CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Mobile Broadband /
[REVIEW] Router 4G LTE cat 19 1.6Gbps Huawei B818 asli kenceng buat rame2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee46277365c4f22491b78d2/review-router-4g-lte-cat-19-16gbps-huawei-b818-asli-kenceng-buat-rame2

[REVIEW] Router 4G LTE Cat 19 1.6Gbps Huawei B818 asli kenceng buat rame2

siang mobrother.. kali ni ane kedatangan router bonsor dengan spesifikasi premium buat saat ini.. inilah dia.. Huawei B818 router 4G LTE Cat 19 dengan spesifikasi yg lebih tinggi dari rata2 router/mifi 4G di pasaran.. tapi apakah spesifikasi tersebut bener2 terbukti memberikan benefit dibanding menggunakan router yg spesifikasinya lebih rendah? cekidot..


Spoiler for spesifikasi Huawei B818-263:



Paket Pembelian

Spoiler for box dan isinya:



Spoiler for isi box:



Desain

Router ini berbentuk balok tinggi dengan sudut lengkung, semua sisi nya datar jadi dapat diletakkan berdiri ataupun rebah dengan kokoh. Body router sendiri seperti pada umumnya terbuat dari plastik putih keras dengan permukaan mulus.

Spoiler for body depan:




Spoiler for body belakang:

Spoiler for body bawah:

secara keseluruhan desain body router ini termasuk simpel, mudah ditempatkan dimanapun baik di tengah ataupun sudut ruangan. Perlu diperhatikan adalah ukuran sim yg digunakan adalah microsim, jangan sampai memasukkan nanosim yg bisa berpotensi nyangkut dan tidak bisa dikeluarkan.

Dashboard

seperti device huawei yg sebelum2nya, dashboard router ini juga diakses melalui alamat 192.168.8.1 tampilan dashboard nya juga sama dengan router huawei keluaraan 1-2tahun terakhir bisa dilihat sebagai berikut..
Spoiler for dashboard:


Pengujian



bersamaan dengan B818, ane juga menerima B311 dan B312 yg spesifikasinya masih 4G LTE Cat 4 150Mbps untuk dijadikan bahan komparasi, selain itu ane juga ada mifi HKM yg masih relatif baru yg nanti juga akan ikut sebagian test uji. sementara untuk kartu uji ane ada telkomsel, xl dan smartfren.

Spoiler for ringkasan pengujian:



BERSAMBUNG

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bayspeed

Review Orbit Max

Ane mau bantu share pengalaman ane pake orbit Max. om omod, mimin, ane izin yaa...

Punya ane udah ane debrand, jadi penampakan nya begini:
Spoiler for B818-263 with BBU-5:


gak usah lama2, langsung ane speedtest, dan saya sangat menyesal, karena jaringan telkomsel di tempat ane sangat bapuk
Spoiler for speedtest-tsel:


gak berapa lama, coba masukkin sim card indosat ane, dan voila....
Spoiler for speedtest-isat:


sudah terbukti kemahsyuran modem/router ini.... terus apa lagi yah yang mau di review?

oiya, MODEM INI SUDAH UNLOCK YAH... jadi gak perlu di unlock lagi.

berikut screenshot UI homepage, diagnostic page, dan capability wifi nya:
Spoiler for home-ui:

Spoiler for home-diag:

Spoiler for home-wifi:


router ini support L2TP dan PPTP VPN (sangat tidak disarankan untuk gunakan PPTP VPN), fitur yang ane cari2, lumayan buat bypass traffic netflix
Spoiler for home-vpn:


yang kurang-nya? fitur switch-over antara koneksi internet cuman satu arah, yaitu dari koneksi internet lewat LAN (Fiber/Cable) ke Mobile Broadband (4G/3G). Tidak bisa sebaliknya. Namun, jika koneksi internet lewat LAN (Fiber/Cable) sudah up kembali, koneksi akan di routing kembali. Dan gak bisa set koneksi internet mana yang primary (kayak mobile router nya TP-LINK).

