CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Ayo, Dukung Produk Lokal untuk Bangkitkan Ekonomi!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eef736f5cf6c4631b2ebbcf/ayo-dukung-produk-lokal-untuk-bangkitkan-ekonomi

Ayo, Dukung Produk Lokal untuk Bangkitkan Ekonomi!


Sumber gambar : di sini



Sudah hampir empat bulan kita menghadapi pandemi dan dihimbau untuk tetap di rumah sebagai upaya penekanan laju penyebaran virus corona. Hal tersebut memaksa kita untuk cepat beradaptasi terhadap keadaan.


Jika pekerja kantoran bisa bekerja dari rumah atau istilah lainnya disebut Work From Home(WFH), lain halnya dengan para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Para pelaku UMKM terutama di daerah saya dan mungkin juga di beberapa daerah lain mengalami hal yang sama, yaitu penurunan pendapatan.


Tidak ada salahnya jika kita pun ikut membantu para pelaku UMKM untuk membeli produk lokalnya. Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonominya. Memang adanya pemyebaran virus corona ini membuat ekonomi dunia, termasuk Indonesia mengalami perlambatan. Namun manusia itu memiliki kebutuhan ekonomi yang setiap harinya harus terpenuhi, baik itu makanan/pangan dan sandang.


Lalu, bagaimana cara kita mendukung produk lokal untuk membangkitkan ekonomi? Siapa saja yang bisa melakukannya?


Semua bisa melakukannya, kok!Yaitu dengan cara :


1. Membeli sayuran hasil panen petani lokal

Masa new normalatau gaya hidup baru yang meliputi jaga jarak aman (physical distancing), hindari kerumunan dan meningkatkan kebersihan sesuai dengan protokol kesehatan dari World Health Organization (WHO). Di masa ini, pedagang sayuran sudah banyak yang berjualan seperti sedia kala. Sebaiknya, beli sayuran hasil panen para petani lokal yang biasa dijual oleh pedagang sayuran. Dengan demikian, para pedagang dan petani pun akan memperoleh keuntungan. Tentu kehidupan mereka akan lebih sejahtera.


2. Membeli produk buatan Indonesia

Sandang adalah kebutuhan pokok manusia. Maka untuk memenuhi kebutuhan sandang, gunakan produk Indonesia. Seperti batik, tenun maupun busana muslim. Dengan membeli produk lokal, berarti mengurangi pengangguran juga. Logikanya sederhana saja, produk lokal tentu dibuat oleh orang-orang Indonesia. Semakin banyak produk lokal yang kita gunakan, artinya akan meningkatkan sisi supplydan pasti akan dibutuhkan banyak tenaga kerja untuk memenuhi permintaan pasar agar ketersediaan produk terpenuhi. Tenaga kerja tersebut akan melakukan proses agar produk lokal selalu ada dan tersedia di pasar.


3. Melakukan kunjungan wisata di wilayah Indonesia

Berwisata atau melakukan kunjungan wisata di wilayah Indonesia akan sangat membantu membangkitkan perekonomian masyarakat lokal. Pun juga akan membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar, menyerap banyak tenaga kerja di bidang pariwisita maupun penyediaan jasa, baik jasa transportasi, penginapan maupun kuliner. Di tempat wisata pun pasti ada pengrajin tradisional yang menjual cinderamata asli daerah.



Ayo, tetap dukung produk lokal! Kehidupan ekonomi juga harus terus berjalan. Tetap beraktivitas di masa new normaldengan memperhatikan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran virus corona. Jangan menyerah dan tetap stay health.



emoticon-Kiss


Referensi : opini pribadi
Sumber gambar : di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nandokuro dan 5 lainnya memberi reputasi
Sekarang juga udah banyak gitu ya platform beli online langsung ke pedagangnya.
profile-picture
alva610 memberi reputasi
profile picture
TS alva610
kaskus addict
iya, sudah ada.
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@alva610 Bagus gan langsung nyambungin sama bisnisnya, pernah sekali beli sayur gt dan sayurnya fresh juga
profile picture
TS alva610
kaskus addict
@orgbekasi67 saya malah belum pernah...
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@alva610 Cobain gan, banyak platformnya sekarang
profile picture
TS alva610
kaskus addict
@orgbekasi67 sip, gan. kapan-kapan coba.
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@alva610 Oke siap, mantap emoticon-Cendol Gan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di