CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee4ebb80577a96fbf3d20bb/ilmuwan-mengklaim-bahwa-bentuk-alam-semesta-itu-datar

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.




Semakin berkembang teknologi saat ini, semakin banyak pula manusia yang penasaran terdahap bentuk alam semesta sebenarnya. Saat ini masih ada yang memperdebatkan mengenai bentuk Bumi itu bulat atau datar.

Ternyata, tidak hanya perdebatan mengenai Bumi itu bulat atau datar, Para ilmuwan juga sedang memperdebatkan mengenai "Bentuk Alam Semesta", apakah bulat juga atau justru datar. Menurut Pengukuran terbaru dari mengenai energi gelap, para ilmuuwan percaya bahwa seluruh alam semesta kita benar-benar datar. Dengan mengukur dampak energi gelap, energi atau kekuatan yang mendorong ekspansi alam semesta kita.

Spoiler for Ekspansi adalah...:


Tim ilmuwan dari Universitas Portsmouth menemukan bahwa alam semesta mungkin berbentuk datar dari pada berbentuk gelembung. Mereka juga berpikir dapat menyelesaikan perdebatan panjang masalah astronomi ini.

Sebelum itu, mari kita simak teori alam semesta yang menggelembung terlebih dahulu.

**Teori Alam Semesta yang Menggelembung**


Teori ini muncul dari sebuah ususlan jurnal "Physical Review Latter" dari tim ilmuwan Universitas Uppsala, isi jurnalnya mengatakan bahwa alam semesta ini berada dalam sebuah gelembung yang selalu membesar dikarenakan energi gelap yang memompa gelembung tersebut. Teori ini dikatakan masuk akal mengenai meluasnya alam semesta, serta teori string dan energi gelap.

Apa itu teori string? Singkatnya, semua materi terdiri dari entitas "stringlike" seperti tali kecil yang bergetar.

Quote:

**Mencari Metode Untuk Memahami Kerja Energi Gelap**

Sebelumnya, para ilmuwan mengukur energi gelap dengan melacak supernoval terjauh untuk melihat bagaimana energi gelap mendorong alam semesta kita ini menjadi membesar/mengembang. Namun, sekarang sebagai gantinya para ilmuwan dari Portmouth mengamati lebih dari satu juta galaksi dan quasar yang memungkinkan pemahaman bagaimana energi gelap mendorong alam semesta kita ini meluas/mengembang.

**Struktur Melengkung**



Ketika Para ilmuwan mengatakan kalau alam semesta kita ini berbentuk datar, namun bukan berarti menyerupai selembar kertas yang membentang tanpa batas. Melainkan melengkung menjadi torus membentuk seperti donat. "Katanya datar, kok melengkung?" Sebenarnya menurut model kosmologi, bentuk seperti donat itu masih dikatakan datar.

Disini akan sedikit rumit, karena kita akan sedikit memahami mengenai Apa itu Geometri Alam Semesta

Ketika malam tiba dan kita melihat langit yang dihiasi oleh bintang-bintang. Kita melihat kesana-kemari ditempat kita berpijak, pada saat berada ditepi pantai, lalu memandang lurus kedepan sampai batas penglihatan kita. Kita hanya akan melihat Bumi ini datar tanpa lengkungan.

Karena Bumi kita memiliki lengkungan yang sangat halus. saking halusnya lengkungan Bumi ini, kita sendiri tidak merasakan kalau Bumi ini bulat.

Hal ini juga berlaku bagi alam semesta kita, dengan bukti kosmologi menunjukkan bahwa alam semesta yang kita lihat ini sangatlah halus dan homogen. Bahkan pada struktur ruang terlihat  hampir sama disetiap titik dan disetiap arah.

Pertama-tama kita bahas, yaitu:

**Geometri Datar**




Ini adalah pelajaran yang kita pelajari dari sekolah yang dimana-mana sudut segitiga bertambah hingga 180 derajat dan luas lingkaran adalahπ [sup]2[/sup]. Contoh paling sederhan dari bentuk tiga dimensi *datar* adalah ruang tak terbatas. Orang yang ahli dibidang matematika suka sering menyebutnya ruang Educlidean

Spoiler for Ruang Educliden:

.