modem/router ini ada feature buat ngelock khusus band 40 aja, yang menurut ane useless. (karena CA gak akan berfungsi kalau hanya pakai Band 40 saja), dan defaultnya, device ini di set ke mode tersebut, jadi jangan kaget kalo pas dipasang kartu lain gak dapet sinyal.
Spoiler for home-b40:


EDIT:

buat yang nanya password admin login webgui, passwordnya itu unik, setiap device sepertinya beda2, karena password nya didapet dari request aktivasi orbit nya, dan ternyata, pihak telkomsel orbit itu tau password wifi dan password admin router kita.

lihat capture ane dibawah:
Spoiler for response request aplikasi myorbit:


Ane gak tau kalau ini sudah melanggar kebijakan privasi pengguna,tapi overall puas sih, kalo ada yang mau ditanya2in, monggo di reply aja threadnya.


UPDATE 16 SEPTEMBER 2020:

password webgui sudah ditambahkan di fitur aplikasi, caranya klik nama agan di menu --> scroll ke bawah, dan pilih "Pengaturan Lanjutan", disitu ada pilihan untuk "Password sistem", nah itu password webgui modem agan.

sebenernya kalo gak mau repot sih, tinggal reset aja device nya, aplikasi myorbit akan berjalan seperti biasa, cuman fitur related dengan device tidak bisa digunakan, karena authentication device menggunakan password yang ditentukan oleh tim orbitnya.

UPDATE 4 Januari 2021:

Entah kenapa, sepertinya ada bug di fitur DDNS, yang dimana, setelah settingan di submit, settingan tersebut tidak tersimpan. Dan bug ini tidak ditemukan di firmware versi 10.0.2.2, dan suspek ane ini masalah di configuration file nya (termasuk bug 5GHz preferred yang dimana kita gak bisa pisahin nama wifi untuk band 2.4 dan 5 GHz). Mungkin bisa minta ke tim support orbit agar bisa dimintakan fitur ini dibukakan (feature request).

Buat yang mau kulak-kulik modem ini, firmwarenya ada di saya, cuman DWYOR yah. Kalau banyak yang request, nanti ane upload di cloud services.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adigang dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh edayasaki
profile picture
Water Boom
kaskus holic
Login buat masuk ke Web nya yg 192.168.8.1 Apa ya gan? Masa nanya orang orbit malah dibalasnya itu rahasia dan klo mo dikasih tau, refund 7 hari nya hangus
profile picture
TS bayspeed
Moderator Kaskus
[mention]Water Boom[/mention] iya bener, haha masa ancem hangus cuma buat akses admin doank? aneh bener
profile picture
Water Boom
kaskus holic
@bayspeed iya padahal mo lihat fitur2 nya b818. Settingan default orbit seperti 5ghz nya jg gak nyala. Sy akhirnya mo return in saja lah, tp habisin kuota nya dolo. Hahaha
profile picture
edayasaki
kaskus addict
[mention]Water Boom[/mention] 5ghz nyala koq gan, itu ane ada screenshot nya. Cuman memang bukan untuk region Indonesia, jadinya di beberapa device gak kedetek.
Mending jangan diretur dulu, ane mau coba bongkar password admin nya apa. Karena kalo ane itu abis di reset ke factory default, makanya password standard nya masih sesuai dengan label di device.
profile picture
Water Boom
kaskus holic
@edayasaki oh nyala yah 5ghz nya, hp xiaomi sy klo 5ghz biasa ada keterangan 5ghz, ini gak ada, jd sy pikir gk nyala. Hahaha
Gpp gan tetep return, soalnya speed nya tsel gak optimal, mentok di 20mbps, jd rencana mo cemput efem dulu saja saia. Hahaha..
Thanks info nya gan
profile picture
GehuRisol
kaskus addict
tuh router pakai kartu im3 kekuatan sinyalnya -53dBm
ane penasaran kalau tuh kartu im3 di hp dapat sinyal dengan nilai berapa?
profile picture
Vgod 
FS Showcase Enthusiast
Kalo di pasang kartu smartfren bisa ga?
Frekuensinya kurang tau pake yang berapa MHz
profile picture
travis
kaskus maniac
Cara debrand gimana ya gan ?
Mau masuk web ui aja pake diganti passwordnya sama tsel.
profile picture
edayasaki
kaskus addict
[mention]Water Boom[/mention] iya bener gan, di hp ane juga gak nongol 5ghz nya. ane juga mau cemput fm dulu, ada ini soalnya wkwk sekarang bisa tenang mau cemput, soalnya dah ada backup
profile picture
edayasaki
kaskus addict
@travis debrand nya mah tinggal korek aja logo telkomsel orbit nya, pake kuku juga udah kelepas koq.
profile picture
ifank2011
kaskus addict
nanti kalo di reset factory reset apa msh bs login pake apps orbitnya gan?kalo ga bisa gmn nanti beli koutanya yg 100gb/130k?
profile picture
edayasaki
kaskus addict
@ifank2011 reset factory, masih bisa login apps nya orbit, cuman gak bisa ngatur pake apps orbit aja.
profile picture
@ifank2011 @edayasaki

