard88.cn klo di skak begini ahyan pasti lgs diem emoticon-Big Grin
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di