CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Usai Bentrokan, India-China Sepakat Tarik Tentara dari Wilayah Konflik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef22a4d10d295702914cf0c/usai-bentrokan-india-china-sepakat-tarik-tentara-dari-wilayah-konflik

Usai Bentrokan, India-China Sepakat Tarik Tentara dari Wilayah Konflik

New Delhi - 
Komandan militer India dan China sepakat untuk menarik tentaranya dari area perbatasan Himalaya yang menjadi sengketa dan lokasi konflik. Kesepakatan ini dicapai setelah kedua negara terlibat bentrok sengit di perbatasan, pekan lalu.

"Ada konsensus bersama untuk menarik tentara (dari area konflik)," sebut sumber pemerintah India, seperti dilansir Reuters, Selasa (23/6/2020).

Pernyataan sumber pemerintah India itu disampaikan usai digelar pertemuan antara kedua komandan militer kedua negara di perbatasan pada Senin (22/6) waktu setempat. Pertemuan itu berlangsung selama nyaris 11 jam.

Berbicara di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menyatakan bahwa kedua pihak sepakat untuk mengambil langkah-langkah meredakan ketegangan.


Dalam pernyataannya, Zhao menyebut laporan media yang menyebut 40 China tewas dalam bentrokan di perbatasan Himalaya sebagai 'berita palsu'.

Otoritas China tidak menyebut jumlah tentaranya yang tewas dalam bentrokan berdarah pada 15 Juni lalu. Saat itu, tentara kedua negara saling melemparkan batu dan berkelahi dengan tongkat kayu yang dipasangi paku. Senjata api tidak digunakan dalam bentrokan itu karena ada protokol yang melarang penggunaannya di perbatasan India-China. Sedikitnya 20 tentara India tewas dalam bentrokan itu.

Tentara India dan China saling berhadapan di beberapa area di wilayah Ladakh, Himalaya sebelah barat, sejak bulan lalu. Bentrokan yang terjadi di Lembah Galwan, pekan lalu, tercatat sebagai konflik paling mematikan dalam lima dekade terakhir di kawasan itu.


Namun sumber pemerintah India menyebut bahwa pertemuan kedua pihak pada Senin (22/6) waktu setempat, berjalan dalam 'atmosfer yang ramah positif dan konstruktif'.

"Modalitas untuk melepaskan diri dari semua area gesekan di Ladakh Timur telah dibahas dan akan dijalankan oleh kedua pihak," sebut sumber tersebut.
Dalam perundingan sebelumnya, China meminta India untuk menghentikan seluruh pekerjaan konstruksi di area-area yang diklaim wilayah China. India sendiri mendorong China untuk menarik pasukan militernya ke lokasi awal pada April lalu.

https://news.detik.com/internasional...from=wp_nhl_12





Sesama bangsa Asia lebih baik rukun, jangan mau diadu domba barat

Untunglah China bijaksana dan dewasa menyikapi, padahal dari pihak india yg konfrontasi masuk area perbatasan china & serang pekerja, sempat diajak negoisasi malah lanjut menyerang perwira china

Mungkin juga dari pihak india sendiri malu setelah diperlihatkan cctv siapa yg mulai, sehingga langsung cair suasana

Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi juga mengakui tidak ada serangan ke wilayah India. "Tidak ada yang menyusup ke perbatasan kami, tidak ada orang di sana sekarang, juga tidak ada yang kami tangkap," katanya.


china-tuduh-tentara-india-lakukan-provokasi-disengaja-hingga-picu-konflik
profile-picture
profile-picture
anon009 dan Akong.Jiugui memberi reputasi
Diubah oleh therminust
ts kayake paham betul kejadiannya. Takute ts yg mulai duluan..emoticon-Ngakak
profile-picture
drunkard88.cn memberi reputasi
profile picture
sudah pasti ada pihak luar yang suka adu domba yaitu komunis. komunis terkenal dengan propaganda lewat media.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di