update apps orbit terbaru... sudah bisa konek lagi setelah reset factory.... dan pakai fungsi dari orbit...

kalau mau masuk ke web router... reset factory dulu.... masuk lewat browser 192.168.8.1

pass masuk awalnya admin
profile picture
@ifank2011 bisa .. asalkan update apps orbit terbaru... tinggal pilih mau pakai apps orbit atau web router.... kalau masalah beli kuota tidak harus terhubung dengan router.... pakai koneksi yg lain juga bisa
profile picture
edayasaki
kaskus addict
@ifank2011 @shinmata oke gan, ane udah tau password nya apa. dan yang bikin kaget adalah, ternyata password admin tiap device itu berbeda. karena yang nentuin password device nya itu dari pihak telkomsel orbit, dan itu dalam bentuk hash md5. kalau mau tau caranya, PM ane, ntar ane kasih tau caranya. Ane gak bisa kasih tau di publik, karena bisa jadi ada orang telkomsel orbit ngeliat. Tapi tenang aja, karena sebenarnya, mau dihide pun caranya, pasti akan ketahuan juga.
profile picture
@ifank2011 @shinmata @edayasaki wah wah ikutan ini mau tau caranya gimana dapet password webui nya
profile picture
sunsetrain
kaskus maniac
cek PM ya gan
profile picture
loky
kaskuser


@edayasaki

[
Quote:

- Maksudnya T***omsel tahu password kita? (Gak paham menafsirkan gambar agan)

-Definisi sudah unlock apa?
—>apakah berlaku untuk pembelian dari Orbit atau hanya punya agan?

—> apakah bisa lepas dari T***omsel (tentang T***omsel tahu password dan ntah tahu apa lagi, misal bila kartunya bisa dipakaikan provider lain)?



-
Quote:

—> dalam konteks hanya ingin pakai web gui atau aplikasi huawei standar, atau malah gak pakai kartu orbit
• Authentification ini fungsinya apa ya
• fitur related device, bisa diperjelas?
emoticon-Bingung

@shinmata passwordnya sama kek user? Admin?


Nggak punya android soalnya. Mesti pakai web atau aplikasi generic Huawei



Makasih.... emoticon-Keep Posting Gan



Tambahan:
Sebenernya nyari modem sim card dengan CAT minimal 300 plus port gigabit, tapi cuma nemu ini kandidatnya. Padahal Pengalaman pakai software modem Huawei (vs Tp-Link), ama mekanisme login T***omsel itu bikin kapok sih.
Fungsi router, ntar bisa ditambahkan lagi dengan router lain. Kali agan di sini ada saran.... emoticon-I Love Kaskus (S)
profile picture
Cara unlock orbit max beli di website resmi gimana boss ?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 25 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di