Bentuk-bentuk ini sulit divisualisasikan. Mari kita sederhankan penjelasan tadi dengan selembar kertas yang digulung membentuk silinder.


Kemudian kertas yang sudah membentuk silinder. Kita satukan tiap ujungnya sehingga berbentuk torus atau mirip seperti donat.



Coba lihat, bentuknya tidak datar sama sakali, namun dalam "model kosmologi" bentuk torus masih dianggap datar atau flat.






Jika kita lihat model ini, memang benar melengkung. Namun bagi yang menghuni didalamnya yaitu kita akan merasa datar, walau berkeliling kesana-kemari, bahkan kita tidak menyadari lengkungan tersebut. Misalnya kita bergerak lurus dari sini kesana, suatu saat kita akan kembali ke titik awal.

Dari penjalasan diatas, bisa dikatakan kalau alam semesta berbentuk torus atau menyerupai donat masil dibilang datar bagi model kosmologi.

Quote:


**Geometri Bulat**


Siapa sih yang tidak tahu bulat, benda yang sering kita lihat, seperti bola. Bentuk ini sangat mudah untuk didifenisikan melalui analogi sederhana. Bayangkan saja kamu dan temanmu, "itu pun kalo punya teman". Sekarang  bayangkan kamu berada di Kutub Utara, dan temanmu berjalan menuju kutub selatan,


Penglihatan kamu terhadap temanmu akan semakin kecil seiring perjalanan dia menuju Kutub Selatan.




Namun keanehan terjadi ketika temanmu melewati garis khatulistiwa. Temanmu yang kamu lihat mengecil tadi, berubah menjadi besar dan jelas bentuknya.




Ketika temanmu berada 10 kaki atau 3 meter dari Kutub Selatan, maka dia akan sama besarnya ketika kamu melihat dia 10 kaki atau 3 meter dari tempatmu berdiri.




Dan ketika ia sudah berada dikutub selatan, maka kamu akan melihat dia dari segala arah.

"Apakah kalian bingung atau bahkan pusing?"




Dari gambar diatas, faktanya adalah pengukuran segitiga kosmik adalah cara utama para ahli kosmologi untuk menguji apakah alam semesta ini melengkung atau tidak. Untuk setiap titik panas dan dingin dilatar belakangi oleh gelombang mikro komsik, diameter lintangnya, dan jaraknya dari Bumi, sehingga membentuk tiga sisi segitiga.Dengan ini kita dapat mengukur sudut tempat subtensi dilangit malam, salah satu dari sudut segitiga. Kemudian kita dapat mengetahui apakah kombinasi panjang dan ukuran sudut cocok untuk geometri datar, bola, atau justru hiperbolik

Quote:



**Geometri Hiperbolik**




Nah lo, apalagi ini, pada model dasar ini geometri heprbolik ini adalah bentangan tak terhingga. Tetapi karena geometri hiperbolik ini mengembang keluar jauh lebih cepat dari pada model geometri lainnya.




Orang matematikawan suka bilang "lebih mudah tersesat didalam ruang hiperbolik". Ketika temanmu pergi meninggalkanmu disini, kamu mungkin akan kesusahan menemunkannya, kecuali kamu tau rute temanmu.




Dalam model ini, jumlah sudut segitinya kurang dari 180 derajat.




Untuk melihat sisi-sisi segitiga yang terlihat tidak  lurus, kita menggunakan lensa yang terdistorsi. Bentuk kurva ini akan terlihat lurus bagi penghuni didalam model ini, atau lebih tepatnya dia akan melihat kalau *semestanya itu datar*. Untuk berjalan dari lokasi A ke lokasi B adalah dengan cara menuju titik pusat lalu berbelok dengan menarik garis sehingga membentuk kurva.

