demos_xxxAvatar border
TS
demos_xxx
Share pengalaman claim / service MacBook Pro Retina GRATIS !!!! di Apple Retail Store
Hi, mau sharing aja untuk kualitas layanan Apple Store, nih pngalaman ane aja sih, klo ada yg pernah ngalamin dan bertolak belakang, mohon dimaklumi ya karena pengalaman pribadi jadi sifatnya subjective sekali.

1. Macbook ane tipenya Mackbook Pro Retina 15-inch Mid-2017 , pembelian akhir Juni 2017

2. Baru sebulan penggunaan, skitar pertengahan Agustus 2017, ada insiden, bagian keyboardnya ketimpa sm batok chargernya yg jatoh pas lg dipegang mau di colok, ketinggian si batok charger cm skitar 5cm aja pas jatoh, tau2nya kena salah satu keypadnya yaitu keypad panah kanan nya patah (ringkih bener yak !!!, mungkin karena batok chargernya jg berat kali ya, tp harusnya cm dari ketinggian 5cm mah aman lah, mungkin ane aja yg sue)

3. Akhirnya akhir Agustus 2017 ane bawa lah macbook nya ke iBox CP dan karena masih garansi, ditinggal lah di sana.

4. Awal September 2017, dpt email dr iBox CP yg kasih kabar kalo proses perbaikan sudah selesai, semuanya free of charge, komponen yg diganti adalah seluruh set top case (penutup atas) yg meliputi case, keyboard, trackpad dan battery (karena mbp ane unibody, jadi seluruh komponen yg ane sebut itu menempel di set top case nya itu).

5. Setelah pulang, ane test macbook ane, semuanya emg baru, charge cycle battery jg masih 0-2 aja, jadi hati senang bgt, mantabs bgt kan gara2 satu keypad aja diganti smuanya.

6. Tapi setelah di test 1 hari, trnyata ada keanehan, batterynya jd cepet bgt abisnya, yg awalnya bs 10jam-an skg jd cuma 3jam-an aja, walaupun batterynya baru dan charge cycle nya msh kecil.

7. Setelah beberapa waktu, ane pikir mungkin karena lum kalibrasi dll lah ya, mau dibawa ke iBox CP lg rempong lagi tinggal lagi 1-2minggu, ane pikir pake aja lah smpe ud mau abis garansi, baru claim skaligus nanti.

8. Penggunaan normal selama 1,5 taon. Macbook ane kebanyakan dicolok charger nonstop karena memang kerjaannya dirumah dan juga memang batterynya cm tahan 3jam-an, dan ane baca2 kalo review dan info dr luar kalau pd bilang gak mslh colok 24 jam.

9. Karena terlena, akhirnya masa garansi lewat dan gak smpet bawa ke iBox untuk diclaim, dimana ane merasa menyesal sekali karena lalai, ya kan, secara brg mahal dan ane sayang2 skali

10. Masalah baru muncul ketika masa garansi lewat, yaitu banyak keypadnya yg mengalami repeated, yaitu di mana kalo kita pencet sekali munculnya beberapa kali char nya, yg mana memang setelah di check, emg ada mslh di butterfly keyboardnya dan Apple jg ud menawarkan perbaikan gratis untuk seluruh macbook yg terkena issue tersebut.

11. Selain masalah battery yg cepet abis, trus masalah keyboard yg repeated key, mslh baru itu trackpadnya jadi keras pencetnya, biasanya empuk skg tiba2 keras bgt. Bisa pencet sih, tp gak enak bgt de asli.

12. Setelah 3 mslh tersebut, akhirnya ane bawa ke iBox CP, setelah di check sebentar, mslh trackpad ternyata terimbas dari batterynya yg bunting alias menggelembung, yg ternyata menekan topcase-nya dan trackpadnya jadi trackpadnya jadi tertekan dari bawah sehingga kalo di pencet dari atas, otomatis jd keras. OMG !!! WTF!!! -- trus battery yg bunting jg bikin bottom casenya menggelembung sedikit jadi ketika di taroh di permukaan rata, jadi oplek oplek ato gak solid / gak pakem lah istilahnya.

13. Setelah konsultasi, katanya macbooknya harus ditinggal, biaya estimasinya sekitar 8-9juta karena sudah tidak garansi dan harus penggantian top case seluruhnya yg meliputi penggantian keyboard, trackpad dan battery sekaligus, dan lama estimasi skitar 30-40 hari pengerjaan.

14. Setelah dipertimbangkan, akhirnya gak jadi ditinggal di iBox CP, karena lamanya waktu proses dan mahalnya biaya yg menurut sy gak worth-it.

15. Konsultasi sana sini, cek sana sini, di Jakarta ada beberapa alrernatif, rangenya untuk battery sendiri sekitar 2jt - 2,5jt, dan stocknya pd gak ready, jd indent dlu, dan itu jg buat battery aja, gak trmasuk trackpad dan keyboard, yg mana keyboard nya makin lama makin mengganggu karena makin lama makin byk key nya yg repeated.

16. Akhirnya di December 2019, ada jdwl ke SG , jd ane putusin utk skalian bawa ke SG de lsg ke Apple Store nya.

17. Sebelum pergi, bikin appointment dlu di Genius Bar Reservation di www.apple.com, trus pas di bandara jakarta, lapor / declare dlu ke bea cukai biar aman, jd pas dibawa balik dr SG ke Indo sini, gak dikirain barang baru, klo ngga pas lg sial, nanti kena OTT Bea Cukai, dikirain beli baru, kna cukai lagi. Jadi gkda salahnya declare dulu, gak bayar apa2, gak ditnya apa2, paling SN nya aja, trus Passport dan fotoin fisiknya aja, beres de. Paling 15 menit aja waktunya.

