CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sepeda /
Gowes di Era New Normal? Patuhi 5 Hal Penting Ini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef222899a972e600d0a7d7c/gowes-di-era-new-normal-patuhi-5-hal-penting-ini

Gowes di Era New Normal? Patuhi 5 Hal Penting Ini!

Quote:


Benarkah bersepeda di tengah pandemi menjadi trend masa kini?



Ya, bersepeda menjadi kegiatan yang paling populer saat ini. Alasannya karena dengan menggunakan sepeda lebih aman daripada menggunakan transportasi umum. Terlebih di beberapa wilayah masih ada pembatasan tranportasi umum yang membuat waktu menjadi kian lama. Ditambah lagi jadwal transportasi umum yang berubah-ubah.

Lantas benarkah bersepeda di Era New Normal dinilai efektif untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit? Gowes di Era New Normal selain sebagai gaya hidup juga merupakan alat transportasi jarak dekat dan menengah, bahkan kini dinilai menjadi alat olahraga yang dinilai lebih efektif menjaga daya tahan tubuh terlebih untuk memerangi virus. Namun apakah hanya sekedar bersepeda? Adakah hal penting yang wajib dipatuhi selama masa ini berlangsung? Berikut 5 hal penting yang wajib dipatuhi saat bersepeda di Era New Normal.

Tips Sehat Bersepeda di Era New Normal

1. Pilihlah Sepeda Sesuai Postur Tubuh



Merepotkan sekali apabila mengendarai sepeda besar dengan porsi tubuh yang kecil dan sebaliknya, akan melelahkan sekali memakai sepeda kecil dengan porsi tubuh yang besar. Maka sebelum memilih sepeda, tentukan dulu kamu suka bersepeda dengan posisi yang bagaimana, bungkuk ataukah tegak. Carilah sepeda yang sesuai juga dengan jalanan yang akan dilalui, misalnya jalanan yang landau atau menanjak. Misalnya dengan memilih sepeda lipat atau sepeda gunung. Pilih sesuai porsi tubuhmu, supaya tidak menyiksa perjalananmu.

2. Kenakan Masker Sesuai Anjuran dan Standart WHO



Karena Anda tidak sedang di tempat medis maka bias menggunakan masker klinis berbahan kain dengan 3 layer/lapis yang bias menutupi area hidung, dagu, maupun celah-celah samping. Pastikan juga membawa masker cadangan bias digunakan saat masker yang kalian pakai basah,lembab, atau kotor.

3. Bawa Pengaman/Safety



Safety yang dimaksud saat bersepeda adalah helm, sarung tangan, kaca mata, hingga sepatu yang sesuai serta baju yang mudah menyerap keringat. Karena saat pakaian yang Anda kenakan nyaman maka semakin mudah pula Anda bergerak.

4. Isi Cadangan Energi



Waktu yang tepat untuk bersepeda adalah di pagi hari. Paling penting adalah sebelum bersepeda sebaiknya isi cadangan energi tubuh misalnya sarapan dulu minimal dua jam sebelumnya. Tidak hanya itu, asupan cairan juga penting. Jadi jangan lupa bawa botol minum saat bersepeda.

5. Dalam Kondisi Fit



Lagi sakit atau kurang enak badan? Sebaiknya tidak memaksakan diri. Nah bagaimana dengan yang mempunyai kronologi penyakit? Disarankan sebelum olahraga sudah pernah melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan. Sehingga pabila terjadi apa-apa, tidak serta merta menyalahkan masker atau menyalahkan olahraga sebagai akibatnya.

Nah 5 hal penting tersebut wajib dipatuhi apalagi di musim pandemi corona seperti sekarang ini. Selain itu tetap social distancing ya gansis, tetap jaga jarak aman. Penting pula diingat, jangan terlalu memforsir tubuhmu, lakukan pada intesitas ringan ke sedang. Jangan tiba-tiba memaksakan diri untuk bersepeda hingga puluhan kilometer sekali perjalanan. Yang mahal sebenarnya bukan harga sepedanya, tapi gengsinya. Betul tidak?

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bgodo dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bejosegerwaras
kadang engap gan klo pake masker 3 layer.. balingan pake buff aja.. takutnya jantungnya mompa terlalu banyak udara gan.. jadi lebih lelah.. klo ane lebih seneng ngebut gan wkwk ga bisa santai klo naik sepeda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS bejosegerwaras
aktivis kaskus
wkwkwk ane kemarin nyoba ngebut tapi setelah itu badan minta pijet🤣
profile picture
YogaAlif
kaskus maniac
@bejosegerwaras ya ga ngapa sih gann.. asal jng mijet ++ aja pulang " wkwkwk
profile picture
TS bejosegerwaras
aktivis kaskus
wkwkwk eh tapi sepedaan bikin ketagihan ya gan
profile picture
marikemana
kaskus addict
bener sih gan, ane jg gt klo pake masker berlayer2 itu kok engap sendiri ya. napas pendek jg akhirnya makin susah napas, gampang lelah. jantung deg2an lebih cepet deh.. malah jdnya gak nyaman bgt
profile picture
YogaAlif
kaskus maniac
@bejosegerwaras iya gann... apalagi sekarang banyak temennya makin semangat gowesnya ya
profile picture
YogaAlif
kaskus maniac
@marikemana nahh itu takutnya gt gan.. ga baik juga buat jantungnya
profile picture
marikemana
kaskus addict
@YogaAlif nah makanya bahaya. kadang ane jg prihatin sendiri org sepedaan kenceng bgt pake otot, nah maskernya keknya tebel bgt. duh nasib jantungnya itu loh
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di