Quote:

**Kesimpulan**

Dari semua penjelasan yang membingungkan diatas tadi, kita bisa tarik kesimpulan kalau sebagian besar pengukuran kosmologi ini mendukung kalau alam semesta kita ini berbentuk datar atau cuman kebetulan hasilnya statistik.

Sebenarnya hal ini bisa dibilang belum tentu benar karena semakin besar skala yang diamati, maka semakin halus atau semakin rata lengkungan tersebut. Akan sulit untuk mendeteksi kalau alam semesta kita ini datar atau bulat.

Kita tunggu saja metode baru dalam pengukuran kosmologi ini, atau mungkin nanti ada metode yang lebih sederhana dan mudah untuk dipahmi oleh kita kedepanya.


"Jujur saja, saat merangkum materi ini memang susah, apalagi pada metode geomteri hiperbola. Semoga kalian sedikit paham dengan apa yang saya bawa. Kalau ada yang salah atau kurang silahkan komen dibawah, saya akan perbaiki atau menambah poin-poin yang mungkin *miss*dalam materi ini."

"Yap balik lagi, mau sharing aja apa yang telah saya baca dan pelajari. "






Source:
https://futurism.com
https://journals.aps.org
https://www.quantamagazine.org
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sapiderwomen dan 57 lainnya memberi reputasi
Memang bumi itu datar.

Dari dulu peta bumi ya datar dan dari perang dunia 1 sd 2 semua kapal perang dan pesawatnya ga kesasar pake acuan peta flat earth, pswt jepang tetap sampai ke pearl harbour, pdhl peta globe bumi bulat seperti saat ini baru dikenalkan ke dunia sejak dipropagandakan oleh NASA tukang tipu yg ngakunya bethasil mendarat di bulan pdhl hoax yg didirikan thn 1958

Logo pbb pun pakai peta bumi datar

Ruang kerja presiden Kennedy pakai flat earth

Air force one jadul sd modern knp ga pake peta globe aja?



Jgn tonton 2 video di atas kalau anda pecinta globe krn setelah nonton >90% tidak akan percaya bumi itu bulat lagi lewat banyak fakta2 dibeberkan dan dibuktikan secara logika



Bata only!

Edit: Sudah diduga bakal bnyk tukang nyinyir di bwh pdhl ga bs bantah fakta, dan gw ga maksa lu pada mesti percaya, cuma buat yg open mind dan berpikiran kritis saja

Bonus: program siaran LIVE peluncuran roket spaceX hoax yg terbang bareng tikus ke angkasa luar emoticon-Smilie


Bonus:
Neil armstrong sendiri ga berani sumpah di Bible bahwa sudah mendarat di bulan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hawk
profile picture
ilnero
kaskus addict
dan yg dibahas di trit adlh alam semesta, bukan bumiemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile picture
Abc..Z
kaskus freak
@ilnero mungkin dia lelah emoticon-Ngakak (S)
profile picture
fr4nk3nst3in
kaskus maniac
Mantul gan, awas elite global ayo tinggal di hutan
profile picture
ikhsandolon
kaskus addict
Gw kira dah punah makhluk ginian wkwkwk
profile picture
hantumasam
kaskus geek
Kalo datar siang malem cem mana bre emoticon-Leh Uga
profile picture
ilnero
kaskus addict
@Abc..Z
terlalu bersemangat menunjukkan ke-datar-annya
profile picture
Apakah anda bos darlingemoticon-Ngakak
profile picture
bukanbungtak
aktivis kaskus
Inget bre, tok3t datar ama bulat, enakan yg bulat
emoticon-Ngakak
profile picture
kadrun detected
profile picture
gvia
kaskus addict
dari terjadinya gerhana bulan udh bisa disimpulkan ko gmana bentuk bayangan bumi yg menutup bulan.
apakah terlihat datar atau bulat??
profile picture
bewox19
kaskus maniac
Ini cuma pengetahuan lo aja yg sangat DATAR!
profile picture
dhonza
kaskuser
yang bener aja masa bentuk pajangan di air force one aja jd hint bumi datar.. sbenernya yg ahli itu yg bikin peta di airforce atau yg kerja di antariksa sih?
konspirasi amerika tentang neil amstrong itu mungkin bener..krn fokusnya pada masa itu lg perang dingin dengan rusia utamanya yuri gagarin..tp jangan kesampingkam jg project setelahnya..