18. Sampai ke SG lsg bawa ke Apple Store sesuai wktu perjanjian yg ud di bikin di Genius Bar Reservation sebelumnya.

19. Setelah sampai di Apple Store Orchard SG, lsg bawa ketemu teknisi, kasih tau keluhannya apa, gak smpe 5 menit, si teknisi info, smua part keluhan akan di replace for FREE !!!!  FOR FREEEEEEEEEEEEE !!!

20. Bisa bayangin senengnya kan yg sebelumnya di iBox CP estimasinya 8-9jt bahkan lebih, di Apple Store SG dikasih GRATISSSSSSSSSSSSSS !!!, sebelumnya 30-40hari, yg ini 5-7 hari aja. S.E.N.E.N.G BUANGEETTTT !!!

21. Untuk parts dan rincian biaya total di invoicenya untuk penggantian set-top-case berupa topcase+battery+keyboard+trackpad+touchbar+labor = SGD 597,53, yang kalau di-Rupiah-kan sekitar Rp. 6,3juta

22. Hal itu karena pertamanya ane claim klo mslh Keyboard, karena ternyata keyboard butterfly itu garansinya 4th, dan untungnya karena keyboardnya menyatu sm topcase, termasuk trackpad dan battery, jadi penggantian butterfly keyboard akan mengganti seluruh komponen tersebut karena jadi satu. Jadi klo agan ada yg unibody dan pake keyboard butterfly, kalo tips buat nakal, agan bs "tidak sengaja" buat rusakin keyboardnya, trus bw claim untuk keyboardnya, niscaya agan akan dapat penggantian full set keyboard, battery baru dan trackpad serta top case baru. Estimasi proses kerjanya jg 5-7 hari aja. W O W !!!

23. Salut dengan after salesnya Apple, bener2 customer dikasih service yg mantap pol, coba klo di Indo ada Apple resmi ya, makin gmpg dan enak bg-- sekarang ane makin mantab buat pake Apple, mereka gak cm jual produk, after salesnya mantabs bgt gakda dua nya.

24. Selang seminggu setelahnya, ane di kabarin kalau proses perbaikan sudah selesai, lsg book tiket PP CGK-SIN-CGK untuk hari yg sama, yg hrganya skitar 2,5jt, jadi itung2 ongkos ganti part ya ditebus dengan tiket PP aja, jauh drpd harus nunggu di sini dan di estimasi cost skitar 8-9juta.

25. Setelah bawa pulang, cek lagi, format, install ulang, berasa mantabs bgt, kyk baru lg, top case nya jadi mulus bgt, batterynya seperti baru lg, overall SATISFY and RECOMMENDED bgt pelayanan Apple Retail Store SG.

26. Pelajaran yang bisa ane ambil dari kasus pribadi TS ini adalah, TS sendiri merasa bahwa layanan after-sales apple benar2 amat sangat luar biasa, dibalik banyaknya pro dan kontra mengenai produk apple dan after-sales nya, tp sekali lagi dari pengalaman TS, sangat memuaskan lah karena ditangani secara professional dan totalitas lah. Sekali lagi ini adalah pengalaman pribadi TS tanpa menyudutkan pihak tertentu. Mari diambil positifnya (jika ada) dan dibuang negatifnya (jika ada).

Akhir kata, semoga pengalaman ini bisa membantu ya, yg mau tanya2 bole lsg komeng aja, akan ane jawab sebatas pengetahuan dan pengalaman ane.

Thanks yah ^^

Update :
Per-February-200 -- kasus yg sama terjadi lagi, yaitu repeated keyboard, akan tetapi setelah dibawa claim ke MitraCare Jakarta, tidak diterima untuk Quality Program dengan alasan Battery Swollen, malah di kasih penawarn sekitar 10,5jt untuk penggantian TOP Case seluruhnya, padahal sebelumnya pun dengan kasus yg sama, diterima tanpa ada masalah oleh Apple Store Singapore -- setelah komplain ke Apple pusat, mereka pun tidak bisa berbuat apa2 dikarenakan seluruh keputusan ada di pihak teknisi dan AASP lokal sini, dikarenakan di INdonesia tidak ada Apple Store sendiri -- jadi ya apa boleh buat -- it suck -- mau dibawa ke SG pun tidak memungkinkan karena kendala pandemi ya -- jadi ya ngga layak aja sih -- jadi diputuskan gak usah di ganti aja lah -- emg sialnya di INdonesia ngga ada Apple Store aja -- kalau smpai ada Apple Store sih abis tuh smua AASP busuk tuh -- makanya susah Apple Store mau masuk Indo, byk kartel nya di mari wkwkwkwkw
Diubah oleh demos_xxx 12-02-2022 06:11
Hertzfeld
macrofag
Nextar7
Nextar7 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
Nextar7Avatar border
Nextar7
#1
wah senangnya mendengar kabar ini.
Mbp saya juga terkena masalah Flexgate dan sekarang sudah mati total. saya ingin klaim program servis gratis dr Apple karna masalah layar ini. tp saya takut pihak Apple menolak karna mbp saya sudah keburu mati total. hmmm
0
Tutup