krn ada ribuan astronot yg terbang ke antariksa.. contoh terakhir itu astronot asal uni emirat arab..yg jelas2 bilang dia ngliat kl PLANET itu berbentuk bulat ..secara visual dan ilmiah artinya sudah terbukti contoh teori colombus, teori aristoteles, teori gravitasi dan gerhana, dll.. belum lg foto2 ISS dari antariksa.. masa iya diedit semua... coba lu pantengin video nya perjalanan ISS di situsnya langsung..gmn pergerakannya
profile picture
sibuk.nyaleg
kaskus maniac
"Air force one jadul sd modern knp ga pake peta globe aja?"

Pertanyaannya.. kl globe gimana nempel ditembok gan? emoticon-Big Grin
profile picture
hantumasam
kaskus geek
@sibuk.nyaleg
Ajibbbemoticon-Jempol bener juga ya, gk bkl bisa mikir dia gan emoticon-Ngakak (S) bedain 2D ama 3D aja kagak bisa.
profile picture
leonard21
kaskus maniac
trus ujungnya di mana ????




pasti ngeles
emoticon-Ngakak
profile picture
"Universe" brayy, bukan bumi, bumi jelas bulat bisa diobservasi. Universe menurut itungan saintis flat dan ge seperti yg ente bayangin emoticon-Cape d... (S)
profile picture
jualrekbca
kaskus holic
entah ane yang bego apa ente yang kepinteran gan
profile picture
AsterixGalia
kaskus addict
jika bumi datar lalu di mana ujungnya?
profile picture
hawk 
KASKUS Plus
@AsterixGalia melewati benua antartica ada daratan lagi, ada danau hangat dll. Coba buka larangan terbang melintasi antartica yg selama ini dilarang oleh usa rusia aussie dll anggota antartica treaty, ada sesuatu yg disembunyikan di luar antartica sana.
Tonton video ini baru tau ada apa sebenarnya di antartica


Gw awalnya jg ketawain kaum bumi datar sbg sumbu pendek, ternyata setelah liat video2 di atas yg mematahkan kalau bumi bulat globe spt kata nasa dan scientist barat, tidak akan bisa menghitung gerhana, kecepatan rotasi bumi bulan dll, jarak dan ukuran matahari dsb dgn data2 yg mereka punya. Ini bukan asumsi tapi dibuktikan dgn rumus fisika dan hasilnya meleset jauh

Bumi bisa jadi bulat krn bulan matahari bulat, tapi tidak sekecil sebatas benua2 di globe sekarang cuma 7 benua saja, msh banyak benua yg blm dieksplorasi krn ditutup lingkaran cincin es antartica setinggi 4 km yg dijadikan area terlarang utk dilintasi

Bahkan di jepang ditemukan ada peta dunia berusia 1000 thn lebih spt ini



Makanya buat yg ngerasa sok pinter nyinyir ini itu ala >90% netizen indo, coba tonton pembuktian 3 video yg gw kasi di atas dulu baru komen biar pinteran dikit bantahannya. Dan cuma org yg open mind, kritis mau belajar yg mau tonton semua video di atas sd habis

Bumi datar mgkn tidak sepenuhnya benar 100%, tapi bumi globe 1000% lebih ngaco lagi tidak terbukti sama sekali lewat perhitungan matematis berdasarkan data scientis yg diajarkan di sekolah2, cuma klaim nasa yg ngakunya lihat bumi bulat saat sampai di bulan + CGI komputer ala hollywood. Dan umat manusia percaya telan mentah2 apa kata nasa krn dianggap dewa yg plg memahami alam semesta krn ngakunya sdh ke bulan ke mars via CGI curiousity dll, pdhl nasa cm project fraud bisnis senilai Rp 250 T sd 300 T/tahun
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 24 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di